Beranda > Karier Sukses > Kesalahan yang Kerap Dilakukan pada Tahun Pertama Berbisnis

Kesalahan yang Kerap Dilakukan pada Tahun Pertama Berbisnis

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Kesalahan yang Kerap Dilakukan pada Tahun Pertama Berbisniswatermark

 

TUNAIKU – Awal bulan ini, saya memulai sebuah bisnis online shop bersama rekan. Walau sebelumnya suka iseng menjual barang-barang secondhand milik saya secara online, tapi kali ini rasanya berbeda.

 

Usaha baru ini tentu membuat saya bersemangat dan optimistis akan peluang-peluang yang mungkin tercipta di waktu depan. Saya belajar banyak hal baru. Memang, tugas saya sebagai newbie banyak sekali. Saya pun nggak lupa berkaca dari kesuksesan orang lain yang sudah lebih dulu merintis bidang bisnis yang sama dengan saya.

 

Namun, di satu sisi saya pun kerap dihinggapi kekhawatiran. Apakah saya dan rekan mampu bertahan? Bagaimana jika usaha kami bangkrut? Bagaimana agar kami dapat menghindari kebangkrutan? Kesalahan apa yang memungkinkan hal itu terjadi?

 

Artikel Terkait: Ingin sukses? Baca kisah ini.

 

  1. 10 Pengusaha Perempuan Indonesia yang Sukses di Dunia Startup. Patut Ditiru!
  2. 7 Film Tentang Pengusaha Perempuan Sukses. Wajib Tonton!
  3. 10 Orang Populer Ini Buktikan Bisa Raih Sukses Diusia 40 Plus

 

Dari berbagai artikel yang saya baca, memang ada saja kesalahan terjadi ketika memulai sebuah bisnis, terutama pada tahun-tahun pertama. Tapi, bukan tak mungkin kesalahan itu bisa dihindari.

 

Karen itu, ada baiknya kita mengetahui kesalahan apa saja yang biasanya dilakukan di tahun pertama berbisnis. Dengan mengetahui, maka kita bisa menghindarinya.

 

Nah, untuk teman-teman yang juga sedang merintis bisnis baru, saya sarikan untuk kamu ya apa saja kesalahan yang kerap dilakukan pada tahun pertama berbisnis.

 

1. Investasi tanpa belajar terlebih dahulu

Saat hendak merintis sebuah usaha, wajib hukumnya untuk kamu mengenal dan mempelajari bidang bisnis yang ingin kamu geluti. Jangan sungkan untuk berkonsultasi pada ahli atau komunitas pengusaha. Cari juga informasi tentang kisah sukses dari orang-orang yang menggeluti bisnis yang sama.

 

2. Bergerak lambat

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah menangkap peluang dan segera mewujudkannya. Karena itu, kamu harus bergerak cepat. Curahkan konsentrasi kamu terhadap produk yang ingin kamu kembangkan dan perhatikan respon konsumen saat kamu merilis produk. Ingat, waktu dan momentum sangat berharga dalam bisnis.

 

3. Terlalu Banyak Mendengar Orang Lain

Dalam segala sesuatu, manusia selalu membutuhkan masukan. Tapi, bila kamu mendengarkan terlalu banyak nasehat dari siapapun, bisa jadi menjadi bumerang buat kamu.

 

Karena itu, tentukan beberapa penasehat khusus bidang bisnis yang kamu geluti untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnis. Jangan sampai bisnis kamu gagal karena terlalu banyak mendengarkan orang lain. Satu lagi, selalu percaya intuisi kamu ya.

 

Artikel Terkait: Kiat sukses.

  1. Apa Cara Cepat Sukses? Mulailah dengan Rajin Membaca
  2. 10 Cara Tambah Sukses Saat Memasuki Usia 30
  3. 5 Ritual Pagi Para Tokoh Sukses Dunia, Mau Coba?
  4. Tidak Memperkuat Pemasaran

 

Marketing adalah salah satu kunci dalam keberhasilan bisnis. Sebuah gagasan nggak bakal berjalan mulus tanpa dukungan pemasaran yang oke. Apalagi di zaman digital. Kamu harus rajin dan menguatkan pemasaran online.

 

Salah satu caranya adalah dengan optimalisasi search engine untuk memudahkan distribusi produk kamu di internet.

 

KTA, tunaiku, pinjaman online, pinjaman modal, pinjaman mudah, KTA
kesalahan berbisnis, modal bisnis, pinjaman tunai, tunaiku, KTA, pinjaman online, pinjaman mudah

4

 

4. Nggak memperluas jaringan bisnis

Jika ingin bisnis berhasil, kamu harus memiliki jaringan yang luas. Bangunlah network dengan orang-orang yang bisa mengembangkan usaha kamu, mulai dari ahli industri hingga konsumen dan calon konsumen.

 

5. Tak Mengenali Profil Konsumen

Saat menjalankan bisnis, kamu harus selalu mendengarkan atau menangkap keinginan konsumen kamu seperti apa. Produk dan konsep pemasaran yang hebat sekali pun nggak akan memenangkan hati konsumen bila yang kamu tawarkan nggak sesuai dengan keinginan mereka.

 

Jangan sampai kamu rugi hanya karena menutup telinga dari konsumen. Kenalilah perilaku konsumen serta jenis produk yang mereka sukai sebelum melemparkan produk ke pasaran.

 

There’s no excuses for mistakes in business. Itulah yang saya sepakati dengan rekan saya saat memulai bisnis online shop kami. Saya menghindari hal-hal di atas sebisa saya untuk menghindari kegagalan. He-he. Semoga kamu juga begitu ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett