SWARA AMAR BANK – Tidak terasa, kita akan kembali dipertemukan di bulan suci Ramadan lagi pada tahun ini. Sudah buat persiapan ramadan apa, nih? 

 

Bulan Ramadan adalah momen yang dinantikan umat muslim di dunia. Waktu yang istimewa ini baiknya dipakai untuk melakukan amal dan ibadah dengan menahan hawa nafsu dan berbuat baik kepada sesama. 

 

Mendekati hari yang ditunggu-tunggu tersebut, ada berbagai persiapan ramadan secara materil dan immateril yang sudah bisa diterapkan mulai dari sekarang. 

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Periode Puasa 2023

 

Dalam kalender hijriah, penetapan tanggal 1 Ramadan secara nasional ditentukan melalui sidang isbat yang dilakukan oleh pemerintah. 

 

Dua cara menentukannya adalah dengan metode hilal dan hisab yang merujuk pada dua ormas Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. 

 

Biasanya, Muhammadiyah sudah menetapkan tanggal periode puasa jauh-jauh hari. 

 

Sementara itu, NU perlu melakukan beberapa riset seperti hilal yang tampak yang diumumkan selang maksimal dua hari sebelum periode puasa benar-benar dimulai. 

 

Begitupun, hal yang biasa jika ada perbedaan tanggal periode puasa antara NU dan Muhammadiyah karena jaraknya tidak beda jauh. 

 

Pada tahun 2023, Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadan jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023. 

 

Sedangkan waktu 1 syawal 1444 H atau Hari Raya Idul Fitri ditetapkan jatuh pada tanggal 21 april 2023, menurut Muhammadiyah. 

 

Apa Saja Kebutuhan Materil untuk Persiapan Ramadan?

 

Persiapan ramadan
Sumber: Unsplash

 

Kebutuhan materil berarti barang-barang yang memiliki wujud yang diperlukan. Kebutuhan materil yang perlu dipersiapkan jelang Ramadan adalah: 

 

1. Perlengkapan ibadah

 

Lengkapi atau perbaharui alat ibadahmu menjelang bulan Ramadan agar kamu semakin termotivasi untuk beribadah. Siapkan sajadah, mukena, sarung, dan peci agar aktivitas ibadah bisa dilakukan secara maksimal. 

 

2. Keperluan dapur

 

Sebagian orang menjadi lebih rajin memasak karena antusias menunggu waktu sahur dan berbuka puasa. Persiapkan keperluan dapur yang diperlukan untuk hobi menyenangkan tersebut. 

 

Mulailah membeli atau memperbaharui dari spatula, talenan, panci, blender, oven, mixer chopper hingga air fryer yang memang sesuai dengan makanan yang akan diolah. 

 

3. Bahan makanan

 

Selain keperluan dapur, persiapan Ramadan yang paling penting adalah bahan makan. Bahan makanan yang identik di bulan puasa adalah buah kurma, teh atau sirup untuk persiapan sahur dan berbuka puasa. 

 

Di samping itu, jangan lupa untuk mempersiapkan sembako dan bahan makanan takjil ringan seperti bubuk agar-agar hingga tepung terigu untuk gorengan. 

4. Alat beberes rumah

 

Kebersihan adalah sebagian dari iman, makanya kamu juga disarankan untuk lebih rajin beberes di bulan puasa tahun ini. 

 

Persiapkan alat beberes rumah yang kamu butuhkan misalnya sapu, pel, vakum hingga cairan pembersih untuk membuat ruangan menjadi lebih bersih dan rapi.

5. Peralatan olahraga

 

Olahraga rutin sebelum dan selama puasa juga bisa dilakukan untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Olahraga ringan tiga hingga lima kali seminggu bisa dilakukan dengan durasi 30 menit per harinya. 

 

Pilihlah olahraga yang memang kamu suka dan persiapkan peralatan dan aksesoris yang dibutuhkan. Misalnya, kamu bisa mulai mempersiapkan membeli raket dan bola untuk bermain bulu tangkis atau tenis atau sepatu lari bagi kamu yang suka jogging atau running

 

6. Pakaian

 

Persiapan Ramadan yang tidak luput dari perhatian adalah pakaian yang bisa mulai dibeli untuk persiapan undangan buka bersama hingga Idul Fitri. Meskipun tidak wajib, membeli pakaian baru bisa membuat tampilan kamu menjadi lebih segar di bulan puasa tahun ini. 

 

Baca juga: 6 Tips Belanja Antiboros Saat Bulan Ramadan

 

Kebutuhan Immateril untuk Persiapan Ramadan

 

Persiapan ramadan
Sumber: Unsplash

 

Selain barang-barang berwujud, ada kebutuhan tidak berwujud yang juga perlu kamu persiapkan sebelum bulan Ramadan datang.

 

Beberapa di antara kebutuhan immateril tersebut adalah sebagai berikut: 

 

1. Menahan hawa nafsu

 

Puasa adalah tentang menahan hawa nafsu. Mulailah melatih pengendalian diri dengan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman keras, bermain game terus-terusan dan lain sebagainya. 

 

Jika dimungkinkan, mulailah dengan berpuasa pada hari Senin dan Kamis yang merupakan puasa sunah yang akan mendapatkan pahala jika dijalankan.

 

2. Memperdalam ilmu Agama

 

Persiapan Ramadan yang juga perlu kamu lakukan adalah memperdalam ilmu tentang agama. Ketahuilah apa yang harus dan tidak harus dilakukan umat muslim di bulan Ramadan.

 

Pelajari juga tata cara ibadah yang baik dan benar, perbanyak bacaan agama, mengikuti forum agama atau berguru pada pemuka agama yang dapat dijangkau.

 

3. Keikhlasan hati untuk beramal

 

Bulan Ramadan identik dengan bulan beramal. Banyak orang berkeyakinan kalau kamu juga akan mendapatkan banyak rezeki dari tunjangan hari raya (THR) pada tahun ini, jadi tidak ada salahnya untuk lebih banyak berbagi, kan?

 

4. Perbanyak berbuat baik

 

Memasuki bulan penuh berkah, mulailah dengan banyak berbuat baik seperti bertutur kata lembut dan sopan dan tidak terbawa emosi jika sesuatu yang buruk terjadi. 

 

Lakukan lebih banyak perbuatan baik dengan lebih sering berkomunikasi dengan keluarga dan bersilaturahmi dengan tetangga dan saudara jauh. 

 

5. Mulai mengatur jam tidur

 

Mengatur jam tidur bisa dilakukan sebelum bulan Ramadan datang. Usahakan untuk tidur 7- 8 jam per hari dengan tidur sebelum pukul 12 malam dan bangun pukul 4 – 6 pagi. 

 

Hal itu dilakukan sebagai bentuk latihan menjelang bulan puasa dimana kamu harus bangun subuh setiap harinya untuk santap sahur. 

 

Baca juga: Tips Strategi Promo Ramadan Untuk Dongkrak Penjualan

 

6. Rutin berolahraga

 

Baik kondisi fisik maupun jasmani harus tetap prima menyambut bulan Ramadan. Karenanya, mulailah melakukan aktivitas ringan seperti jalan kaki, jogging, bersepeda atau olahraga berbasis permainan seperti basket dan lain sebagainya. 

 

Di atas adalah berbagai keperluan yang bisa kamu persiapkan menjelang bulan Ramadan yang akan berlangsung satu bulan lagi. Kalau niat kamu baik, mudah-mudahan bulan puasa tahun ini bisa menjadi berkah.