Beranda > Karier Sukses > Lakukan 5 Kebiasaan Berikut untuk Menghindari Karier yang Mandek

Lakukan 5 Kebiasaan Berikut untuk Menghindari Karier yang Mandek

PAULUS RISANGPaulus Risang
Lakukan 5 Kebiasaan Berikut untuk Menghindari Karier yang Mandekwatermark

 

TUNAIKU.COM – Buat saya, karier yang mandek adalah mimpi buruk. Sedih rasanya membayangkan saya melakukan rutinitas yang sama dengan penghasilan yang segitu-segitu saja selama bertahun-tahun. Kalau perusahaan tempat saya bekerja nggak memberi kesempatan untuk mengembangkan karier, terus terang saya enggan untuk bertahan lama-lama di sana.

 

Selain faktor eksternal, kamu juga perlu sering melakukan introspeksi diri. Dengan mengerti mana yang mesti ditingkatkan atau harus ditinggalkan, perlahan kamu dapat membentuk kebiasaan baik yang mampu mengamankan perkembangan kariermu.

 

Nah, saya sudah merangkum sejumlah kebiasaan yang sebaiknya kamu lakukan untuk menghindari karier yang mandek. Tentunya, bukan dengan cara menjilat atasan. Yuk, terapkan kebiasaan positif berikut agar kariermu terus menanjak!

 

Artikel Terkait: Memilih Karier yang Tepat

  1. Ajukan 5 Pertanyaan Ini Pada Diri Sendiri untuk Menentukan Karier yang Tepat Bag…
  2. Ini Pilihan Karier yang Paling Cocok Berdasarkan Zodiakmu!
  3. Ini Dia 10 Pekerjaan Paling Diminati Milenial, Ada Pekerjaan Idamanmu?

 

1. Menunjukkan semangat lebih terhadap pekerjaanmu

Salah satu hal yang membuat kariermu mandek adalah karena kamu nggak menunjukkan semangat terhadap pekerjaanmu. Bayangkan kalau kamu punya bawahan yang malas, memangnya kamu mau merekomendasikannya untuk promosi? Tentu nggak.

 

Ada beberapa cara sederhana untuk menunjukkan semangatmu terhadap kerjaan. Misalnya, dengan tiba di kantor lebih awal. Selain itu, janganlah merasa enggan ketika kamu menerima tugas di luar job desc-mu. Soalnya, ini adalah kesempatanmu untuk mempelajari hal lain. Di mata atasan, hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang haus tantangan.

 

2. Lebih aktif mengikuti kegiatan di luar jam kerja

Menjaga work-life balance memang dibutuhkan agar kamu tetap waras dan semangat bekerja. Itulah sebabnya, saya menyelesaikan tugas-tugas saya hari itu agar bisa tenggo alias bergegas pulang pada waktunya. Namun, bila kantor mengadakan kegiatan di luar jam kerja, saya juga berusaha aktif untuk mengikutinya. Toh, kegiatan ini buat senang-senang juga.

 

Nah, kalau ada kegiatan seru di luar kantor, misalnya outing, party, atau team building, jangan cuma mager di rumah saja. Selain mempererat hubunganmu dengan orang-orang di kantor, hal ini juga menunjukkan bahwa kamu adalah seorang pemain tim.

 

3. Kembangkan dirimu lewat ilmu dan keahlian baru

Banyak orang yang berhenti belajar ketika selesai melewati pendidikan dan pelatihan yang diperlukan. Padahal, mengembangkan diri itu adalah hal wajib bagi kelangsungan kariermu. Kalau menginginkan posisi dan bayaran yang lebih tinggi, kamu juga harus meningkatkan nilai jual, dong.

 

Jangan berhenti mempelajari ilmu dan kemampuan baru. Nggak harus lewat pendidikan formal, kok. Kamu bisa ikutan workshop, seminar, kursus, atau sekadar nonton TED Talks yang inspiratif.

 

4. Rajin berjejaring dengan orang-orang di luar kantor

Kalau kamu merasa kariermu jalan di tempat, mungkin pergaulanmu kurang luas. Di luar sana, kamu mungkin bisa menemukan berbagai kesempatan yang bisa menjadi jalan keluar bagi kemandekan karier. Berjejaring bisa membantu kamu menemukan kesempatan-kesempatan itu lebih cepat. Jadi, jangan cuma menunggu dan mengharapkan orang lain menyadari kemampuanmu. Sering kali, kesempatan perlu kamu buat sendiri.

 

Artikel Terkait: Kiat Sukses Menggapai Karier

  1. Intip 7 Tips Sukses Berkarier Sebagai Freelancer
  2. Terlalu Cepat Resign Berisiko Membahayakan Kariermu. Simak 7 Alasannya!
  3. 6 Nasihat Karier Ambisius Tingkat Medium yang Harus Diketahui Usia 23 Zaman Sekarang

 

5. Selalu bersyukur, tapi jangan cepat puas

Bersyukur adalah cara saya untuk menikmati hal-hal yang saya miliki saat ini, termasuk menikmati pekerjaan. Soalnya, bagaimana mungkin kamu bisa berprestasi kalau kamu nggak menyukai pekerjaanmu? Namun, jangan samakan bersyukur dengan merasa puas, lho.

 

Jika gampang merasa puas dengan apa yang kamu peroleh sekarang, kamu bakal terjebak dengan zona nyaman dan enggan untuk meraih lebih meskipun sebenarnya kamu mampu. Saya memilih untuk nggak gampang merasa puas, sehingga saya terdorong untuk mendapatkan lebih, terutama soal karier.

 

Namanya juga kebiasaan, tentu nggak bisa diubah dalam semalam. Makanya, terapkan kebiasaan di atas mulai dari sekarang agar perjalanan kariermu lebih cemerlang!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

1

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett