Mungkin tidak sedikit dari kamu yang punya cita-cita untuk bisa bergabung dengan institusi Kepolisian Republik Indonesia atau Polri. Namun, informasi mengenai biaya sekolah Akpol atau Akademi Kepolisian tergolong masih minim.

 

Padahal, jalur pendidikan Akpol cukup banyak diminati oleh para pelajar SMA/sederajat karena ada kesempatan yang lebih besar untuk berkarier sebagai perwira polisi lewat jalur ini. 

 

Apa itu sekolah Akpol?

 

Akpol merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah lembaga pendidikan kepolisian. Lulusan Akpol langsung diangkat menjadi perwira polisi yang ditempatkan diseluruh Indonesia.

 

Berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, para siswa Akpol ini akan ditempa dan didik selama 4 tahun dengan pangkat Inspektur Dua Polisi atau IPDA atau perwira pertama.

 

Lembaga pendidikan ini beroperasi di bawah naungan Kepala Lembaga Pendidikan Polri. Selain mendapatkan pangkat IPDA, lulusan pendidikan AKPOL akan memperoleh gelar S.IK (Sarjana Ilmu Kepolisian).

 

Persyaratan masuk Akpol

 

Sebelum mengetahui biaya sekolah Akpol, kamu perlu lebih dulu memahami syarat agar bisa masuk ke sekolah ini. 

 

Ada sejumlah persyaratan umum untuk dapat bersekolah di Akpol, syarat tersebut antara lain meliputi:

 

  • Bukan merupakan anggota / mantan Polri / TNI / PNS dan tidak pernah mengikuti pendidikan Polri / TNI

 

  • Minimum pendidikan SMA/MA (bukan lulusan paket C) dan memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan untuk mendaftar AKPOL

 

  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 21 tahun

 

  • Memiliki tinggi dan berat badan yang seimbang. Untuk Pria: 165 cm dan perempuan: 163 cm

 

  • Belum pernah menikah baik secara legal/agama/adat dan belum memiliki anak biologis.

 

  • Tidak bertato/ bertindik  atau memiliki bekas tindik di telinga dan anggota badan lain, kecuali disebabkan oleh ketentuan agama/adat

 

  • Bagi calon peserta yang gagal mendaftar karena pernah melakukan tindak pidana, maka tidak dapat mendaftar kembali di periode berikutnya.

 

  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat dari lembaga pendidikan yang dibiayai oleh pemerintah.

 

  • Bebas narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan oleh Panpus/Panda.

 

  • Tidak ikut serta dalam organisasi atau paham yang menentang Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika (dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai).

 

  • Tidak melanggar norma (dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai).

 

  • Membuat surat pernyataan di atas materai yang menyatakan peserta siap ditempatkan di seluruh Indonesia pada semua bidang tugas Kepolisian. Surat juga ditandatangani oleh orang tua/wali.

 

  • Membuat surat pernyataan bermaterai tidak akan melakukan KKN kepada siapapun selama proses penerimaan terpadu. Surat pernyataan ditandatangani oleh calon peserta dan orang tua/wali.

 

  • Untuk lulusan luar negeri wajib mendapatkan pernyataan dari Dikdasmen Kemendikbud

 

  • Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun

 

  • Memperoleh persetujuan orang tua/wali

 

  • Tidak terikat perjanjian Ikatan Dinas pada instansi lain

 

  • Setelah dinyatakan lulus calon peserta wajib melampirkan kartu BPJS Kesehatan

 

  • Mengikuti tes administrasi, tes kesehatan, tes psikologi, tes kesamaptaan, tes antropometri, tes akademik dan tes pendalaman mental kepribadian

 

Persyaratan untuk memasuki sekolah Akpol memang tidak sedikit. Kalau kamu sungguh-sungguh ingin bergabung, pastikan kamu sudah memenuhi semua syarat di atas, ya. 

 

Tata cara pendaftaran sekolah Akpol

 

Lalu, kalau sudah memenuhi syarat dan mempersiapkan biaya sekolah Akpol, saatnya kamu untuk mengetahui cara mendaftarkan diri. 

 

Untuk tahun ajaran 2021/2022 tata cara pendaftaran Akpol dilakukan secara online. Kamu hanya perlu menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Berikut prosedur dan cara pendaftaran Akpol untuk tahun akademik 2021/2022:

 

  1. Buka situs resmi penerimaan anggota Polri pada penerimaan.polri.go.id
  2. Pilih jenis seleksi AKPOL pada laman utama yang muncul
  3. Isi formulir registrasi secara lengkap, mulai dari identitas diri, identitas orang tua, dan data lain yang diperlukan pada laman tersebut
  4. Pastikan setiap data benar dan sudah sesuai dengan berkas identitas yang Anda miliki. Periksa kembali sebelum memasukkan data pada sistem
  5. Jika berhasil, maka Anda akan mendapatkan Nomor Registrasi Online, lengkap dengan username dan password yang akan digunakan untuk masuk ke laman dashboard dari sistem pendaftaran
  6. Kamu akan mendapatkan hasil cetak formulir registrasi online yang digunakan untuk melakukan verifikasi di Polda setempat
  7. Verifikasi harus dilakukan selambat-lambatnya 4 hari setelah pendaftaran online dilakukan

 

Biaya sekolah Akpol

 

Nah, kalau kamu ingin masuk sekolah Akpol, tidak perlu khawatir dengan biayanya. Karena, secara resmi dan legal, biaya sekolah Akpol tidak dipungut biaya alias gratis.

 

Kamu bisa menjadi taruna atau taruni di Akpol tanpa perlu membayar biaya apapun. Biaya sekolah Akpol gratis karena Akpol merupakan sekolah ikatan dinas yang biayanya telah ditanggung oleh pemerintah. 

 

Lokasi sekolah Akpol

 

Seperti yang sudah disebutkan di awal, sekolah Akpol berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Persisnya, alamat sekolah Akpol ada di: 

 

Komplek kampus Akademi Kepolisian Republik Indonesia berlokasi di Jalan Sultan Agung Nomor 131, Kelurahan Candi Baru, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

 

Selama bergabung ke sekolah Akpol, kamu harus tinggal di asrama selama menjalani masa pendidikan. Karena, di Akpol pendidikannya mengikuti pendekatan pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan.

 

Masa pendidikan sekolah Akpol

 

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun atau 8 semester.

 

Terdapat  beberapa tingkatan untuk taruna dan taruni yang menempuh pendidikan di Akpol, yaitu:

 

  1. Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar), umumnya tingkat ini ditempuh saat taruna/i berada di awal semester 1 selama 4 bulan
  2. Bhayangkara Dua Taruna (Bharadatar) merupakan tingkatan yang ditempuh pada akhir semester 1 selama 4 bulan dan terdiri dari 22 SKS.
  3. Bhayangkara Satu Taruna (Bharatutar), ditempuh pada semester 2 selama 6 bulan dengan total 21 SKS
  4. Brigadir Dua Taruna (Brigdatar), pangkat ini ditempuh selama 2 semester / 1 tahun. Pada semester III sebanyak 20 SKS dan pada semester 4 sebanyak 22 SKS
  5. Brigadir Satu Taruna (Brigtutar) merupakan tingkat yang ditempuh selama 1 tahun dengan total 21 SKS di semester V dan 22 SKS di semester 6
  6. Brigadir Taruna (Brigtar) atau disebut juga Cadet Brigadier yaitu pangkat yang ditempuh selama 2 semester. Semester 7 terdiri dari 21 SKS dan tambahan 4 SKS di semester 8

 

Jenjang karier lulusan sekolah Akpol

 

Setelah wisuda, para taruna/taruni akpol akan langsung mendapatkan penempatan dinas sesuai bakat dan kemampuan masing-masing, sehingga tidak perlu melamar kerja lagi.

 

Artinya, setelah wisuda, lulusan Akpol akan langsung dilantik menjadi anggota polri aktif berpangkat Inspektur Dua Polisi, yang ditempatkan atau ditugaskan di bidang operasional maupun administrasi.

 

Di mana pun lulusan Akpol akan ditugaskan nantinya, mereka bekerja sambil belajar untuk meniti karir sekaligus mengabdi di bidang kepolisian. 

 

Berapa tahun sekali akan ada kenaikan pangkat atau perpindahan wilayah kerja, semua itu tergantung kinerja dan prestasi.

 

Bagaimana, masih tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Akpol? Jika bergabung dengan institusi kepolisian memanglah cita-citamu sejak kecil, maka kamu harus segera mendaftar sebelum gelombang pendaftaran Akpol tahun ini ditutup. Semoga sukses!