Beranda > Gaya Hidup > Ubah Hobi Main Game-mu Jadi Sumber Penghasilan

Ubah Hobi Main Game-mu Jadi Sumber Penghasilan

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Ubah Hobi Main Game-mu Jadi Sumber Penghasilanwatermark

TUNAIKU.COM – Melihat teman main game hingga lupa waktu sudah menjadi makanan saya sehari-hari ketika masih mengenyam bangku kuliah. Bahkan di antara teman-teman sekelas, saya termasuk minoritas yang nggak doyan main game. Yang ada dipikiran saya saat itu ketika melihat mereka adalah:

“Ngapain sih main games sampai segitunya, buang-buang waktu dan uang. Enggak produktif banget. Ngorbanin kuliah, malah bisa bikin masa depan suram.”

 

Tapi ternyata pikiran saya saat itu nggak sepenuhnya benar. Ya, suatu saat saya mendengar seorang teman yang merupakan gamers, cerita kalau dia baru saja dapat uang jutaan rupiah dari hobinya itu. Saya pun penasarana banget, kok dia bisa dapat uang jutaan rupiah hanya dari main game? Setelah saya ngobrol dengan teman saya itu, ternyata katanya, memang banyak cara untuk mendapatkan uang dari main game.

 

Apalagi jika kamu sudah menjadi pro player seperti Nixia, kesempatan untuk mencari penghasilan dari main game sangatlah besar. Ya, seperti dikutip dari antaranews,com, cewek bernama asli Monica Carolina ini bisa mengantongi penghasilan USD 12 ribu atua setara Rp159 juta, per tiga bulan. Wuiihhh!

 

Perlu dicatat, itu hanya penghasilan dari situs ulasan produk game dari sponsor yang dia dirikan, yaitu Nixiagamer.com. Belum termasuk kalau dia menang turamen games atau proyek lain juga endorsment. Penghasilannya bisa jauh lebih besar lagi. Ya, di sinilah hobi main game itu berubah menjadi ladang mencari rejeki.

 

Nah, buat kamu yang juga hobi dan jago main game, nggak ada salahnya kamu menjadikan hobi kamu ini sebagai ladang usaha. Yuk, ubah hobi main game kamu jadi sumber penghasilan! Tapi gimana caranya? Cari tahu rahasianya di bawah ini.

 

Artikel terkait: Selain Nixia, masih banyak sosok perempuan keren inspiratif lainnya

  1. 11 Inovasi Ini Tak Akan Ada Tanpa Kerja Keras Perempuan
  2. Kenalan Yuk dengan 5 Kartini Muda Ini
  3. 5 Alasan Tokoh Belle ‘Beauty and the Beast’ Layak Jadi Panutan Perempuan Berani

 

1. Membuat situs game

Belajar dari Nixia yang mebuat Nixiagamer.com, kamu juga bisa membuat situs game sendiri lho. Bermodal pengalaman ikut turnamen dan keahlian yang mumpuni, kamu bisa membuat situs yang berisi ulasan peralatan gaming. Mungkin kalau modal kamu belum cukup untuk bikin situs, kamu bisa memulai dari blog.

Buatlah ulasan semenarik mungkin dengan isi yang berbobot tentunya. Bisa juga memuat ceritamu saat mengikuti turnamen dan tips-tips main game. Jika situas atau blog kamu memiliki trafic yang tinggi akan banyak sponsor yang mendekat. Kamu bisa mendapatkan bayaran dengan membuat ulasan produk-produk dari sponsor. Atau bahkan besar kemungkinannya hobi main game-mu difasilitasi oleh mereka dengan diberi peralatan gaming. Lumayan hemat kan nggak perlu beli dengan uang sendiri?

 

2. Rajin ikut turnamen

Games terkenal seperti DOTA, CS:GO, dan Tekken sudah punya turnamen tingkat dunia. Kamu bisa nih ikut turnamen untuk memperebutkan hadiah utama yang nominalnya sangat besar. Bisa mencapai 10 ribu USD, lho. Namun, yang patut kamu perhatikan adalah turnamen ini diikuti secara tim yakni sebanyak 3-4 orang. Oleh karenanya, hadiah harus dibagi rata untuk semua anggota.

Kalau kamu merasa turnamen level dunia cukup sulit, tenang, kamu bisa ikutan turnamen level lokal terlebih dahulu untuk pemanasan. Turnamen-turnamen game yang bisa kamu ikuti di antaranya Turnamen Dota 2, Crisis Action, dan lainnya. Hadiahnya juga lumayan, lho. Bisa jadi modal latihan ikut turnamen selanjutnya atau bikin situs. He-he-he….

 

SWARA KAMU

 

3. Menjual item game

Setelah kamu sukses menaklukan banyak misi dalam game, kamu bisa mengumpulkan beragam item game. Mirip dengan online shop, item game ini bisa diperjual-belikan. Misalnya koin, senjata hingga karakter game-nya.. Kamu bisa menawarkan item ini kepada gamers yang butuh atau yang belum terlalu jago dan suka banget sama item yang kamu miliki.

Biasanya akan terjadi proses tawar menawar hingga transaksi dilakukan. Tapi perlu diingat kalau transaksi jual-beli ini belum resmi atau legal di Indonesia. Jadi kembali ke keyakinan dan pilihan masing-masing untuk menanggung risikonya.

 

4. Memanfaatkan medsos untuk endorsment

Nggak hanya selebgram dan beauty vlogger atau seleb aja yang bisa dapat endore. Gamers yang sudah sukses juga akan banyak dihampiri untuk dikasih endorsment. Ya, kamu bisa dapat endorsment game atau peralatannya. Jika akun medsos kamu, khususnya Instagram selalu konsisten upload konten dan kontennya punya seru juga berisi, pasti banyak sponsor yang akan mengajak bekerja sama. Lumayan juga kan, nge-share hobi dan dibayar?

 

Artikel terkait: Hobi yang bisa dijadikan penghasilan

  1. Ibu Rumah Tangga yang Hobi Belanja Murah Bisa Coba Usaha Ini
  2. Tahukah Kamu 5 Hobi Receh ini Bisa Menghasilkan Uang Banyak!
  3. 5 Hobi Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Uang Sekaligus Membantu Orang!

 

5. Menjadi YouTubers gaming

Pernahkah kamu mendengar tentang YouTubers gaming? YouTubers gaming adalah sebutan untuk para creators video tentang game di Youtube. Mereka biasa memberikan ulasan game, tips hingga Q&A soal game. Jika sudah punya banyak subscribers, kamu juga bisa numpang narsis dengan konten-konten yang lebih personal.

Dengan memilik channel di Youtube, kamu bisa mendapatkan bayaran melalui sistem money monetizing. Makin tinggi view videomu, maka semakin besar bayaran yang bakal kamu terima. Coba sempatkan untuk mengintip channel YouTubers gaming kenamaan seperti PewDiePie, Jacksepticeye, dan Markiplier untuk mencari inpirasi konten video.

Ketika punya channel sendiri, pastikan bahwa konten videomu punya ciri khas yang unik dan beda dari YouTubers gaming lain. Takutnya, kamu dikira nyontek ide-ide para dewa YouTubers gaming ini lagi kalau nggak berbeda isinya.

Contoh YouTubers gaming Indonesia yang sudah sukes banget adalah Reza ‘Arap’ Oktovian dan Bayu Skak. Sekarang mereka sudah mempeluas konten YouTube-nya dengan berbagai tema, bahkan sudah merambah jadi bintang film segala. He-he-he. Dan perlu kamu tahu, dalam wawancaranya di program talkshow Hitam Putih, Trans7, Reza ‘Arap’ ngaku kalau setiap bulan dia bisa mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah dari profesinya sebagai YouTubers gaming. Luar biasa!

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah hobi main game kamu jadi sumber penghasilan. Gimana, tertarik buat menekuninya?

Pinjaman Tunaiku


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett