Beranda > Karier Sukses > Ini Dia 10 Tips Sukses Bangkit dari Kegagalan

Ini Dia 10 Tips Sukses Bangkit dari Kegagalan

Ini Dia 10 Tips Sukses Bangkit dari Kegagalanwatermark

TUNAIKU.COM – Akhir-akhir ini dunia sedang dipenuhi berita yang nggak enak. Dari bencana alam di Puerto Rico, kasus penembakan di Las Vegas, ditambah dinamika politik di Indonesia yang nggak ada bagus-bagusnya. Ampun, deh. Walaupun mungkin nggak punya kenalan yang terdampak peristiwa itu, tapi tetap saja, mood kamu terpengaruh, kan?

Itu masih peristiwa eksternal, yang sebenarnya nggak berhubungan sama kamu. Belum lagi, masalah pribadi seperti pertemanan, keluarga, kantor, hingga romansa. Tanpa disadari, beragam masalah itu juga memengaruhi kesehatan mentalmu, lho.

Nah, di tulisan ini, saya akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu praktikkan, utnuk menjaga kesehatan mental sehabis tragedi maupun kegagalan. Apa saja?

 

Artikel terkait: Hindari Kebiasaan Ini Agar Kamu Sukses

  1.   5 Pola Pikir Ini Bisa Menghambat Kesuksesan. Wajib Dihindari!
  2.    8 Kebiasaan yang Harus Kamu Hilangkan Jika Ingin Sukses
  3.   Hindari Kebiasaan Buruk yang Bisa Menunda Kesuksesan Berdasarkan Golongan Darahmu

1. Lakukan sesuatu

Langkah pertama untuk mendapatkan sesuatu, apa pun itu, adalah dengan melakukan sesuatu. Sekecil apa pun perbuatan, pasti ada perbedaan yang nantinya akan kamu hasilkan. Memang, motivasi dan harapan itu bagus. Namun, yang terpenting adalah aksi. Lakukan sesuatu dan cobalah menjadi bagian dari hal yang positif serta solutif. Niscaya kamu akan merasakan hal yang positif juga.

 

2. Matikan internet

Siapa yang sekarang nggak butuh internet? Segala macam hal bisa kamu dapatkan dari situ. Namun, harus diingat–sebaik apa pun manfaatnya–sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Terlebih kalau kamu sedang tertimpa masalah.

Mungkin saja sebenarnya niat kamu hanya ingin mencari informasi apa yang terjadi di media sosial. Namun, siapa sangka, kamu justru menemukan oknum-oknum yang mempolitisasi sebuah kejadian–atau bahkan menjadikannya sebagai bahan lawakan. Jika begitu, segera matikan internet kalau kamu sudah merasa terdampak aura negatif!

 

3. Hubungi orang yang berarti untuk kamu

Percayalah, nggak ada hal yang paling membuat kamu tenang selain mendengar suara orang yang kamu sayangi. Mungkin kamu hanya berbicara 5 menit. Namun, efeknya bisa saja jadi sepanjang hari, lho.

 

4. Pergi ke luar

Sesekali, terlebih kalau kamu sedang nggak enak hati, cobalah pergi ke luar. Meninggalkan lingkungan sekitar untuk sementara, bisa menetralkan suasana hati, lho. Cukup ke luar sebentar, dan amati saja sekitarmu.

 

5. Bacalah buku

Buku adalah jendela dunia. Berkaca dari ungkapan itu, kamu tentu bisa berada di “dunia lain” jika membaca buku. Jadi, alih-alih membuka 9gag atau nonton Youtube, kamu bisa membaca buku untuk menenangkan pikiran.

 

Pinjaman Tunaiku

6. Tonton sesuatu yang lucu

Sudah jadi pengetahuan umum, tertawa adalah obat terbaik. Untuk menciptakannya, kamu bisa mencari video lucu di Youtube, menonton film atau justru mengulang serial komedi favoritmu. Bebas!

 

Artikel terkait: Hal Yang Harus Kamu Tahu Sepanjang Perjalanan Karier

  1.   Benarkah Popularitas di Kantor Memengaruhi Karier dan Kesuksesanmu?
  2.     Ingin Naik Gaji? Jangan Risau, Ikuti 6 Tips dan Trik Berikut!
  3.   6 Nasihat Karier Ambisius Tingkat Medium yang Harus Diketahui Usia 23 Zaman Sekarang

 

7. Kerjakan sesuatu yang ‘berguna’

Lampiaskan perasaan negatifmu menjadi sesuatu yang berguna. Hasilnya luar biasa, lho. Misalnya, saat sedang mengalami perasaan negatif, saya biasanya menulis. Menulis apa saja, seperti ulasan makanan beberapa hari yang lalu, review album yang baru saya dengar padahal sudah keluar 10 tahun yang lalu, atau sekadar curhat akan hari ini. Selesai menulis, perasaan negatif saya biasanya hilang.

8. Olahraga

Efek olahraga nyata adanya. Selain mengeluarkan keringat, perasaan negatif pun biasanya ikut keluar seiring kamu berolahraga. Mungkin kamu malas melakukannya. Namun, daripada hanya uring-uringan nggak jelas, lebih baik mana? 

9. Masak makananmu

Tahan keinginanmu untuk makan di luar. Sebagai gantinya, kamu bisa memasak makanan sendiri. Namun, jangan yang instan, ya. Minimal, nasi goreng, deh. Nah, setelah selesai, kamu bisa memasang musik lalu sajikan makanan di piring mewah (kalau ada). Buat seolah-olah kamu sedang berada di restoran mewah.

10. Lakukan sesuatu yang baik kepada sesama

Entah itu memberikan uang kepada pengamen, tip lebih bagi pramusaji restoran, menyumbang pakaian, menjadi relawan, hingga sekadar update status positif di media sosial–apa pun bisa kamu lakukan, kok. Meskipun hanya hal kecil, setidaknya itu besar untuk dirimu, bukan?

Jadi, bagaimana? Sudah siap untuk bangkit kembali dari kegagalan?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett