Beranda > Karier Sukses > 3 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Kuliah S2

3 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Kuliah S2

3 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Kuliah S2watermark

TUNAIKU.COM – Setelah usai mengenyam pendidikan sarjana, mungkin kamu punya keinginan terpendam untuk melanjutkan pendidikan. Sayangnya, seringkali keinginan tersebut terbentur fakta bahwa kamu sudah harus segera membiayai diri sendiri. Maka untuk sementara, keinginan duduk di bangku kuliah harus disimpan rapat-rapat.

Setelah mulai mapan, keinginan tersebut datang kembali. Apalagi, kenaikan pangkat juga kadang harus disertai dengan peningkatan taraf pendidikan. Untuk bahan pertimbangan, jangan lupa sertakan beberapa hal ini

 

  • Siapkan dana

Kuliah S2 pasti membutuhkan biaya banyak. Cek dulu rekeningmu, mencukupi kah? Jika memungkinkan, cari beasiswa yang bisa membiayai kuliahmu. Akan lebih baik apabila kantormu mau membiayai pendidikanmu.

Tapi, kadang pembiayaan jenis itu mengharuskan kamu untuk mengabdi di kantor selama beberapa waktu. Karena itu, pastikan kamu mempertimbangkan dengan seksama tawaran pembiayaan tersebut.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

 

Jika kamu mengambil S2 untuk meningkatkan karier maka pilihlah jurusan yang sesuai dengan pekerjaanmu. Jika saat ini kamu bekerja di bidang perbankan, mungkin ilmu manajemen bisa jadi pilihan. Apabila kamu berniat jadi politisi, maka ambillah jurusan ilmu hukum atau politik supaya kamu punya bekal yang cukup.

Hal berbeda jika kamu sekadar memenuhi passion pada jurusan asalmu. Apabila kamu merupakan lulusan ilmu arkeologi, mungkin kamu bisa mengambil S2 di bidang museum. Siapa tahu kamu bisa jadi seperti si Indiana Jones.

  • Kuliah di mana

Jika kamu memilih kuliah di Indonesia maka kemungkinanmu untuk nyambi kuliah dan kerja terbuka lebar. Ini pasti berbeda jika kamu bercita-cita kuliah di Benua Eropa. Jelas tidak mungkin kan kamu setiap hari harus mengerjakan tugas kantor tapi ada di benua nun jauh di sana. Kecuali kantormu punya kantor cabang atau kantor pusat di sana sehingga kamu bisa minta dimutasi (sementara) ke negara tempat kampus idamanmu berada.

Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan kuliah lagi. Mulai dari hal-hal pribadi, aspek pekerjaan, dan macam-macam lainnya. Tiga hal di atas merupakan hal-hal mendasar yang harus kamu pikirkan. Mungkin terkesan ribet, tapi jangan jadikan ini penghambat niatanmu untuk kuliah lagi. Toh pepatah lawas bilang, tuntutlah ilmu setinggi langit kan.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett