SWARA – Sudah jadi rahasia umum kalau kuliah di Jurusan Teknik Perminyakan menjadi incaran sejuta umat. Namun, sudahkah kamu memahami apa sih yang dipelajari di Jurusan Teknik Perminyakan? Bagaimana saja prospek kerjanya dan harus kuliah di mana?

 

Mungkin pengetahuan seputar Teknik Perminyakan selama ini di benakmu adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mengolah minyak mentah menjadi BBM, seperti Premium, Pertamax, Pertalite, solar, dan lain sebagainya. Kalau benar demikian, berarti kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.

 

Jurusan Teknik Perminyakan di Indonesia mempelajari cara menghitung cadangan hidrokarbon di reservoir, mengambil dari reservoir, dan memisahkan jenis hidrokarbon apa yang dipisahkan dari kilang. Selain itu, Teknik Perminyakan juga mempelajari bagaimana cara mengeksplorasi Sumber Daya Alam yang wudujdnya masih berupa fluida.

 

Teknik Perminyakan memiliki empat spesialisasi, yaitu reservoir, pemboran, produksi, dan geothermal. Kosentrasi Teknik Reservoir mempelajari cara menghitung cadangan hidrokarbon yang terakumulasi dan bagaimana caranya agar sumur tetap bisa diproduksi. Lalu kosentrasi Teknik pemboran mempelajari cara membuat lubang untuk mengalirkan hidrokarbon dari reservoir ke permukaan. Sedangkan Teknik Produksi mempelajari hal-hal seputar treatment hidrokarbon apabila sudah sampai ke permukaan agar mendapatkan hasil sesuai dengan standar yang diharapkan perusahaan.

 

Artikel terkait: Hal yang diperhatikan sebelum memilih jurusan kuliah

  1. Ini Pentingnya Tes Minat dan Bakat Sebelum Kamu Memilih Jurusan Kuliah!
  2. 5 Tips Anti Bingung Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat
  3. Minat Pada Bidang Bahasa, Baiknya Ambil Kuliah Apa?

 

Lulus dari jurusan ini kamu bisa bekerja di perusahaan oil and gas, entah itu perusahaan asing maupun BUMN. Masalah penghasilan jangan ditanya. Sudah pasti kamu akan tajir melintir kalau bekerja di sini. Namun, sebelum menuju sana, sebaiknya kamu memikirkan akan menempuh bidang studi ini di kampus mana. Beberapa yang bisa kamu pilih antara lain:

 

1. ITB

Kalau ITB adalah pilihanmu, pada semester 1 kamu akan menjumpai materi perkuliahan seperti Kalkulus, Kimia Dasar, Fisika Dasar, Pengantar Teknologi Sumber daya Bumi, dan lain sbegainya. Program yang ditawarkan S1, S2, dan S3. Untuk jenjang S1, di tahun 2015 biaya yang harus dikeluarkan setiap semester adalah Rp10 juta.

 

2. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Kampus ini mengadopsi kurikulum 2007 yang dilengkapi dengan RPS. Termasuk di dalamnya Kurikulum Nasional dan Lokal dengan total 144 SKS. Sebelum lulus, kamu harus menyelesaikan kerja praktik di mana kamu bisa tahu terapan ilmu di dunia kerja nanti seperti apa, penulisan komprehensif, dan menyelesaikan tugas akhir.

 

Melanjutkan studi di sini kamu harus membayar Minimal Dana Pendidikan (DPP). Ada pun DPP dibagi menjadi beberapa golongan. Golongan 2 sebesar Rp14 juta, golongan 3 sebesar Rp14,5 juta, dan untuk Warga Negara Asing sebesar Rp35 juta. Untuk SPP-nya sekitar Rp1,6—2,5 juta per semester.

 

survey swara tunaiku

 

3. Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan

Jenjang S1 Teknik Perminyakan di kampus ini memiliki dua kosentrasi. Pertama adalah Teknik Geologi Minyak dan kedua Teknik Industri Minyak. Jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi B.

 

Biaya yang dikeluarkan setiap gelombang pendaftaran berbeda-beda. Gelombang 1 sebesar Rp23,3 juta, gelombang 2 sebesar Rp24,3 juta, dan gelombang 3 sebesar Rp25,3 juta. Uang sebesar itu sudah mencakup Biaya Pengembangan Pembangunan (BPP), SPP, Asuransi, Registrasi Ulang, Seragam, DKM tahunan, SMPPS, dan matrikulasi.

 

Artikel terkait: Besaran biaya kuliah

  1. 5 Pilihan Kampus Swasta Terbaik di Surabaya Plus Kisaran Biaya Kuliahnya
  2. Universitas dengan Biaya Semesteran Termurah Se-Indonesia
  3. 10 Langkah Hidup Hemat Tapi Nggak Menderita Saat Kuliah di Luar Negeri

 

4. Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM Akamigas)

Sekolah Tinggi ini berdiri dan beroperasi di bawah Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Program yang ditawarkan meliputi Diploma I, II, III, dan IV. Setiap program pada dasarnya mempersiapkan peserta didik agar ahli di bidang minyak dan gas bumi dan juga panas bumi

 

Sekolah Tinggi yang berlokasi di Cepu ini mematok biaya Rp27 juta per semester. Biaya kuliah yang sudah berlaku sejak tahun 2013 tersebut meliputi biaya asrama, perkuliahan, praktikum, seragam kuliah, olahraga, serta biaya pengobatan.

 

Itu dia empat kampus yang memiliki Jurusan Teknik Perminyakan terbaik di Indonesia. Mana yang ingin kamu pilih?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI