SWARA – Pada hari Rabu, 4 November 2020 lalu, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 sudah resmi ditutup. Dilansir dari Kompas, peserta yang mendaftar untuk gelombang 11 ini mencapai lebih dari 5 juta orang. Lalu, setelah mendaftar, kapan pengumuman Kartu Prakerja gelombang 11 dilakukan?

 

Sebagai pendaftar Kartu Prakerja gelombang 11, kamu mungkin menanti-nantikan informasi mengenai waktu pengumuman. Sebaiknya, simak dulu beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar pendaftaran dan pengumuman peserta Kartu Prakerja. 

 

Waktu Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 11

 

Hingga saat ini, belum ada waktu khusus yang ditetapkan untuk mengumumkan peserta yang lolos Kartu Prakerja. Akan tetapi, pihak Prakerja telah memastikan bahwa pengumuman Kartu Prakerja gelombang 11 akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

 

Di gelombang 11, tersedia kuota untuk 400.000 peserta. Dikutip dari CNBC Indonesia, kalau kamu menjadi terpilih sebagai peserta yang lolos, kamu akan mendapatkan pesan singkat atau SMS dari PMO Kartu Prakerja yang menandakan status kelolosanmu.

 

Adanya gelombang 11 pada pendaftaran Kartu Prakerja ditujukan untuk mengembalikan dana peserta yang sudah dicabut status kepesertaannya. Dari gelombang 1-10, kepesertaan yang dicabut telah mencapai 382.868 orang. 

 

Artikel terkait: Belum Menerima Insentif Prakerja? Mungkin Ini Penyebabnya

 

Peserta yang Gagal Lolos Sampai Tiga Kali

 

Sebagian dari kamu mungkin sudah mencoba untuk mendaftar Kartu Prakerja pada gelombang-gelombang sebelumnya, namun tak kunjung lolos. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini, salah satunya ketidaksesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

 

Selain itu, penyebab keduanya adalah nama peserta telah masuk ke daftar kelompok yang dilarang mengikuti program Prakerja. Peserta yang dilarang ini meliputi anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, serta dewan pengawas BUMN dan BUMD. 

 

Kalau kamu sudah mengalami kegagalan pendaftaran hingga tiga kali, kamu bisa mengadukannya ke pihak Prakerja. Caranya dengan mengisi surat pernyataan melalui link berikut

 

Nantinya, surat pernyataan yang telah diisi bisa kamu kirimkan melalui email ke kepesertaan@prakerja.go.id. Pengiriman surat pernyataan akan dicek oleh Manajemen Pelaksana Prakerja. 

 

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi call center Dukcapil untuk melaporkan masalah perbedaan NIK dengan KK di 1500-538. 

Agar kamu tidak ketinggalan informasi seputar Prakerja, termasuk waktu pengumuman Kartu Prakerja gelombang 11, kamu bisa mengikuti akun media sosial resmi Prakerja di Instagram prakerja.go.id.