Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

5 Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

5 Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baruwatermark

TUNAIKU.com – Saya memahami bagaimana rasanya pindah kerja ke bidang yang berbeda. Sebelumnya, saya pernah berprofesi secara full-time sebagai seorang content writer di sebuah media online anak muda. Awal tahun ini, saya kemudian banting setir menjadi quality assurance (QA) di sebuah perusahaan game internasional.

Nyebrang dari profesi penulis konten ke QA, saya butuh adaptasi. Apalagi, sejujurnya saya nggak punya latar belakang pendidikan di kedua bidang tersebut. Keduanya semata adalah hal yang menjadi passion saya: nulis dan nge-game.

Saat menapaki karier, kamu pun bisa saja mengalami situasi yang sama seperti saya. Nah, agar kamu sukses di tempat kerja yang baru, begini kiat beradaptasi saat pindah kerja ke bidang yang berbeda!

Artikel terkait: Kiat mengejar karier idaman meski minim pengalaman

  1. 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Idaman Meski Minim Pengalaman
  2. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini …
  3. Ini 7 Kiat Mempercantik Profil LinkedIn Agar Profesionalitasmu Kian Dilirik!

 

1. Bekali diri dengan pengetahuan dasar terkait bidang pekerjaan yang baru

Sebelum memutuskan untuk melamar sebagai QA, saya menyadari bahwa saya nggak punya keahlian dan nggak tahu banyak soal bidang ini. Saya hanya memahami sekilas tentang industri game. Makanya, saya pun mencari tahu beberapa pengetahuan dasar terkait pekerjaan ini. Antara lain, apa itu QA serta tugas-tugas dan tanggung jawabnya.

Selain membekali diri dengan pengetahuan dasar, saya juga menulis berbagai daftar keahlian saya yang relevan dengan bidang yang baru ini. Tuliskan saja berbagai keahlian kamu yang bisa membuat percaya dirimu naik.

 

2. Tunjukkan bahwa kamu punya antusiasme tinggi dan mau belajar

Sebelum diangkat sebagai karyawan di tempat kerja saya sekarang, saya menghadapi beberapa kali tes kompetensi dan wawancara. Pada tahap ini, kamu harus menunjukkan kemampuan dan rasa antusiasmu bekerja di depan para perekrut.

Jika kamu menunjukkan antusiasme yang tinggi, perekrut pasti tetap melirikmu meskipun kamu belum mempunyai pengalaman.

 

3. Serap ilmu sebanyak-banyaknya selama masa training

Masa training adalah saat di mana kamu mesti mengejar ketertinggalanmu terkait ilmu dan keahlian di bidang yang baru. Rekan-rekan kerjamu mungkin lebih ahli dari kamu karena memiliki pengalaman atau latar pendidikan yang sesuai.

Selama masa pelatihan, kamu akan diberikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan job desc-mu. Jadi, pastikan kamu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Kalau ada hal yang kurang jelas, ajukan pertanyaan sampai kamu paham. Dan jangan ragu meminta bantuan pada trainer atau rekanmu ketika kamu mengalami kesulitan.

 

4. Jadilah rendah hati

Rekan-rekanmu adalah orang yang lebih berpengalaman dibandingkan dirimu, walau usianya mungkin jauh lebih muda dari kamu. Memasuki lingkungan kerja yang baru, jadilah orang yang rendah hati. Sapa mereka, kenali karakter mereka, dan belajarlah dari mereka.

Bersikap rendah hati juga berarti bersedia menerima kritik dan saran dari rekan-rekan maupun penyeliamu. Ini bagian dari pembelajaran menjajaki bidang yang baru. Tapi, jangan sampai kamu merasa rendah diri. Tunjukkan pada mereka kalau kamu juga punya nilai dan kemampuan.

 

Artikel terkait: Tips sukses menjalani wawancara kerja

  1. Supaya Berjalan Lancar dan Prima, 5 Barang Ini Harus Kita Persiapkan Saat Wawanc…
  2. Waspadai 9 Bahasa Tubuh yang Bikin Kamu Nggak Lolos Interview!
  3. Ini 5 Kebohongan Kecil yang Membuat Gagal Interview

 

5. Perlihatkan bahwa kamu mampu menangani tugas-tugasmu

Sembari beradaptasi dengan orang-orang dan lingkungan kantor, kamu akan dihadapkan dengan tugas-tugas yang sebenarnya. Meski masih anak bawang, performa sama sekali nggak boleh  kendur.

Saya selalu berusaha menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Saya juga berusaha memiliki jiwa kompetitif yang sehat dengan mempertahankan performa yang nggak kalah dari teman-teman saya yang sudah lebih dulu masuk. Tunjukkan bahwa kamu memiliki inisiatif, produktif, dan efisien dalam bekerja.

Itulah beberapa kiat beradaptasi saat pindah kerja ke bidang yang baru berdasarkan pengalaman saya. Nggak perlu takut untuk belajar lagi, siapa tahu kamu malah lebih sukses di karier yang baru.

 

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

CTA


PAULUS RISANG

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett