Kata “Pastry” dan “Bakery” sering kita jumpai secara terpisah ataupun bersamaan seperti “Pastry & Bakery”. Dari segi teknik memasak, kedua jenis kue ini sekilas terlihat sama saja, karena pada umumnya keduanya memiliki arti produk kue – kue an yang dipanggang.

 

Hal ini membuat pastry dan bakery seringkali dianggap satu hal yang sama. Meskipun kedua kata tersebut seringkali di tukar ataupun dianggap sama, namun sebenarnya kedua kata tersebut memiliki makna yang cukup berbeda dari beberapa sisi.

 

Perbedaan mendasar antara Pastry dan Bakery

 

Perbedaan pertama yaitu pada orang yang membuat produk pastry dan bakery. Orang yang membuat produk pastry disebut dengan pastry chef, sementara orang yang membuat produk bakery disebut dengan baker.

 

Perbedaan kedua yaitu pada jenis produk yang dibuat. Seorang baker bisa membuat produk bakery yang lebih beragam jenisnya seperti; donat, biskuit, roti isi, pia, dll. Baker biasanya menciptakan produk yang manis dan juga asin. Hampir semua produk yang di ciptakan baker akan dimasak menggunakan tehnik memanggang.

 

Produk pastry biasanya cenderung untuk dessert atau makanan penutup, oleh karena itu produk pastry akan cenderung ke makanan yang memiliki cita rasa manis. Banyak dari produk pastry yang memasaknya tidak menggunakan tehnik memanggang seperti; coklat, pudding, panacota, es krim, dll.  Biasanya untuk produk pastry akan memiliki lebih banyak dekorasi – dekorasi pada produknya, terutama dekorasi yang kecil dan detail.

 

 

Bakery dan Pastry, kembar tapi beda

 

Meskipun banyak perbedaan pada “pastry dan bakery” produk, namun baik baker maupun pastry chef sebenarnya memiliki banyak kesamaan.

 

Keduanya pasti sama – sama paham cara menakar produk dengan tepat, cara menyesuaikan resep menjadi porsi yang lebih besar maupun lebih kecil, memiliki kemampuan mendekorasi produkknya dengan baik, dan keduannya pasti tidak asing dengan tehnik memasak satu sama lain.

 

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang paling utama antara kedua kue tersebut yaitu terletak pada jenis produknya. Produk pastry akan lebih beragam dan dimasak menggunakan tehnik yang juga beragam, bukan hanya memanggang. Sedangkan produk bakery umumnya adalah produk berbasis tepung – tepungan seperti roti yang dimasak meggunakan tehnik memanggang di oven.