Beranda > Karier Sukses > Apa Cara Cepat Sukses? Mulailah dengan Rajin Membaca!

Apa Cara Cepat Sukses? Mulailah dengan Rajin Membaca!

RISANG PRATAMARisang Pratama
Apa Cara Cepat Sukses? Mulailah dengan Rajin Membaca!watermark

TUNAIKU.COM – Setiap kali membaca kisah orang sukses, ada satu hal sederhana yang bikin saya kagum: mereka rajin melahap bacaan, dari buku, artikel, serta surat kabar. Bayangkan, di tengah kesibukan mereka, orang-orang seperti Elon Musk dan Warren Buffet masih menyempatkan diri untuk membaca ratusan halaman beragam bacaan.

 

Saya setuju dengan kata-kata Harry S. Truman, Presiden Amerika Serikat ke-33, “Not all readers are leaders, but all leaders are readers”. Jadi, jika kamu tanya apa cara cepat sukses, jawabannya adalah rajin-rajinlah membaca. Ini beberapa alasan membaca membuatmu semakin dekat dengan kesuksesan.

 

Artikel Terkait: Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Ditiru

  1. Contek Kebiasaan Miliuner Dunia Ini Kalau Pengin Cepat Kaya
  2. 5 Ritual Pagi Para Tokoh Sukses Dunia. Mau Coba?
  3. Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Menghambat Kesuksesanmu

 

1. Buku mampu menjadi sumber inspirasi

Setiap kali membaca buku biografi orang-orang sukses atau self-motivational, saya selalu merasa tergugah. Buku memang mampu menjadi sumber inspirasi. Orang-orang sukses pun mengalami kesulitan dan keterpurukan. Nah, kalau kamu butuh sesuatu untuk memotivasi dan menginspirasi, membaca buku adalah pilihan yang tepat. Saya bahkan kerap membaca ulang buku-buku inspiratif ketika saya butuh pengingat untuk tetap optimis.

 

2. Membaca memberimu wawasan dan perspektif yang luas

Membaca nggak cuma memberikan berbagai informasi yang bermanfaat, tapi juga mengajarkanmu untuk melihat dari berbagai sudut pandang. Dengan membaca, kamu diajak untuk menempatkan diri pada kacamata penulis dan merasakan pengalaman mereka.

 

Lewat wawasan dan perspektif yang luas, kamu pun jadi lebih kreatif, bisa mengambil keputusan dengan baik, dan mampu berempati dan memahami orang lain. Inilah kunci yang dimiliki oleh orang-orang sukses.

 

3. Membaca mengajarkanmu untuk fokus

Membaca buku membutuhkan komitmen dan kesabaran. Untuk membaca sebuah buku dan menyerap isinya, kamu perlu fokus dan menghindari distraksi. Nah, kemampuan fokus ini jelas bermanfaat. Salah satunya, membuatmu lebih produktif saat bekerja.

 

4. Kemampuan berpikir dan memorimu bisa terus terasah

Seperti otot yang butuh dilatih agar kuat, otakmu juga perlu diasah agar daya ingat dan kemampuan berpikir tetap tajam. Nah, salah satu caranya adalah dengan rajin membaca. Jangan percaya dengan mitos yang bilang bahwa informasi baru yang masuk membuat kamu melupakan informasi yang lama!

 

5. Membaca membantumu meredakan stres

Dalam dunia profesional, setiap hari kamu bakal berhadapan dengan yang namanya stres. Stres tentu perlu dikelola dengan baik biar kamu mampu bekerja tanpa jadi bom waktu yang siap meledak. Ternyata, membaca adalah salah satu cara jitu untuk meredakan stres.

 

Menurut penelitian, membaca selama 6 menit sehari mampu mengurangi tingkat stres hingga dua per tiga. Bahkan, manfaat membaca dalam meredakan stres melebihi manfaat mendengarkan musik, minum teh, atau jalan-jalan.

 

Artikel Terkait: Kiat-kiat Sukses yang Perlu Kamu Simak

  1. 6 Nasihat Karier Ambisius Tingkat Medium yang Harus Diketahui Usia 23 Zaman Seka…
  2. 7 Cara Memperluas Network demi Kesuksesan Bisnis dan Karier
  3. Ingin Mendirikan Startup? Belajarlah dari Kesuksesan 6 Pelaku Startup Ini

 

6. Membaca membantumu merancang tujuan

Selain memberi kamu inspirasi, buku yang tepat juga mampu menjadi pembakar bagi ambisi, serta penggerak untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kalau kamu sempat bingung dalam menentukan target dan tujuan hidup, cobalah untuk membaca buku-buku motivasi sesuai dengan hal yang dibutuhkan.

 

Saya beri contoh yang konkret. Ketika ingin membangun usaha, saya akan mencari buku tentang seluruh hal yang berhubungan dengan dunia usaha. Biasanya, buku-buku tersebut memiliki berbagai kiat praktis, termasuk soal merancang tujuan bisnis jangka pendek dan  panjang.

 

Nah, setelah tahu membaca adalah salah satu cara cepat sukses, apakah kamu masih enggan untuk membaca?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett