SWARA – Siapa yang sempat nonton American Music Awards (AMA) 2019 pada tanggal 24 November lalu? Kalau kamu nonton, pasti tahu dong siapa yang menyabet penghargaan terbanyak hari itu? Taylor Swift memenangkan 6 kategori dalam satu malam dan kalau ditotal-total, jumlah penghargaan yang telah ia terima selama ini dari AMA sejumlah 29 penghargaan. Wow! Jumlah ini mengalahkan rekor penghargaan yang selama ini dipegang oleh mendiang King of Pop, yaitu Michael Jackson!

 

Dengan segudang prestasi itu, pasti harga jual Taylor Swift akan semakin dong, ya? Belum lagi aset kekayaannya yang semakin tinggi. Hmmm, jadi penasaran berapa total kekayaannya sekarang.

 

Artis dengan penghasilan tertinggi

via GIPHY

 

Taylor yang belum lama ini mengeluarkan album ke-Lover berhasil menduduki peringkat 1 dalam Forbes Celebrity 100 List, karena setahun belakangan ini menghasilkan 185 juta USD, atau setara dengan 2,6 tiriliun IDR. Hanya dalam setahun, gaesss!

 

Sebelumnya, Taylor juga pernah jadi no.1 di Celebrity 100 sebelumnya, yaitu di tahun 2016 dengan angka penghasilan 170 juta USD (2,3 triliun IDR). Waktu itu dia baru saja menyelesaikan The 1989 World Tour. Tapi tidak berhenti di situ saja, rentetan konsernya untuk The Reputation Stadium Tour berhasil melampaui penghasilan tur sebelumnya, yaitu 266,1 juta USD (3,7 triliun IDR). Tunggu, itu uang atau daun di pohon beringing? BANYAK BANGET, WEY!

 

Aset kekayaan mencapai 5 triliun IDR

via GIPHY

 

Taylor Swift dikenal sebagai artis yang memang pandai berbisnis. Maka itu, dia memakai penghasilannya untuk diputar lagi. Ia pun menghabiskan 81 juta USD (1,1 triliun IDR) untuk berinvestasi di bidang properti. Sejauh ini Taylor tercatat memiliki rumah di 4 negara bagian di Amerika, mulai dari California sampai New York. Dikabarkan bulan Agustus lalu, ia sedang mencari rumah yang pas di London, yang dekat dengan rumah kekasihnya, Joe Alwyn.

 

Bukan hanya memiki aset properti, Taylor juga ternyata menjadi brand ambassador favorit beberapa brand ternama, seperti Keds, Diet Coke, CoverGirl, Capital One, dan Apple. Yah, kalau dilihat dari nama-nama brand-nya, sudah bisa dipastikan penghasilannya tidak cuma-cuma, ya.

 

 

Maka itu nggak heran kalau di bulan Juni 2019 lalu, diperkirakan aset kekayaan Taylor mencapai 360 juta USD atau setara kurang lebih 5 triliun IDR. Sehingga, Taylor dinobatkan sebagai artis dengan penghasilan tertinggi menurut Forbes. *standing applause*

 

Jerih payah tidak berdusta

via GIPHY

 

Taylor Swift memulai kariernya sebagai musisi, penyanyi dan penulis lagu, pada tahun 2006. Ia memulai langkahnya di dunia musik Country dengan hits single-nya yang berjudul ‘Tim McGraw’. Potensinya menjadi artis yang besar cukup bisa diprediksi, namun langkahnya menjadi musisi tidak lepas dari kritik, baik dari publik atau sesama musisi. Banyak yang merasa lagu ciptaan Taylor terlalu Pop untuk masuk ke dalam genre Country. Tapi seperti hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi Taylor untuk terus berkarya.

 

Pada tahun 2008, single-nya yang berjudul ‘You Belong With Me’ berhasil menduduki tangga lagu teratas di Amerika. Bayangkan, kalau kamu lagi dengerin radio di masa itu, lagu ini pasti akan terputar di radio mana pun. Tapi semakin tinggi pohon, pasti semakin kencang juga angin berhembus. Walau karya Taylor banyak dicintai, tapi pasti ada saja skandal yang mengikuti. Salah satunya ketika ia menerika penghargaan ‘Best Female Video’ dari MTV Music Award pada tahun 2009, momen pidatonya disabotase oleh Kanye West.

 

Belum lagi skandal dia dengan Kim Kardashian, drama putusnya dia dengan Calvin Harris, kasus pelecehan seksual yang dialaminya, dan belakangan masalah hukum dengan perusahaan record lamanya, yaitu Big Machine. Taylor Swift sempat dilarang menyanyikan lagu-lagu dari 6 album terdahulunya, yang merupakan produksi dari Big Machine Records.

 

 

Sempat ingin menyerah karena lelah dengan segala masalah yang menimpa, tapi akhirnya Taylor kembali bangkit dengan album ke-7 yang berjudul ‘Lover’. Dan seperti yang diperkirakan, album ‘Lover’ menuai sukses besar dan mengantarkan Taylor mendapatkan 6 penghargaan di AMA 2019.

 

Wuh, ternyata perjalanan sukses tak semulus itu, ya, Kawan Swara. Dari kisah ini, kita bisa memetik  satu pelajaran. Kesuksesan itu pasti tidak akan datang begitu saja. Ada harga dan perjuangan yang harus dibayar. Buat kamu yang masih di perjalanan menuju sukses, jangan menyerah dan lelah berjuang. Pasti akan ada hasilnya.

 

Semoga kisah sukses dari Taylor Swift ini bisa menginspirasi kamu, ya. Semangat!