Beranda > Karier Sukses > 5 Tren Sektor Industri Startup di Tahun 2017

5 Tren Sektor Industri Startup di Tahun 2017

5 Tren Sektor Industri Startup di Tahun 2017watermark

TUNAIKU.COM – Semakin banyaknya persaingan startup yang ada di Indonesia saat ini, membuat tidak sedikit dari mereka yang gagal hingga akhirnya harus gulung tikar. Namun banyak juga dari mereka yang masih akan terus bertahan dan berhasil menarik perhatian banyak investor. Berikut 5 tren sektor startup yang akan semakin berkembang tahun 2017 ini.

 

1. E-commerce

Pada tahun 2017, e-commerce akan semakin fokus meningkatkan layanan dalam metode pembayaran dan cara pengiriman. Akan dihadirkan berbagai alternatif sistem pembayaran yang dapat memudahkan pelanggan. Hadirnya e-wallet yang dimiliki perusahaan telekomunikasi dan juga startup serupa PayPal (seperti iPaymu dan PonselPay) membuka lebar kesempatan bagi e-commerce untuk menyediakan banyak opsi pembayaran bagi pelanggannya.

Sistem cicilan tanpa kartu kreditpun merupakan opsi lain yang patut dicoba. Selain itu, akan hadir inovasi baru agar proses pengiriman semakin efisien. Kemunculan para pemain logistik yang berbasis aplikasi, seperti Deliveree dan Etobee, atau jasa pengambilan barang secara langsung seperti yang ditawarkan oleh PopBox akan membuka kesempatan bagi e-commerce dalam memaksimalkan jasa pengiriman mereka.

 

2. Fintech

Fintech atau financial technology merupakan pengembangan industri jasa keuangan yang sangat bergantung dengan internet dan inovasi digital. Fintech hadir karena ada segmen layanan keuangan konvensional yang belum bisa menjangkau berbagai kalangan masyarakat. Pada periode 2016, pertumbuhan di sektor fintech mengalami kenaikan.

Banyak usaha yang bergerak di fintech mengalami perkembangan yang signifikan, bahkan dominan dan banyak membantu perkembangan industri jasa keuangan. Setidaknya sebesar 78%, atau setara dengan total bisnis di bidang teknologi finansial yang mencapai 140 unit. Meskipun regulasi masih terus digodok oleh OJK, namun kepercayaan diri para pemain dan investor menunjukkan bahwa sektor ini akan cemerlang untuk beberapa tahun ke depan.

 

Artikel terkait: Fintech

 

3. Big data analytic

Diperkirakan tahun 2017 mendatang pemanfaatan big data dan analytics akan semakin meningkat di berbagai industri. Namun hal ini tidak diimbangi dengan jumlah data peneliti di Tanah Air. Berdasarkan survei Sharing Vision di Indonesia pada 2016, sebanyak 74 persen responden berminat mengadopsi big data. Tidak ada satu pun yang meragukan potensi keberhasilan big data dalam menunjang pengambilan keputusan. Namun, sebanyak 48 persen responden mengatakan kendala utama adopsi big data adalah sumber daya manusia (SDM).

 

4. On-demand

Kehadiran layanan transportasi on-demand dari Go-Jek, Grab, dan Uber mampu mengubah kebiasaan masyarakat. Peluang dari startup yang nantinya berfungsi sebagai ‘corporate enabler‘ untuk menawarkan sistem, produk, hingga teknologi kepada korporasi akan semakin banyak di tahun ini.

Kendala infrastruktur yang ada di Indonesia akan dijadikan peluang bagi layanan on-demand untuk berkembang. Dalam dua tahun terakhir, layanan on-demand juga makin beragam. Tidak hanya menawarkan layanan transportasi, tetapi yang berhubungan dengan layanan domestik. Misalnya jasa asisten rumah tangga, pembersihan rumah, dan perbaikan AC. 

5. SaaS (Software-as-a-Service)

Pada tahun 2016 beragam model layanan SaaS mulai diperkenalkan, salah satunya yang menanamkan kecerdasan buatan dan berbagai teknologi pintar di dalamnya, seperti Kata.ai hasil pivot dari YessBoss, Prism hasil gabungan OneBit dan Coral, dan beberapa layanan lain.

Namun kebanyakan dari mereka masih mengambil server luar negeri, sehingga diperlukan perhatian khusus dari pemerintah dan perusahaan cloud untuk membuat para pelaku SaaS beralih ke server lokal. Tingkat persaingan bisnis SaaS di Indonesia yang masih sangat luas dan pasarnya sangat besar membuat bidang ini masih mampu dikembangkan secara optimal.

 

Artikel terkait: Tren Karier di 2017

 

Nah, bagaimana, Kawan Tunaiku? Apakah kamu tertarik berkarir atau mengembangkan bisnismu di sektor indutri startup yang akan semakin populer di tahun 2017 ini? Semoga artikel yang kamu baca hari ini semakin menambah wawasanmu, ya.

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett