Edukasi & Inspirasi Finansial dari Amar Bank

 

Setelah menempuh pendidikan, salah satu ritual penutup yang sering dinantikan adalah wisuda. Meskipun banyak yang menganggap wisuda hanya formalitas, tapi biaya wisuda tetap perlu dipersiapkan. 

 

Saat ini, baik wisuda sekolah maupun universitas umumnya dilakukan secara online. Biaya untuk melakukan wisuda ini tidaklah murah, bahkan tergolong tinggi.

 

Bagi kamu yang tidak mempersiapkan biaya tersebut, mungkin akan sedikit kesulitan saat waktunya membayar.

 

Pakai Tunaiku dari Amar Bank untuk penuhi kebutuhan wisuda anak. Cari tahu di sini.

 

Berbagai Biaya Wisuda yang Perlu Diperhitungkan

 

Berikut adalah beberapa biaya untuk keperluan wisuda yang perlu kamu persiapkan, baik untuk wisuda sekolah maupun perguruan tinggi:

1. Iuran wisuda

 

Biasanya iuran wisuda ini mencakup pembelian atau sewa toga, sewa tempat untuk melangsungkan upacara wisuda ini dan petugas foto saat wisudawan menjabat tangan rektor. 

 

Namun, di era pandemi seperti ini, biasanya iuran wisuda lebih terjangkau karena tidak harus membayar tempat. Tapi tetap diperlukan biaya untuk membayar jasa live streaming wisuda online

 

Kisaran harga iuran wisuda di setiap sekolah dan universitas pun berbeda-beda, mulai dari Rp500 ribu sampai Rp3 juta rupiah, bahkan lebih. 

 

2. Pakaian untuk wisudawan

 

Siswa SMA atau mahasiswa yang mengikuti wisuda biasanya diharuskan untuk mengenakan pakaian khusus. Tentunya, diperlukan dana untuk bisa mendapatkan pakaian ini.

 

Untuk peserta pria, biasanya diharuskan memakai kemeja dan jas. Sementara, untuk peserta wanita, akan diminta untuk memakai kebaya.

 

Pakaian wisuda itu bisa kamu beli sendiri ataupun mendapatkannya dengan cara sewa. Sesuaikan saja dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

 

3. Foto wisuda

 

Wisuda adalah salah satu momen yang selalu ingin diabadikan. Bagi kamu yang ingin mencetak foto wisuda dengan tampilan yang bagus, kamu perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. 

 

Jika kamu mau mengabadikan foto mengenakan toga bersama dengan keluarga, lalu mencetak dengan ukuran besar, kamu perlu mengeluarkan uang dengan kisaran Rp300 ribu hingga Rp3 jutaan.

 

Pastikan semua kebutuhan wisuda anak terpenuhi dengan Tunaiku dari Amar Bank. Cari tahu di sini!

 

4. Make up bagi wisudawan wanita

 

Biasanya, wisuda dianggap sebagai momen khusus. Jadi, bagi para peserta wisuda wanita pun sering memakai riasan khusus ketika akan mengikuti wisuda.

 

Riasan untuk wisuda tidak selalu bisa dilakukan sendiri. Kamu bisa memakai jasa make up artist. Jangan lupa masukkan biaya jasa ini sebagai bagian dari biaya wisuda yang perlu disiapkan.

 

5. Biaya sidang

 

Ada beberapa institusi pendidikan yang juga membebankan biaya sidang sebelum wisuda secara terpisah. Nominalnya pun bervariasi, mulai dari Rp600 ribu sampai Rp2 juta rupiah. 

 

Selama masa pandemi, sidang juga masih dilakukan secara online. Kalau kamu punya anak yang masih SMA atau SMK, mungkin biaya sidang tidak termasuk sebagai dana wisuda yang perlu disiapkan.

 

6. Biaya setengah semester

 

Biaya wisuda yang satu ini biasanya diajukan tergantung kebijakan dari universitas tempat kamu belajar. Beberapa universitas biasanya memiliki bulan wisuda yang sudah ditentukan seperti di bulan April atau Oktober. 

 

Misalkan, kamu sudah melakukan sidang di bulan September dan lulus, maka kamu tidak dikenakan biaya setengah semester ini saat akan melakukan wisuda. 

 

Namun jika kamu sidang di bulan November dan melakukan wisuda di bulan April, kemungkinan kamu akan terkena biaya setengah semester ini. 

 

Namun di beberapa universitas ada yang memiliki kebijakan pengembalian biaya setengah semester ini di saat mengambil toga atau momen lainnya.

 

Pinjaman Uang Online Aman Terdaftar di OJK

 

Mempersiapkan Biaya Wisuda Anak

 

Biaya wisuda mungkin relatif tergolong lebih rendah dibandingkan biaya semesteran anak, namun tetap menjadi momen yang membuat kamu perlu mengeluarkan uang tambahan. 

 

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana wisuda untuk anak kamu:

 

1. Mencari informasi dari alumni terkait wisuda

 

Informasi cukup mudah untuk ditemukan saat ini. Kamu bisa bergabung di group alumni atau mengikuti akun media sosial khusus para alumni.  

 

Atau bisa juga dengan menanyakan langsung ke kenalan kamu yang punya anak lulusan alumni universitas anak kamu.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Biaya Pendidikan

  1. Kesalahan dalam Mempersiapkan Uang Sekolah Anak
  2. Sekolah Negeri vs Sekolah Swasta

 

2. Menyiapkan biaya wisuda sejak anak masuk universitas

 

Kamu bisa menyiapkan biaya tersebut sedini mungkin dan menaruh biaya tersebut di instrumen investasi yang melawan inflasi. 

 

Kamu juga bisa gunakan reksa dana pendapatan tetap karena memiliki rentang waktu 2-3 tahun sebelum anak wisuda, dan saat dibutuhkan, bisa langsung mencairkan dana tersebut.

 

Momen wisuda memang momen yang dinanti-nantikan, apalagi untuk kamu yang telah berjuang selama mengemban pendidikan di universitas tersebut. 

 

Jangan sampai momen spesial wisuda jadi terhambat karena keterbatasan dana. Penuhi kebutuhan biaya wisuda dengan mengandalkan Tunaiku dari Amar Bank. Cek DI SINI.