Beranda > Karier Sukses > Kerja Sambil Kuliah? Lakukan 5 Tips Ini Agar Hasilnya Maksimal

Kerja Sambil Kuliah? Lakukan 5 Tips Ini Agar Hasilnya Maksimal

SHELY NAPITUPULUShely Napitupulu
Kerja Sambil Kuliah? Lakukan 5 Tips Ini Agar Hasilnya Maksimalwatermark

TUNAIKU.COM – Kerja sambil kuliah sepertinya bukan hal baru. Apalagi banyak ladang pekerjaan yang bisa diolah tanpa nunggu ijazah dulu. Baik yang kuliah S1 atau S2, kalau kamu kerja sambil kuliah pasti ada saja ketemu kendala untuk bisa atur waktu dan tenaga.

 

Tantangan buat yang punya dua peran sekaligus begini biasanya beragam. Mulai dari godaan nongkrong yang ternyata bikin kebablasan sampai lupa menyelesaikan tugas kuliah, atau kerjaan yang memang datang bertubi-tubi sampai tugas kuliah diam di tempat nggak ada kemajuan.

 

Padahal, kuliahnya penting untuk kemajuan karier dan kerjanya juga nggak kalah penting karena pasti bisa buat nambah pemasukan, termasuk bayar kuliah.

 

Buat kamu yang kerja sambil kuliah, saya punya 5 tips yang bisa kamu lakukan biar hasilnya maksimal.

 

Artikel Terkait: Habis kuliah ingin cepat kerja, coba cek jurusan ini!

  1. 9 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Gampang Cari Kerja
  2. 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Besar
  3. 10 Jurusan Kuliah dengan Lulusan Bergaji Tertinggi 

1. Buat to do list di pagi dan sore hari

Tulis apa saja yang harus kamu lakukan seharian, lebih baik lagi kalau diurutkan dari yang kebutuhannya paling mendesak. Ini salah satu cara juga biar kamu disiplin sama diri sendiri. Nanti di akhir jam kerja atau kuliah, kamu bisa lihat kan hari ini apa saja yang sudah selesai dan yang masih harus dikerjakan besok. Tulis di buku kecil atau kamu anaknya digital banget, bisa tulis di notes ponselmu.

 

2. Kurangi kebiasaan main media sosial di tengah jam kerja/kuliah

Harus fokus ya guys. Apalagi lakon kehidupan kamu nggak cuma sebagai pekerja saja atau pelajar saja. Misalnya pas di kelas dibahas materi yang ternyata tanpa info dulu akan jadi bahan kuis. Kalau kamu sibuk main Instagram dan lupa perhatikan dosen, pas keluar bisa kelimpungan deh tanya sana sini soal materi tadi.

 

Sementara kalau kamu menyimak di kelas, kamu bisa lanjut ke urusan kerja karena sudah punya materi belajar nanti malam. Kalau sekedar nonton Insta Story atau lihat update-an terbaru katalog online shop masih bisa ditunda sampai jam istirahat makan siang kok.

 

pinjaman tunaiku

 

3. Gunakan jam istirahat dengan maksimal

Istirahat yang cukup pasti bantu ketahanan tubuh dan stabilitas emosi kamu yang jadwalnya segudang. Habis rapat seharian di kantor, ketemu klien, malamnya lanjut kuliah demi masa depan lebih cemerlang. Vitamin saja nggak cukup kalau kamu nggak pintar curi waktu istirahat di sela kesibukan dan maksimalkan jam tidur malam.

Saya pernah baca artikel di Forbes, orang sukses seperti Bill Gates, Tim Cook, dan Arriana Huffington tidur 7 jam. Sementara Barrack Obama cukup 6 jam saja, dimulai sekitar jam 1 tengah malah tidurnya dan bangun jam 7 pagi. Kamu perlu cari tahu sendiri metode yang pas untuk dirimu , yang pasti tidur berkualitas itu penting ya guys.

 

4. Diskusi dengan atasan soal jadwal meeting atau deadline

Diskusi soal jadwal kerjaan sama dosen pembimbing mungkin agak sulit, tapi kamu bisa menyiasati dengan cari jadwal yang tepat buat kamu dan dospem bisa ketemu untuk bimbingan. Balik lagi ke poin 1, jangan lupa catat hal-hal penting yang harus kamu kerjakan sehari. Bakal lebih mudah kalau kamu kasih tanda di kalendar ponsel (atau kalendar di kamar) kegiatan yang memang sudah jelas jadwalnya.

 

Ada keuntungan buat yang disekolahin sama kantor, biasanya atasan bisa sedikit maklum tapi nggak bakal mengurangi kewajiban kamu untuk tetap kerja profesional. Setidaknya, kamu bisa cari jalan tengah untuk sedikit toleransi deadline, yang tadinya jam 10 pagi jadi jam 1 siang, lumayan kan? Kemampuan komunikasi kamu sekalian terasah juga dengan cara ini. Atau kalau kamu nggak disekolahin kantor pun, cara ini layak dicoba.

 

Artikel Terkait: Ragam cara menuju sukses, sudah pernah coba?

  1. Hindari Kebiasaan Buruk yang Bisa Menunda Kesuksesan Berdasarkan Golongan Darahmu
  2. 10 Kebiasaan yang Bikin Orang-orang Sukses Terlihat Lebih Menonjol dari yang Lain
  3. 7 Kebiasaan Orang Sukses di Akhir Pekan, Kamu Wajib Tiru Kalau Ingin Seperti Mereka!

 

5. Bangun komunitas yang jadi support system

Kesibukan hampir tanpa jeda kadang bikin hidup jenuh, tapi kalau kamu punya orang-orang terdekat yang selalu kasih semangat pasti senang dong. Teman yang dukung dan nggak ragu bantu pas kamu minta ditemani ke tukang print tengah malam, atau yang mau info update kerjaan dari bos pas kamu nggak sempat baca WhatsApp itu yang perlu dibina hubungannya.

 

Penting banget untuk jujur dengan kesibukan kamu ke teman, keluarga, bahkan pacar. Hindari bertengkar hanya karena mereka memaksa kamu ikut main karena nggak tahu kesibukan kamu yang segudang. Bergaul tetap perlu kok, tapi jangan lupa prioritas kamu ya.

 

Itu tadi 5 tips buat kamu yang sambil kerja juga kuliah, semoga bermanfaat dan tetap semangat ya untuk mencapai sukses di karier dan perkuliahan!

 

Oh ya, untuk kamu yang sedang ada kebutuhan uang mendesak, coba ajukan pinjaman online tanpa agunan di Tunaiku, deh.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan piinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett