SWARA – Dalam rangka mendukung peningkatan kompetensi kerja masyarakat Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan Kartu Prakerja sejak April lalu. Setelah melewati beberapa gelombang, akhirnya hari ini gelombang empat resmi dibuka.

 

Pelaksanaan program Kartu Prakerja masih sama dengan gelombang sebelumnya. Pada gelombang ini, pemerintah membuka kuota peserta hingga 800 ribu orang. Pendaftaran bisa dilakukan melalui dua cara, baik secara online maupun offline

 

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kartu Prakerja

 

Tentunya, kamu sudah tidak asing dengan program Kartu Prakerja. Menurut Kementerian Ketenagakerjaan, program ini merupakan bantuan biaya pelatihan dan insentif untuk meningkatkan kompetensi. Secara khusus, program ini difokuskan pada pekerja yang dirumahkan, pencari kerja, atau pelaku usaha mikro dan kecil yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. 

 

Sejak program ini dimulai, sudah ada empat gelombang yang dilalui. Setiap gelombang memberikan insentif sebesar Rp 3,55 juta untuk setiap peserta. Dilansir dari Kompas, insentif tersebut terbagi atas voucher sebesar Rp 1 juta untuk membeli kelas pelatihan, serta insentif per bulan sebesar Rp 600 ribu yang bertotal Rp 2,4 juta.

 

Jika kamu mendaftar sebagai peserta, kamu akan mendapat kesempatan untuk mendapatkan pelatihan dari sejumlah tempat pelatihan daring yang telah bekerja sama dengan pemerintah. 

 

Syarat dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja

 

Untuk bisa menjadi peserta dari program Kartu Prakerja, kamu harus memenuhi tiga syarat utama yang telah ditetapkan. Syarat tersebut meliputi status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. 

 

Jika kamu memenuhi semua syarat, kamu bisa mulai melakukan pendaftaran. Berikut ini cara mendaftar Kartu Prakerja: 

 

 

  • Membuat akun

 

Sebelum memulai, kamu harus lebih dulu memiliki akun Prakerja. Masuklah ke situs resmi Kartu Prakerja dan membuat akun menggunakan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi. Setelah itu, tunggu notifikasi melalui email dari Prakerja lalu konfirmasi akun barumu lewat link yang tertera pada email tersebut. 

 

 

  • Mengisi data diri

 

Setelah akunmu diaktifkan, sekarang waktunya untuk mengisi data diri. Kamu akan diminta untuk mencantumkan nomor KTP, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, pendidikan, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu mengisi kolom-kolom yang tersedia. Pada tahap akhir, kamu juga akan diminta untuk mengisi kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS. 

 

 

  • Mengikuti tes

 

Di tahap terakhir, kamu harus mengikuti tes kemampuan dasar dan motivasi yang berdurasi 15 menit. Tes tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan untuk menimbang kelayakan kamu menjadi peserta Prakerja. Setelah menyelesaikan tes, kamu bisa melakukan pendaftaran ke gelombang yang mau dipilih. 

 

Prosedur Mendapatkan Insentif Kartu Prakerja

 

Jika kamu sudah ditetapkan sebagai peserta program Kartu Prakerja yang sah, maka kamu berhak mendapatkan insentif. Terdapat dua jenis insentif, yaitu insentif pelatihan sebesar Rp 2,4 juta yang dibagikan dalam empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50 ribu per survei. Nantinya, kamu akan melewati tiga survei, sehingga total insentif kebekerjaan yang kamu dapatkan berjumlah Rp 150 ribu. 

 

Dalam situs resmi Prakerja, dinyatakan bahwa kamu baru bisa mendapatkan insentif setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat. Jika kamu mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif pelatihan akan diberikan untuk pelatihan yang pertama kali kamu ikuti. 

 

Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk memberi ulasan dan penilaian terhadap lembaga pelatihan daring yang kamu ikuti. Nantinya, insentif akan diberikan maksimal tujuh hari kerja setelah semua persyaratan terpenuhi. 

 

Kalau kamu merasa telah memenuhi syarat, kamu bisa mulai mencoba untuk mendaftar pada program Kartu Prakerja gelombang empat ini. Pastikan kamu sudah mengetahui prosedur pendaftaran serta pemberian insentif dengan tepat, supaya tidak kebingungan saat menjalankan pelatihan nantinya.