Beranda > Karier Sukses > Ini 10 Jurusan Kuliah yang Dapat Membahagiakanmu!

Ini 10 Jurusan Kuliah yang Dapat Membahagiakanmu!

Ini 10 Jurusan Kuliah yang Dapat Membahagiakanmu!watermark

TUNAIKU.COM – Apakah kamu bahagia dengan jurusan yang kamu pilih saat kuliah? Mengapa kamu bahagia? Ketika berbicara soal alasan, hasilnya cenderung subjektif, bukan? Sebagian orang menilai jurusannya membahagiakan karena proses pembelajaran yang seru. Tidak hanya karena materi akademisnya, namun karena jurusan tersebut membekalimu dengan kemampuan praktik serta mentalitas tangguh untuk bersaing di dunia kerja.

Beberapa alasan sebuah jurusan membuatmu bahagia adalah cakupan lapangan kerjanya yang luas. Bayangkan betapa bahagianya kamu mengetahui jurusanmu lah yang paling banyak dibutuhkan para perusahaan di luar sana.  Bisa juga ilmu yang kamu pelajari di jurusan itu akan berguna bagi masyarakat luas.

Nah, apa saja sih jurusan paling membahagiakan berdasarkan alasan-alasan di atas? Siapa tahu kamu tertarik melanjutkan S2. Berikut Tunaiku rangkum menjadi sepuluh daftar:

 

(Artikel terkait:5 Kisah Orang Tua Hebat Berpenghasilan Minim Berhasil Antarkan Anaknya Menuju Kesuksesan)

 

1. Akuntansi

Semua perusahaan yang berorientasi profit pasti membutuhkan jebolan dari jurusan akuntansi. National Association of Colleges and Employers (NACE), sebuah lembaga penelitian yang menghubungkan penempatan karir sekolah lanjutan merilis data bahwaakuntansi menjadi jurusan yang paling banyak dicari pada 2016. Jurusan ini menduduki peringkat pertama dari 11 jurusan teratas S1 yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar.

 

2. Ilmu Komputer atau Teknik Informatika

Peran komputer, software, perangkat teknologi lainnya sudah menjadi hal penting di seluruh bidang, terutama industri. Tentu saja, ini membuat peluang kerja bagi lulusan ini terbuka lebar. Bahkan NACE mencatat, setelah akuntansi, jurusan ilmu komputer atau teknik informatika lah yang menduduki peringkat kedua sebagai jurusan paling mudah mendapatkan pekerjaan.

 

3. Manajemen

Jika kamu pernah mengunjungi job fair, perhatikan lah. Marketing akan menjadi lowongan yang banyak ditawarkan. Kenapa? Karena setiap bidang usaha pasti memerlukannya. Sehebat dan secanggih apapun produk yang dijual, tetap tidak akan mendatangkan keuntungan maksimal jika tidak dipasarkan dengan tepat.

 

SWARA KAMU

 

4.  Psikologi

Satu hal yang mengasyikkan dari Ilmu Psikologi adalah kesempatan untuk mempelajari manusia. Kamu dapat menggali potensi dirimu sendiri melalui ilmu ini. Tidak berhenti disitu, ilmu tersebut bisa berguna untuk menolong orang lain yang sedang dilanda kesulitan hidup. LIhatlah bagaimana psikolog menjadi salah satu pekerjaan yang disegani. Selain bisa mengembangkan profesionalitasmu, tentu kamu makin bahagia jika bisa membantu kehidupan orang lain, kan?

 

5. Komunikasi

Mengapa lulusan jurusan ini berbahagia? Seperti dilansir www.berkuliah.com, mengambil jurusn Komunikasi akan memaksamu untuk berpikir kreatif. Tingkat kompetisi di jurusan ini juga tinggi. Ada banyak kompetisi yang menuntut mereka menghasilkan banyak karya, entah itu film, video, bahkan iklan. Selain itu, kuliah di Komunikasi akan memperluas wawasanmu. Kamu tidak hanya belajar mengenai tentang cara berkomunikasi saja, tetapi juga bidang-bidang lainnya. Kenapa? Karena pada dasarnya Komunikasi merupakan kajian yang berasal dari multi-disiplin ilmu. Di perkuliahan kamu akan mempelajari komunikasi psikologi, filsafat komunikasi, komunikasi pemasaran, komunikasi jurnalistik,komunikasi periklanan, dan sebagainya.

 

(Artikel terkait: Meski Belum Punya Dana Kuliah, 5 Jurusan SMK Ini Mampu Bimbing Anakmu Menggapai Masa Depan!)

 

6. Teknik Perminyakan

Jika banyaknya jumlah gaji menjadi tolok ukur kebahagiaanmu, maka menjadi lulusan Teknik Perminyakan adalah salah satu cara untuk mencapainya. Banyaknya pendapatan lulusan Teknik Perminyakan dikarenakan pekerjaan mereka membutuhkan kompetensi tinggi serta memiliki risiko yang tinggi pula.

 

7. Teknik Industri

Berbeda dari jurusan Teknik lainnya, konsep teknik dalam jurusan Teknik Industri lebih bersifat interdisipliner, bukan teknik dasar. Ini berarti, Teknik Industri melibatkan banyak disiplin ilmu, bahkan tidak hanya ilmu teknik tetapi juga manajeman dan psikologis .  Jadi, lulusan Teknik Industri cenderung memiliki ilmu yang menyeluruh, bukan? Selain itu, seperti dilansir www.berkuliah.com, survei di beberapa negara menunjukkan bahwa lulusan teknik industri adalah salah satu lulusan yang memiliki gaji tertinggi.

 

8. Teknik Sipil

Lagi-lagi teknik. Yap. Lulusan teknik sipil patut berbahagia. Di tengah geliat pembangunan Indonesia, prospek kerja jurusan ini sangat luas dan banyak dibutuhkan.

 

9. Pertanian

Mengapa lulusan jurusan ini harus berbahagia? Jawaban dari pertanyaan ini tidak lepas dari negara kita yang menyandang status sebagai negara agraris. Sementara di sisi lain, Indonesia masih banyak melakukan impor beras. Nah, ini menjadikan lulusan pertanian sebagai lulusan yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengerjakan tugas tersebut.

 

10. Teknik Pertambangan

Menurut Ina Liem, penulis buku berjudul Tujuh Jurusan Bergaji Besar, jurusan Teknik Pertambangan merupakan jurusan yang menjanjikan gaji besar. Kamu bisa mendapatkan gaji double digit di momen pertama masuk kerja. Wah, tentu membahagiakan bagimu yang menjadikan materi sebagai salah satu penentu kebahagiaan.

 

(Artikel terkait: Mau Tahu 10 Pekerjaan Paling Menjanjikan di 2017? Ini Dia Daftarnya!)

 

Nah, alasan kebahagiaan tentu saja sangat subjektif. Menjadi lulusan dari jurusan apapun tetap dapat membuatmu berbahagia, sebab kemampuan kita sendirilah yang menentukan hasil akhir kebahagiaan.

 

Bagaimana artikel yang kamu baca hari ini? Sebelum keluar laman ini, yuk, kenalan dulu sama Tunaiku. Dijamin nggak bakal menyesal. Tunaiku bisa menjadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu.

 

Di era teknologi ini, kita dipermudah dengan pinjaman online tanpa agunan. Langsung aja kita buka link berikut ini: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett