Beranda > Karier Sukses > Sudahkah Gajimu Cukup? Ini Lima Cara Mengukur Besaran Gaji Ideal!

Sudahkah Gajimu Cukup? Ini Lima Cara Mengukur Besaran Gaji Ideal!

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Sudahkah Gajimu Cukup? Ini Lima Cara Mengukur Besaran Gaji Ideal!watermark

TUNAIKU.COM – Menjadi seorang pegawai teladan, berprestasi, dan menyumbang banyak kontribusi untuk kantor adalah sebuah pencapaian yang bikin bangga. Semua itu berasal dari kerja keras, pun pengorbanan waktu dan tenaga untuk membuat perusahaan selangkah lebih maju. Nah, dengan semua yang sudah kamu perbuat, perusahaan wajib memberikan gaji dan insentif yang setimpal.

 

Jika telah memperoleh penghargaan tersebut, berarti kamu orang yang beruntung. Namun, ada kalanya perhitungan ini tidak memiliki standar. Kamu jadi bertanya-tanya, apakah sebenarnya gaji saat ini sudah sesuai dengan beban pekerjaan selama di perusahaan? Bagaimana jika kamu justru underpaid? Duh, jangan sampai, deh.

 

Karena itu, ada baiknya kamu memastikan apakah besaran gaji sudah sepadan atau justru belum? Nah, supaya benar-benar yakin, berikut adalah lima cara untuk mengetahuinya.

 

Artikel Terkait: Ingin Sukses? Baca Tiga Artikel Ini

  1. Sudahkah Kamu Lakukan 5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari Ini?
  2. 7 Kebiasaan Orang Sukses di Akhir Pekan, Kamu Wajib Tiru Kalau Ingin Seperti Mereka!
  3. 10 Kebiasaan yang Bikin Orang-orang Sukses Terlihat Lebih Menonjol dari yang Lain

 

1. Bertanya langsung pada perekrut

Langkah ini adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui standar gaji sesuai posisi. Kamu nggak perlu malu atau sungkan, selama sudah melakukannya dengan sopan dan profesional. Kamu memiliki hak, kok, untuk mengetahui informasi ini. Soalnya, hal ini memang berpengaruh pada kehidupan pekerjaanmu. Toh, kamu sudah diberi beban pekerjaan banyak.

 

2. Ngobrol dengan rekan yang lebih senior

Kamu bisa berkonsultasi dengan rekan kantor yang kamu percaya dan pastinya memiliki level lebih tinggi. Bisa juga dengan seseorang yang pernah bekerja sama dalam sebuah proyek. Tanyakan padanya tentang besaran gaji yang pantas untuk posisimu. Nah, jika belum sesuai, kamu bisa sekaligus meminta saran untuk mengajukan kenaikan gaji.

 

3. Memperluas jaringan

Selain berdiskusi dengan rekan sekantor, kamu perlu memperluas jaringan di luar perusahaan. Hal ini berguna untuk mendapat informasi tentang standar gaji sesuai posisi. Bukan nggak mungkin,  jejaring yang luas juga memungkinkanmu dapat tawaran pekerjaan dengan gaji lebih baik. Karena itu, nggak ada salahnya banyak bergaul di luar kantor dalam lingkup profesional, ya.

 

4. Cek lowongan pekerjaan yang ditawarkan

Kalau perusahaan sedang membuka lowongan dengan posisi sama, kamu bisa mencari informasi terkait gaji yang ditawarkan. Minta bantuan teman yang kamu percayai untuk menelpon atau mengirim email pada pihak perusahaan terkait gaji. Oh ya, nggak ada salahnya juga melihat lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan lain. Dengan begini, kamu juga bisa mengetahui gaji yang layak untuk posisi yang sama.

 

Artikel Terkait: Tips Sukses Wawancara Kerja  

  1. 3 Cara Bikin Wawancara Kerjamu Lebih Berkesan di Mata Perekrut
  2. Ini Dia Trik Menjawab Pertanyaan Menjebak saat Wawancara Kerja
  3. Waspadai 9 Bahasa Tubuh yang Bikin Kamu Nggak Lolos Interview!

 

5. Gunakan kalkulator gaji

Bila pekerjaan mengharuskanmu melakukan tugas begitu banyak, kamu perlu memakai kalkulator gaji. Ada beberapa situs yang menyediakan perhitungan jumlah rata-rata gaji yang seharusnya diterima sesuai posisi. Selain itu, kamu juga bisa menghitung gaji kotor dan membandingkan dengan perusahaan lain.

Sudah saatnya kamu mendapatkan hak yang layak untuk semua kerja keras. Jangan mau jadi sapi perah. Kalau sudah berhasil mencari tahu, kamu wajib memikirkan langkah selanjutnya. Apakah kamu hendak meminta kenaikan gaji atau justru pindah ke perusahaan yang memberikan penawaran lebih baik? Semua tergantung kamu. Namun, pertama-tama, cari tahu dulu, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

kredit tunai

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett