SWARA – Bulan Maret dikenal sebagai bulan perempuan. Di tanggal 8 Maret nanti, kita juga akan memperingati Hari Perempuan Internasional. Peringatan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengenal sosok perempuan Indonesia yang sukses dalam berbisnis.

 

10 Perempuan Indonesia Sukses yang Menginspirasi

 

Di Indonesia, ada beberapa perempuan inspiratif yang kesuksesannya patut dijadikan inspirasi, khususnya bagi perempuan-perempuan muda. Siapa saja mereka?

 

  • Catherine Hindra Sutjahyo

 

 

perempuan indonesia sukses

 

Catherine Hindra Sutjahyo adalah nama di balik salah satu portal belanja online terbesar, yaitu Zalora. Sebenarnya, Zalora berpusat di Singapura. Hanya saja, Catherine mengambil andil dalam membesarkan nama Zalora di Indonesia. 

Sebelum fokus pada Zalora, Catherine bekerja di sebuah perusahaan konsultasi bertaraf internasional, McKinsey & Company. Ia melepaskan pekerjaannya di perusahaan tersebut sebelum bergabung dengan Zalora. 

 

  • Aulia Halimatussadiah

 

Perempuan Indonesia sukses

 

 

Nama Aulia Halimatussadiah mungkin lebih dikenal di kalangan pecinta buku Indonesia. Ia adalah pendiri dari Nulisbuku, sebuah penerbitan indie yang cukup populer. 

 

Selain Nulisbuku, Aulia juga menjadi pendiri Storial.co, sebuah platform penulisan untuk siapa saja yang ingin menulis dan mempublikasikan tulisannya. Saat ini, Storial juga sudah semakin berkembang. Sejumlah penulis ternama Indonesia juga pernah bekerja sama dengan Storial dalam mempublikasikan tulisan mereka.  

 

Aulia sudah menekuni dunia bisnis digital di bidang publikasi sejak tahun 2006. Padahal, pada masa itu, internet masih belum banyak dilihat orang sebagai peluang baru untuk berbisnis.

 

  • Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth

 

Kedua perempuan ini adalah nama di balik berdirinya Berrybenka, sebuah situs belanja online populer di Indonesia. Bisnis Berrybenka mereka mulai dari sekadar toko online kecil-kecilan di tahun 2011. 

 

Siapa sangka, toko online kecil itu semakin lama semakin berkembang sampai jadi sebesar sekarang. Kini, Berrybenka menjadi salah satu e-commerce yang paling dicari untuk kebutuhan fashion wanita maupun pria. 

 

  • Chrisanti Indiana

 

perempuan indonesia sukses

 

 

Satu lagi perempuan Indonesia yang sukses dalam bisnis e-commerce, yaitu Chrisanti Indiana, salah satu pendiri Sociolla. Sejak tahun 2015 sampai sekarang, Sociolla menjadi beauty e-commerce yang sangat populer dan banyak dicari di Indonesia. 

 

Di tahun 2020, Chrisanti sempat menjadi salah satu pebisnis yang diakui oleh Forbes sebagai bagian dari daftar 30 Under 30 Asia 2020. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa Chrisanti memang memiliki prestasi yang besar dan cocok dijadikan inspirasi. 

 

  • Diajeng Lestari

 

perempuan indonesia sukses

 

 

Beberapa tahun terakhir, fashion hijab mulai berkembang dan semakin populer. Semakin banyak produk-produk hijab dengan bahan dan motif unik yang menjadi tren baru. 

 

Tingginya minat terhadap tren ini menginspirasi Diajeng Lestari untuk mengembangkan bisnis e-commerce bernama Hijup. E-commerce ini secara khusus berfokus pada penjualan aksesoris dan pakaian wanita Muslim. 

 

Hijup telah berdiri sejak tahun 2011. Sampai saat ini, Hijup juga sudah mulai mengembangkan sayap ke ranah internasional. 

 

  • Susi Pudjiastuti

 

perempuan indonesia sukses

 

 

Kamu tentu tahu siapa sosok perempuan Indonesia sukses yang satu ini. Selain pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja 2014-2019, Susi Pudjiastuti juga dikenal sebagai pengusaha yang sukses. 

 

Ia memiliki usaha bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product, sebuah perusahaan eksportir hasil perikanan. Bukan hanya itu, Susi juga memiliki usaha penerbangan Susi Air atau PT ASI Pudjiastuti Aviation. 

 

  • Veronika Linardi

 

perempuan indonesia sukses

 

 

Pernahkah kamu mendengar tentang situs Qerja.com? Situs ini merupakan wadah untuk berbagi informasi seputar hal-hal dunia kerja, mulai dari tempat kerja, gaji, perusahaan, dan lain sebagainya. 

 

Veronika Linardi adalah sosok dibalik kesuksesan Qerja. Ia memanfaatkan pengalaman kerjanya dulu dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengembangkan platform tersebut. 

 

Bukan hanya Qerja, Veronika juga memiliki sebuah perusahaan bernama Linardi Associates sejak tahun 2006. Perusahaan itu bergerak dalam bidang perekrutan kerja dan dikepalai langsung oleh Veronika. 

 

  • Helga Angelina Tjahjadi

 

Helga Angelina Tjahjadi merupakan pengusaha muda yang mengembangkan bisnis kuliner Burgreens. Burgreens dikenal sebagai restoran makanan sehat yang menyediakan patty dari bahan kacang-kacangan, jamur, dan bayam. 

 

Masuknya Helga dalam industri kuliner dimulai sejak tahun 2014, ketika ia baru saja lulus dengan gelar sarjana dari University of North Carolina Wilmington di Amerika Serikat (AS). 

 

Pada dasarnya, Helga memang memiliki minat tinggi dalam hal kesehatan, khususnya makanan sehat. Inilah yang melatarbelakangi bisnis Burgreens yang dirintisnya. 

 

  • Wendy Sui Cheng Yap

 

perempuan sukses indonesia

 

 

Mungkin, tidak banyak perempuan muda yang mengenal sosok ini. Tapi, Wendy juga patut disebut sebagai perempuan Indonesia sukses dan inspiratif lewat usaha Sari Roti miliknya. 

 

Wendy merupakan pemimpin dari perusahaan roti Nippon Indosari. Perusahaan itu adalah perusahaan yang memproduksi dan juga mendistribusikan roti bermerek Sari Roti. Tentunya, hampir tidak ada orang di Indonesia yang tidak mengenal Sari Roti. 

 

Sekarang, kamu juga tahu siapa sosok di balik roti yang terkenal itu. Sepanjang kariernya, Wendy sudah berulang kali masuk dalam daftar Pebisnis Wanita Tangguh versi Forbes Asia. 

 

  • Merrie Elizabeth

 

perempuan sukses indonesia

 

 

Merrie Elizabeth adalah perempuan muda yang mendirikan salon kecantikan terkemuka di Indonesia, Blobar. Salon ini dikenal dengan keunikannya dalam menyediakan layanan penataan rambut bergaya ombre, balayage, serta babylight.

 

Sama seperti Chrisanti Indiana, Merrie juga pernah dimasukkan ke dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia. Ia mendapatkan penghargaan ini di tahun 2016 lewat kategori Retail dan E-Commerce. 

 

Itulah 10 sosok perempuan Indonesia yang sukses dan cocok dijadikan inspirasi. Kesuksesan mereka dalam bidang masing-masing bisa kamu jadikan contoh untuk berani berkembang dalam bidang yang kamu jalani saat ini.