Beranda > Karier Sukses > Ini 7 Kiat Mempercantik Profil LinkedIn Agar Profesionalitasmu Kian Dilirik!

Ini 7 Kiat Mempercantik Profil LinkedIn Agar Profesionalitasmu Kian Dilirik!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Ini 7 Kiat Mempercantik Profil LinkedIn Agar Profesionalitasmu Kian Dilirik!watermark

TUNAIKU.COM – Buat saya, memiliki LinkedIn nggak kalah penting dibandingkan Instagram. LinkedIn merupakan salah satu jembatan untuk kesempatan berkarier yang lebih luas, baik untuk mencari pekerjaan maupun berjejaring. Apalagi, nggak sedikit perusahaan yang mencari calon karyawannya lewat profil LinkedIn.

 

Pada dasarnya, LinkedIn adalah resume online yang bisa dilihat siapa saja, mulai dari sesama pekerja hingga perekrut. Makanya, saya pun berusaha menampilkan diri secara profesional di sana.

 

Nah, agar profesionalitasmu kian dilirik, simak beberapa kiat mempercantik profil LinkedIn berikut ini.

 

Artikel Terkait: Simak Ini Agar Kariermu Kian Cemerlang!

  1. 7 Cara Memperluas Network demi Kesuksesan Bisnis dan Karier
  2. Inilah Pentingnya Personal Branding Bagi Kesuksesan Kariermu!
  3. 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Idaman Meski Minim Pengalaman

 

1. Pajang foto yang profesional

Saat seseorang mendarat di profil kamu, foto diri adalah hal yang pertama kali terlihat. Profil LinkedIn yang disertai foto diri tentu akan lebih dilirik. Coba bayangkan kalau CV nggak ada fotonya, pasti bakal langsung di-skip oleh perekrut.

 

Pasanglah foto yang membuatmu tampak profesional. Contohnya, yang menampilkan headshot dengan wajah tampak jelas. Kamu nggak harus memakai pas foto yang kaku, kok. Namun, hindari memajang foto selfie, ya. Terakhir, jangan lupa tersenyum!

 

2. Tuliskan headline yang menonjol

Headline menjadi pertimbangan seseorang untuk melihat profilmu lebih lanjut. Secara default, headline menampilkan posisi dan tempat bekerjamu saat ini. Namun, kamu nggak harus mengikuti pakem ini, kok. Agar tampak menonjol, masukkan hal yang menjadi spesialisasimu. Pertimbangkan juga untuk memasukkan kata kunci yang penting dan sesuai biar orang lain lebih gampang menemukanmu.

 

3. Isi ikhtisar dengan sejumlah prestasi yang telah kamu capai

Ikhtisar adalah ringkasan dari riwayat profesional kamu yang tampak setelah foto, nama, dan headline. Di sinilah kamu menunjukkan siapa dirimu sebelum seseorang menggulir laman profilmu lebih jauh. Jadi, pastikan kamu memasarkan diri dengan baik di bagian ini.

 

Isi ikhtisar dengan riwayat singkat karier serta prestasi-prestasi yang telah kamu capai selama bekerja. Tambahkan juga berkas media yang relevan, seperti gambar dan video.

 

4. Pastikan profilmu lengkap

Setelah membereskan bagian muka, kamu bisa langsung menuju ke detail profil. Usahakan melengkapi profilmu dengan lengkap. Mulai dari pengalaman kerja, pendidikan, proyek yang pernah dikerjakan, kemampuan, sertifikasi yang diperoleh, hingga pengalaman volunteer atau magang. Kalau pengalaman magang sesuai dengan tujuan kariermu saat ini, jangan ragu mencantumkannya di pengalaman kerja.

 

5. Jaga agar pengalaman kerjamu tetap relevan

Kamu nggak harus mencantumkan semua pengalaman kerja yang pernah kamu lakukan, kok. Cantumkan saja yang relevan dengan karier yang tengah kamu bangun. Kalau memang nggak ada sangkut pautnya, nggak perlu memaksakan diri.

 

6. Tambahkan dokumen, gambar, atau tautan pada pengalaman kerjamu

Kamu bisa menambahkan berkas media seperti dokumen dan gambar ke dalam pengalaman kerjamu. Kalau kamu memiliki portofolio online atau blog yang berhubungan dengan pekerjaan, jangan lupa mencantumkan tautannya di pengalaman kerja yang sesuai. Dijamin profilmu bakal menarik untuk dilihat!

 

Artikel Terkait: Tips Menyintas Wawancara Kerja

  1. Ingin Sukses Wawancara Kerja? Kenakan 3 Warna Pakaian Ini!
  2. Kamu Orang Pemalu? Ini Tips Sukses dan PD Jalani Wawancara Kerja
  3. Waspadai 9 Bahasa Tubuh yang Bikin Kamu Nggak Lolos Interview!

 

7. Ubah URL profil dengan yang lebih personal

Nah, yang satu ini juga nggak kalah penting. Default URL yang berupa rangkaian angka bisa kamu ubah menjadi lebih personal. Cara ini membuat tautan profil LinkedIn milikmu lebih menarik saat disebarkan. Dengan mengubah URL, orang lain juga lebih mudah menemukanmu.

 

Sangat disarankan untuk mengubah URL profil LinkedIn sesuai dengan namamu. Sebagai contoh, punya saya adalah www.linkedin.com/in/paulusrisang/.

 

Nah, kini saatnya kamu membuka akun LinkedIn-mu dan menerapkan kiat-kiat di atas. Semoga dengan cara ini, profesionalitasmu makin dilirik, ya!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett