SWARA- Pendidikan sangat penting bagi kesempatan bekerja di masa depan, sehingga mengenyam pendidikan yang tinggi perlu dikejar oleh setiap orang. Salah satu pendidikan tingkat lanjut adalah duduk di bangku kuliah.

 

Nah, bagi sebagian orang, memilih jurusan kuliah bukan suatu hal yang mudah, karena biaya kuliah yang dikeluarkan tinggi sehingga memilih jurusan kuliah nggak boleh sembarangan. Selain itu, dengan memilih jurusan kuliah yang tepat juga bisa membantu menentukan peluang dunia kerja yang baik di masa depan.

 

Kali ini saya ingin berbagi informasi jurusan kuliah yang ternyata paling banyak diincar di dunia kerja, sehingga bagi kamu yang ingin kuliah bisa mulai mempersiapkan untuk masuk jurusan-jurusan ini.

 

1. Jurusan teknologi informasi

Di zaman serba digital ini lulusan IT sangat diperlukan. Nggak hanya perusahaan teknologi saja, saat ini hampir di semua lini bisnis membutuhkan bantuan ahli IT untuk mengembangkan bisnis mereka karena era serba digital yang mulai membuat orang-orang terbiasa bertransaksi secara digital. Menjadi web developer, konsultan IT, hingga ahli sosial media adalah beberapa pekerjaan yang saat ini banyak dicari orang.

 

2. Jurusan pertambangan

Bahan tambang ternyata sangat dibutuhkan umat manusia dalam kehidupan sehari-hari, bahkan gadget yang kita gunakan untuk membaca artikel ini juga terbuat dari barang tambang. Ini adalah bukti bahwa manusia nggak akan bisa hidup tanpa barang tambang sehingga bisnis pertambangan masih sangat menggiurkan hingga kapan pun. Bagi kamu yang tertarik dalam dunia pertambangan, bisa mempersiapkan diri untuk masuk jurusan tambang dan bersaing untuk bekerja di perusahaan tambang yang gajinya luar biasa.

 

Artikel Terkait: Ragam Jurusan Kuliah

  1. Begini Pilih Jurusan Kuliah yang Menguntungkan di Masa Depan!
  2. Doyan Membaca? 6 Jurusan Ini Dapat Kamu Pilih untuk Mengembangkan Hobimu!
  3. 17 Jurusan Terunik di Dunia yang Belum Banyak Diketahui

 

3. Jurusan kedokteran

Jurusan yang masih menjadi primadona bagi para calon mahasiswa sejak dulu hingga sekarang. Menjadi dokter merupakan profesi yang menjanjikan dan banyak dibutuhkan apalagi jika kamu mengambil spesialisnya. Sudah terbayang berapa banyak penghasilan yang bisa kamu dapatkan, bukan?

 

4. Jurusan psikologi

Jangan remehkan pekerjaan seorang psikolog, karena pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar, lho. Selain itu, psikologi juga mencakup banyak bidang seperti industri, sosial, pendidikan, sampai kesehatan. Belum lagi jika kamu membuka jasa konsultan psikolog di luar kontrak kerjamu, sehingga jurusan psikologi cocok untuk dipilih bagi kamu yang suka memahami tingkah laku orang lain.

 

5. Jurusan desain komunikasi visual (DKV)

Jurusan ini baru booming beberapa tahun belakangan. Namun, akibat kemajuan zaman yang cepat kini banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan DKV untuk membantu menyampaikan pesan sebuah produk melalui desain agar produk bisa banyak terjual. Perusahaan berlomba-lomba menciptakan konten promo yang menarik melalui desain visual agar orang bisa tertarik untuk mengenal produk dan membelinya, sehingga lulusan DKV nggak perlu khawatir mencari pekerjaan kesana-kemari.

 

6. Desain produk

Produk merupakan faktor penting bagi perusahaan untuk tetap hidup dan berkembang, sehingga desainer sebuah produk yang inovatif sangat dibutuhkan untuk sebuah perusahaan bersaing dengan kompetitor. Industri desain produk membutuhkan orang yang kreatif dan bisa berpikir out of the box sehingga kamu yang berjiwa kreatif bisa masuk ke jurusan ini.

 

7. Jurusan akuntansi

Jurusan akuntansi banyak dibutuhkan perusahaan karena sebuah perusahaan nggak mungkin lepas dari kebutuhan pengaturan ekonomi baik berupa analisis ekonomi perusahaan, maupun keperluan pembayaran pajak perusahaan. Selain bekerja di perusahaan, lulusan akuntansi juga bisa membuka jasa akuntan publik, lho.

 

Artikel Terkait: Tips Pilih Kampus

  1. Ini Sisi Menarik Kuliah di Jurusan Hubungan Internasional
  2. 7 Referensi Kampus dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia
  3. Seluk Beluk Kuliah Jurusan Fisika Plus Rincian Biaya

 

8. Jurusan komunikasi

Ilmu komunikasi adalah jurusan yang sustainable untuk jenjang karier masa depan karena banyak lini perusahaan yang membutuhkan ahli komunikasi. Perusahaan-perusahaan media khususnya, mau apa saja media yang digunakan baik online maupun offline, kemampuan komunikasi tetap akan dibutuhkan.

 

9. Jurusan hukum

Jurusan yang stabil peminatnya sejak dulu hingga sekarang. Setiap perusahaan tentu harus menaati hukum yang berlaku sehingga di setiap perusahaan resmi selalu ada bagian legal officer untuk mengurus keperluan hukum perusahaan tersebut, sehingga kamu nggak perlu khawatir cari pekerjaan setelah lulus kuliah hukum nanti.

 

Setiap jurusan yang banyak dicari perusahaan adalah salah satu cara untuk menuju masa depan yang cerah. Namun, masa depan yang cerah perlu diusahakan dengan terus belajar dan berjuang karena kesuksesan merupakan usaha dari diri sendiri, lho. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang bingung pilih jurusan kuliah!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

   PAULUS RISANG