Tunggu, jangan salah dahulu, pensiun dini itu bukan berarti pemecatan loh yah. Banyak orang mengira, istilah pensiun dini itu artinya dipecat oleh perusahaan sebelum masa pensiun.

 

Dalam perencanaan keuangan, pensiun dini adalah ketika kita sudah mencapai tahap financial freedom, sehingga kita dapat berhenti bekerja sebelum usia pensiun.

 

Usia pensiun di Indonesia itu rata-rata 55 sd 60 tahun. Nah, kalau uang dan aset investasi kita sudah cukup untuk hidup sampai usia tua, sebelum menginjak usia 55 tahun, maka kita dapat memikirkan untuk pensiun dini. 

 

Memang terdengar menarik, yah. Tapi bagaimana sih agar kita dapat pensiun dini dan menikmati hidup?

 

Sudah coba fitur Kalkulator Finansial dari Swara, belum? Kalkulator Finansial dari Swara bisa bantu kamu untuk hitung dengan akurat berbagai kebutuhan harianmu, loh! Seperti perencanaan modal bisnis, pernikahan, persiapan dana pendidikan dan masih banyak lagi. Yuk, coba di sini.

 

Jangan tergiur, pensiun dini itu memungkinkan tetapi juga tidak mudah!

 

Pensiun dini
Ilustrasi berhenti (Pexel)

 

Satu fakta yang harus kalian ketahui adalah, sangat jarang ada orang yang dapat pensiun dini. Secara statistik, sebagian besar masyarakat Indonesia dan dunia, masih harus bekerja sampai usia pensiun.

 

Ada banyak hal yang harus dipikirkan ketika merencanakan dana pensiun! Apakah kalian memiliki tanggungan seperti anak dan orang tua?



Gaya hidup seperti apa yang ingin kamu miliki ketika kamu pensiun? Semakin sederhana, tentu saja semakin realistis.

 

Income seseorang juga mempengaruhi kemampuan orang tersebut untuk dapat pensiun dini. Ketika income kita masih rata-rata dan tanggungan kita banyak, maka, dapat pensiun secara independen di usia pensiun normal, tentu adalah sebuah prestasi. 

 

Tujuan utama perencanaan dana pensiun itu sebenarnya bukan untuk pensiun dini, tetapi agar kita dapat pensiun di hari tua dengan independen tanpa harus bergantung pada anak cucu! 

 

Ini jauh, jauh lebih penting daripada bermimpi untuk dapat pensiun lebih awal. Jika kalian memang dapat pensiun lebih awal, maka itu adalah bonus. 

 

Baca juga:

Jangan Cepat Tergoda! Sebelum Mengajukan Pensiun Dini, Ini 7 Pertimbangan Utamanya

Menyiapkan Dana untuk Pensiun Dini, Ini 5 Langkah yang Perlu Diperhatikan

7 Persiapan Pensiun Dini Agar Hari Tua Bisa Hidup Tanpa Beban

 

Bagaimana cara paling mudah menghitung kebutuhan dana untuk pensiun?

 

Langkah pertama, kalian harus tentukan biaya kebutuhan hidup kalian untuk 1 tahun. Let’s say, kalian membutuhkan biaya Rp 120.000.000,00 per tahun untuk dapat hidup dengan nyaman. 

 

Langkah kedua, tentukan nilai masa depan dari Rp 120.000.000,00. Anggap saja target pensiun kalian, adalah 40 tahun. Saat ini kalian masih berumur 21 tahun. Berarti kalian masih punya 19 tahun untuk mengumpulkan dana pensiun.

 

Kita dapat mengetahui nilai Rp 120.000.000,00 dalam 19 tahun ke depan, dengan asumsi inflasi 6% per tahun, adalah Rp 364.000.000,00. (perhitungan menggunakan kalkulator finansial).

 

Langkah ketiga, kalian harus menghitung seberapa lama kalian akan berada dalam posisi pensiun. Dalam hal ini adalah dari usia 40 tahun sampai 80 tahun (usia harapan hidup manusia).

 

Kalian akan hidup selama 40 tahun tanpa adanya pendapatan! Maka kebutuhan per tahun Rp364.000.000,00 itu harus dikalikan 40 tahun, hasilnya Rp14.560.000.000,00!

 

Langkah keempat, sekarang kalian tahu, kalian butuh at least Rp 14.560.000.000,00 ketika memasuki masa pensiun dini di usia 40 tahun. Uang tersebut seharusnya cukup untuk hidup sampai kalian berusia 80 tahun. 

 

Langkah kelima, berapa yang harus kalian tabung serta bagaimana menabungnya, supaya kalian dapat memiliki Rp 14.560.000.000,00 ketika menginjak usia 40? 

 

Tentu kalian harus berinvestasi secara jangka panjang! Salah satu investasi jangka panjang yang ok adalah saham.

 

Anggap saja kalian berinvestasi di saham dengan return, 20% per tahun. Maka, sekarang, pada usia 21 tahun, kalian harus berinvestasi Rp 456.000.000,00 di instrument saham selama 19 tahun ke depan.

 

Sebenarnya langkah-langkah di atas itu cukup mudah, kalian perlu mempelajari juga penggunaan kalkulator finansial untuk melakukan penyesuaian.

 

Tanyakan pada diri kalian, benarkah kalian ingin pensiun dini?

 

Pensiun dini
Berpikir untuk pensiun dini (Pexel)

 

Mungkin tidak seperti yang kalian bayangkan, pensiun itu belum tentu nyaman loh. Jika Kita perhatikan, semua orang kaya yang ada di Indonesia maupun dunia, semuanya masih bekerja bahkan sampai usia di atas 70 tahun.

 

Donald Trump, Bill Gates, hingga Warren Buffett, semua orang kaya tersebut pun masih bekerja, berkarya, dan tetap produktif hingga detik ini. 

 

Mungkin yang kalian inginkan bukanlah pensiun dini, tetapi lebih ke financial security, di mana kalian ingin merasa aman dan nyaman dengan keuangan kalian, sehingga kalian dapat mencari pekerjaan yang lebih sesuai passion kalian. 

 

Kan ga mungkin juga kalian berhenti bekerja sama sekali di usia yang masih produktif. Itu adalah sesuatu yang sia-sia. Kalian mensia-siakan tenaga dan pikiran kalian yang seharusnya masih tajam di usia produktif. 

 

Jadi, fokuslah ke bagaimana kalian dapat mencapai financial security dan juga fokuslah ke bagaimana kalian dapat meningkatkan produktivitas. Dijamin, kehidupan kalian di masa depan akan jauh lebih baik.