Senin, 30 Nov, 2020
Mau Deposito Untung 10% Per Tahun?

SWARA KAMU: Hobi Baru Berpeluang Bisnis di Masa Pandemi

Sejak adanya virus corona sembilan bulan yang lalu, banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang berubah. Biasanya orang-orang menghabiskan keseharian mereka lebih banyak di luar ruangan dibandingkan dengan di dalam ruangan. Entah itu sekolah, bekerja, atau memiliki kegiatan lainnya.

 

Oleh karena itu, untuk mengurangi kejenuhan atau kebosanan mereka yang hanya berdiam diri di rumah saja, untuk melakukan pembatasan sosial yang dianjurkan pemerintah, banyak orang-orang yang melakukan kegiatan-kegiatan inovatif dan menjadi hobi baru bagi mereka. Bahkan, kegiatan yang mereka lakukan tersebut bisa menjadi peluang bisnis di masa pandemi saat ini.

 

Hobi baru yang banyak ditemui sejak masa pandemi corona ini, di antaranya yaitu:

 

1. Memasak makanan dan minuman yang kreatif

 

Kecanggihan teknologi yang ada pada zaman sekarang, membuat orang-orang semakin pandai dan kreatif. Hobi memasak baru-baru ini muncul saat masa pandemi, terutama melalui salah satu aplikasi ternama yang menunjukkan video penggunanya sedang membuat atau memasak makanan dan minuman yang menarik.

 

Karena banyak yang melihat, banyak orang tertarik untuk membuatnya juga. Bahkan, ada sebagian orang yang menjadikan hal tersebut menjadi peluang bisnis, mereka mulai berani menjual makanan dan minuman tersebut untuk menambah pendapatan di masa pandemi saat ini.

 

2. Bermain gitar

 

Semua orang pasti sangat senang ketika ada nyanyian yang diiringi oleh salah satu alat musik ini. Di masa pandemi ini, belajar gitar menjadi salah satu hobi baru bagi orang-orang yang sebelumnya belum bisa bermain gitar. Mereka belajar perlahan-lahan, hingga mahir memainkannya.

 

Mulai dari menghafal kunci dasar sampai yang sulit. Karena masa pandemi yang cukup lama ini, kemampuan mereka yang tadinya biasa-biasa saja menjadi cukup mahir karena berlatih terus-menerus.

 

3. Melukis

 

Bagi orang-orang yang memiliki bakat menggambar maupun melukis, tetapi belum memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan ini sebelum adanya pandemi, saat masa pandemi ini mungkin jadi waktu yang cocok untuk memulainya sebagai hobi baru. Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

 

Menciptakan ide-ide dan menuangkannya pada kanvas menjadi hal kreatif yang bisa dilakukan pada masa pandemi ini. Jika hasil lukisan-lukisan yang dibuat memiliki nilai jual, lukisan-lukisan tersebut bisa mulai ditawarkan pada orang-orang terdekat terlebih dahulu yang memiliki ketertarikan pada lukisan.

 

Lalu, bisa juga diposting di media sosial agar banyak orang yang melihat dan tertarik untuk membeli. Sehingga, bukan hanya menjadi hobi baru, namun bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

 

4. Menjahit

 

Ya, sejak adanya pandemi ini, kita selalu dianjurkan untuk memakai masker jika ingin pergi keluar rumah. Hal ini menjadi sebuah ide bagi sebagian orang, selain menjadi hobi baru, juga menjadi peluang bisnis bagi mereka. Mereka mulai menjahit masker-masker kain, yang mungkin tadinya hanya untuk dipakai pribadi.

 

Tetapi, lama-kelamaan mereka berpikir untuk menjual masker-masker kain tersebut, karena kebutuhan akan masker yang terus meningkat saat ini. Jadi, menjahit untuk membuat masker bukan hanya menjadi hobi baru, tetapi juga menjadi sumber pendapatan baru bagi mereka.

 

5. Membuat atau merakit face shield

 

Sebenarnya, ini bisa dikatakan sebagai hobi, bisa juga tidak. Mungkin bagi orang-orang yang suka merakit sesuatu, ini bisa menjadi hobi baru. Merakit yang tidak terlalu rumit. Face shield atau bisa disebut juga alat pelindung wajah menjadi salah satu barang yang banyak digunakan saat masa pandemi ini. Tujuannya untuk melindungi wajah pemakainya, hampir mirip dengan masker kegunaannya.

 

Namun, face shield menutup seluruh permukaan wajah pemakainya. Banyak orang yang menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis, sehingga mereka membuat face shield dan mulai memasarkannya baik secara langsung atau pun melalui media sosial. Mereka mempostingnya, menunggu pesanan, dan siap mengantarkan pesanan tersebut pada pembelinya.

 

Banyak hal positif yang bisa dilakukan di masa pandemi ini. Termasuk memulai hobi-hobi baru seperti yang sudah dipaparkan di atas. Jika kita menyukai hal tersebut, kita akan senang dalam melakukannya. Bahkan, hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis meskipun dalam situasi dan kondisi pandemi saat ini.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!

Tentang Penulis
Avatar

Nur Intan

Optimized with PageSpeed Ninja