Beranda > Gaya Hidup > Tanpa Disadari, Ini yang Bikin Hubungan Ibu dan Anak Menjauh

Tanpa Disadari, Ini yang Bikin Hubungan Ibu dan Anak Menjauh

Tanpa Disadari, Ini yang Bikin Hubungan Ibu dan Anak Menjauhwatermark

“Kata mereka diriku s’lalu dimanja. Kata mereka diriku s’lalu ditimang.”

TUNAIKU.COM – Siapa yang tidak pernah mendengar lirik lagu itu? Lagu yang berjudul ‘Bunda’ ini sudah sangat familiar dan meskipun diputar berulang-uang hati akan tetap bergetar saat mendengarnya. Tak hanya yang memiliki hubungan baik dan dekat dengan ibunya, tetapi juga mereka yang kebetulan tidak terlalu akrab pun pasti terenyuh menyimak lirik lagu ini.

Kawan Tunaiku, kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu termasuk yang dekat dengan ibu atau tidak? Kalo jawabannya adalah iya, bila dibandingkan antara dahulu dengan sekarang, lebih dekat yang mana? Kalo dirasa-rasa, kedekatan hubungan ibu dan anak itu jauh lebih kental saat masih kanak-kanak daripada saat dewasa. Sebenarnya, apa sih yang membuat hubungan anak dan ibu kian menjauh? Coba perhatiin hal-hal yang tanpa disadari sering terjadi pada kehidupan sehari-hari di bawah ini!

 

Kamu jadi sering pulang larut

Kamu termasuk pekerja yang hampir lembur tiap hari hingga sering pulang malam? Atau kamu juga termasuk generasi milenial yang sering nongkrong usai jam kantor? Jika iya, berhati-hatilah karena ini jadi hal pertama yang membuatmu mulai jauh dari ibu bahkan keluarga.

Bayangkan, pagi-pagi kamu sudah harus berangkat kerja. Kemudian pulang larut dan kamu pun merasa terlalu lelah hingga begitu sampai rumah ingin langsung tidur saja. Selelah apa pun itu, ada baiknya kamu menyisihkan waktu barang sebentar sebelum tidur untuk mengobrol dengan ibumu.     

 

Weekend lebih banyak dihabiskan bersama teman, bukan keluarga

Sebenarnya istilah weekend itu adalah waktu untuk keluarga. Namun, kebanyakan generasi milenial justru menggunakan waktu libur ini untuk menunjukkan eksistensi. Mereka lebih memilih menghabiskan weekend dengan nongkrong bersama teman, liburan, berorganisasi, melakukan hobi, dan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas di luar rumah.  

 

Artikel Terkait: Hubungan Orang Tua dan Anak

  1. Inilah 5 Kerja Keras Ayah untuk Keluarganya yang Tidak Kita Sadari
  2. 5 Kisah Orang Tua Hebat Berpenghasilan Minim Berhasil Antarkan Anaknya Menuju Kesuksesan
  3. Orang Tua Mulai Menua, Ini 4 Hal yang Sebaiknya Kita Lakukan sebagai Anak yang Sudah Bekerja

 

Walau sudah di rumah, kamu masih sering pegang HP

Terkadang, meski sudah tidak di jam kerja, permasalahan kantor masih saja dibahas di grup WhatssApp. Belum lagi grup-grup WhassApp yang lainnya, ditambah kamu sibuk mainan medsos. Hal-hal semacam inilah yang membuatmu selalu sibuk dengan gadget sekalipun sudah di rumah dan berada di samping ibumu. Alhasil waktumu berkomunikasi dengan ibu pun berkurang.

 

Kamu semakin cuek dan tidak tertarik dengan kehidupan ibumu

Di tengah kesibukanmu kerja, apakah kamu sempat menebak, apa yang sedang dikerjakan ibu hari ini? Atau, pernahkah kamu ingin tahu tentang apa yang disukai ibu, bagaimana kehidupannya di masa lalu?

Ketahuilah, dengan kamu memancing satu pertanyaan yang menunjukkan keterarikanmu pada kehidupan ibu, beliau akan bercerita panjang lebar. Dan dengan demikian ibu tahu bahwa kamu peduli dan menganggapnya benar-benar ada. Dari sinilah seharusnya komunikasi mulai terjalin dengan baik.  

 

Seiring perkembangan zaman, kamu memiliki pola pikir yang berbeda

Orang zaman dahulu dengan generasi milenial yang serba kekinian tentu sangat berbeda. Perbedaan ini salah satunya terletak pada pola pikir. Perbedaan pola pikir inilah yang nantinya bisa jadi penghalang antara keduanya, baik dalam hubungan dan aktivitas sehari-hari atau dalam menghadapi suatu permasalahan.  

 

Kamu juga menjunjung tinggi yang namanya privacy, sehingga kurang terbuka dengan ibu

Bedanya pola pikir, terkadang membuat generasi milenial mengurungkan niat untuk bercerita tentang apa saja pada ibunya. Mereka pun cenderung lebih nyaman dan senang bila bercerita sesama umur dengan alasan lebih nyambung dan mengerti.

Padahal, di rumah ada ibu yang ingin tahu tentang kehidupanmu. Ibu ingin tahu sudah sejauh mana anaknya berprestasi, termasuk bagaimana kehidupan sosial dan asmara anaknya.

 

Artikel Terkait: Pola Asuh Orang Tua

  1. Wahai Orang Tua, Pola Asuhmu Memengaruhi Kebahagiaan dan Jumlah Penghasilan Anakmu Kelak
  2. Hai Orang Tua, Kepribadian Anak Ternyata Bisa Diketahui dari Kecil
  3. Hai, Orang Tua! Mari Kenali serta Asah Minat dan Bakat Buah Hati Sedari Ia Kecil dengan 3 Langkah Berikut

 

Kamu jadi lebih berani menanggapi amarah ibu

Setiap orang memang tidak mau dimarahi dan akan lebih menyakitkan jika amarah itu berasal dari ibu sendiri. Apa yang biasanya kamu lakukan jika ibu sedang memarahimu?

Mendiamkannya sampai suasana membaik atau menimpali dengan reaksi yang negatif? Ada baiknya kamu diam atau menghindar baik-baik karena jika kamu tanggapi hanya akan menyulut kepada pertengkaran yang lebih besar lagi.

Semakin jauh menyelami kehidupan luar terkadang justru membuat semakin jauh dengan ibu. Pun semakin banyak urusan, semakin sedikit komunikasi dengan ibu. Hal ini karena kehidupan generasi milenial sudah terbagi-bagi.

Namun, dunia ibu tetap hanya untuk anaknya. Jangan pernah menduakan seorang ibu karena beliau pun tidak pernah menduakanmu dengan beragam urusannya yang juga banyak.

 

Ada keperluan mendadak dan butuh pinjaman tunai yang cepat dan mudah? Ajukan ke Tunaiku saja, Kawan Tunaiku!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett