SWARA DARI AMAR BANK – Sekolah tingkat TK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan usia dini pada jalur pendidikan formal bagi anak usia empat hingga enam tahun. 

 

Wajar kalau sekolah adalah tempat baru bagi si kecil di mana ia bisa bersosialisasi dan belajar bersama teman sebayanya. Agar si kecil lebih semangat pergi ke sekolah setiap harinya, orang tua perlu tahu apa saja barang yang perlu dipersiapkan.

 

Pada artikel ini, kami akan memberikan apa saja rekomendasi barang bawaan yang perlu anak sediakan saat memasuki pendidikan formal pertamanya. Yuk, simak artikelnya sampai habis!

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

15 Perlengkapan Sekolah Anak TK

 

perlengkapan sekolah anak tk
Sumber: Freepik

 

Berikut rekomendasi perlengkapan sekolah anak TK yang bisa dipersiapkan.

 

1. Seragam sekolah

 

Beberapa sekolah TK mewajibkan muridnya untuk memakai seragam sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

 

Karena bersifat wajib, persiapkan dua pasang seragam sekolah wajib yang akan rutin digunakan bersamaan dengan seragam olahraganya. Biasanya harga seragam sekolah berkisar Rp60 ribu hingga Rp180 ribu per item.

 

Terlebih dahulu, orangtua bisa berdiskusi dengan pihak sekolah terkait seragam yang ditentukan agar tidak salah beli.

 

2. Tas sekolah

 

Selain seragam sekolah, perlengkapan sekolah anak TK yang wajib dibawa adalah tas untuk menampung barang yang akan dibawanya. Biasanya jenis tas sekolah untuk anak TK adalah ransel. Namun, jika anak tidak nyaman harus membawa barang di punggungnya, pilihlah tas model troli yang bisa ia sorong.

 

Agar anak lebih bersemangat, ajaklah anak untuk hunting tas sekolah favoritnya di toko tas atau perlengkapan sekolah. Harga tas juga beragam mulai dari Rp90 ribu hingga Rp600 ribu di outlet atau toko online.

 

3. Sepatu dan kaus kaki

 

Alas kaki yang umum digunakan oleh anak TK adalah sepatu dengan model sneakers. Jenis sepatu ini lebih nyaman digunakan karena bisa dipakai untuk berjalan hingga berlari. 

 

Selain itu, persiapkan juga kaus kaki yang dapat melindungi kaki si kecil dari keringat, polusi, bakteri dan jamur. Harga sepatu juga sangat bervariasi tergantung merek dan modalnya. Kisarannya sekitar Rp120 ribu hingga Rp800 ribu.

 

4. Kotak bekal dan peralatan makan

 

perlengkapan sekolah anak tk
Sumber: Freepik

 

Kotak bekal makanan merupakan salah satu barang wajib yang perlu dibawa anak karena kebanyakan sekolah TK tidak menyediakan menu makan siang. 

 

Lengkapi juga kotak bekal makan si kecil dengan peralatan makan yang ia butuhkan seperti sendok, garpu, atau sumpit sesuai dengan kebutuhan. Harga perlengkapan sekolah anak TK ini berkisar Rp50 ribu hingga Rp120 ribu.

 

5. Botol minum

 

Selain kotak bekal makan, botol minum juga menjadi salah satu perlengkapan sekolah anak TK yang wajib dimiliki.

 

Anak usia umumnya memerlukan sekitar 1700 mL air per harinya. Jika ia berada di sekolah selama setengah hari, maka setidaknya ia membutuhkan botol minum yang bisa menampung sekitar 700 – 850 mL. Harga botol minum anak juga sangat bervariasi mulai dari Rp40 ribu hingga Rp200 ribu.

 

6. Alat tulis

 

Alat tulis seperti pensil, penghapus, serutan pensil dan penggaris adalah perlengkapan yang biasanya digunakan anak TK pada masa belajarnya. 

 

Karena perlengkapan alat tulis ini rentan hilang karena aktivitas si kecil di sekolah yang lebih banyak, ada baiknya untuk mempersiapkan lebih dari satu masing-masing alat tulis.

 

7. Kotak pensil

 

Sebagai media penyimpanan alat tulis si kecil, ada baiknya untuk mempersiapkan wadah agar tidak tercecer. 

 

Kotak pensil yang ideal bentuknya menyesuai dengan kebutuhan anak dengan tampilan yang juga disukai agar ia lebih semangat belajar. Harga rata-rata kotak pensil adalah berkisar Rp40 ribu hingga Rp100 ribu saja.

 

8. Buku gambar

 

Pada masa sekolah usia dini, menggambar menjadi salah satu kegiatan yang sedang disukai karena dapat melatih kemampuan kreativitas si kecil. 

 

Dukunglah kesenangan si kecil dengan menyediakan buku gambar yang sesuai dengan kebutuhannya, seperti buku gambar karakter, animasi atau buku gambar polos berukuran A4. Harga buku gambar juga sangat terjangkau yakni Rp15 ribu hingga Rp40 ribu.

 

9. Alat gambar dan mewarnai

 

perlengkapan sekolah anak tk
Sumber: Freepik

 

Setelah memiliki buku gambar, jangan lupa juga mempersiapkan alat gambar dan mewarnai seperti spidol, krayon atau pensil warna.

 

Pilihlah alat gambar dan mewarnai yang memang memiliki kualitas baik. Namun, karena alat mewarnai juga rentan hilang, sediakan lah alat mewarnai 12 warna terlebih dahulu. Harga alat menggambar dan mewarnai berkisar Rp50 ribu hingga Rp200 ribu.

 

10. Tisu atau sapu tangan

 

Kondisi seperti cairan yang tumpah, noda pada wajah, tubuh atau pakaian adalah hal yang tak terelakkan karena anak akan lebih banyak menggerakan tubuhnya untuk eksplorasi. 

 

Dengan begitu, sediakan lah tisu atau sapu tangan sebagai alat untuk menyeka kotoran yang efektif. Harga tisu dan sapu tangan juga relatif terjangkau mulai dari Rp1.000 hingga Rp10 ribu.

 

11. Obat-obatan

 

Jika anak memiliki penyakit tertentu, orangtua perlu menyiapkan obat-obatan khusus yang perlu dibawa saat anak sekolah. 

 

Ada baiknya untuk berkoordinasi dengan guru atau pengawas di sekolah si kecil agar mereka mengetahui dan siap sedia untuk memberikan obat yang dibutuhkan kepadanya. Harga obat-obatan bisa sangat bervariasi dengan penyakit dan gejala yang sering dialami anak. 

 

12. Baju ganti

 

perlengkapan sekolah anak tk
Sumber: Unsplash

 

Anak usia dini biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga sedang aktif bermain hingga ke tempat kotor seperti rumput atau tanah.

 

Agar tidak mengganggu aktivitas belajarnya setelah bermain, ada baiknya untuk menyiapkan pakaian dalam, kaos dan celana ganti dengan bahan ringan di dalam tasnya.

 

13. Makanan kecil

 

Karena banyaknya aktivitas di sekolah, terkadang anak merasa lapar sebelum jam makan siang tiba.

 

Untuk mengatasi hal ini, persiapkanlah makanan kecil kesukaannya seperti cokelat, permen atau biskuit dalam ukuran kecil untuk sekedar menghilangkan rasa lapar. Harga makanan kecil juga sangat bervariasi mulai dari Rp3.000 untuk permen.

 

14. Barang kesayangan

 

Beberapa anak merasa lebih semangat sekolah jika ditemani barang kesayangannya. 

 

Kebanyakan barang kesayangan anak usia dini adalah mainan sehari-harinya seperti mainan mobil atau boneka. 

 

15. Perlengkapan kebersihan

 

Terakhir, perlengkapan sekolah anak TK yang perlu dipersiapkan adalah alat kebersihan seperti hand sanitizer, tisu basah dan masker.

 

Jika si kecil sering berkeringat dan bermain kotor, persiapkanlah peralatan mandi seperti sikat gigi, pasta gigi dan lotion berukuran kecil.

 

Harga perlengkapan kebersihannya juga terbilang terjangkau mulai dari Rp20 ribu hingga Rp80 ribu saja.

 

Tunaiku Sebagai Solusi Keperluan Sekolah Anak

 

Tunaiku

 

Sebagai solusi menyiapkan dana tambahan untuk mendukung persiapan sekolah anak, jangan ragu untuk menggunakan platform pinjaman digital tanpa agunan yakni Tunaiku

 

Tunaiku sendiri adalah aplikasi pinjaman digital dimana kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta untuk tenor pinjaman mulai dari 1 sampai 20 bulan. 

 

Syarat mengajukan pinjaman di aplikasi Tunaiku juga cukup mudah yakni dengan menyiapkan KTP dengan tempat domisili yang berada dalam area operasi. 

 

Jangan khawatir tentang keamanannya karena Tunaiku adalah produk Amar Bank yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.