SWARA – Supaya kebersihan rumah dapat terus terjaga, jangan lupa membersihkannya secara rutin. Ada sudut-sudut ruangan yang kadang terlupakan untuk dibersihkan. Ada pula barang-barang yang terkesan bersih namun ternyata membutuhkan perhatian ekstra karena menjadi sarang kotoran.  Bakteri bisa bersarang di berbagai tempat yang tidak kita sadari seperti gagang pintu, handphone, hingga pegangan tangga.

 

Berikut ini adalah benda-benda yang sering terlewat untuk dibersihkan padahal berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri:

 

1. Spons cuci piring

 

 

Image result for sponge

 

 

Spons untuk mencuci berbagai peralatan makan ini adalah sarang kuman yang paling mengerikan. Mengapa? Serpihan kotoran dan bekas makanan yang ada di piringmu bisa berpindah ke dalam spons. Ketika kamu menggunakan kembali spons ini, kuman bisa berpindah ke alat makan yang kamu cuci.

 

Untuk mencegah hal ini, cuci bersih spons setiap kali kamu pakai untuk mencuci. Jika kamu merasa kurang bersih, kamu bisa merendam spons ke dalam air panas setiap dua hari sekali.

 

2. Handuk

 

 

Image result for towel

 

 

Setelah kamu memakai handuk, gantunglah dengan benar agar benar-benar kering. Handuk dalam kondisi tidak terlalu kering dapat menyebabkan bakteri bersarang di sana. Jangan lupa mengganti handuk seminggu sekali.

 

Handuk menempel langsung ke kulit kita, bayangkan berapa banyak kuman yang berpindah ke kulit kita bila kamu tidak menjaga kebersihan handuk?

 

 

Artikel terkait:

Memiliki Rumah Pribadi Setelah Menikah Bukanlah Hal yang Mustahil, Ini Tipsnya!
Percantik Rumah dengan Makrame, Ini Cara Mudah Membuatnya!

Ingin Mengganti Suasana dalam Rumahmu? Coba Tips Ini!

 

 

3. Remote control

 

 

Image result for remote

 

 

Saat kamu menonton televisi, seringkali kamu memegang remote untuk mengganti channel tanpa mencuci tangan sehabis makan ataupun sehabis memegang benda lainnya. Bersihkan remote memakai kain lap yang sudah dicelupkan ke air sabun.

 

4. Karpet

 

 

Image result for karpet

 

 

Karpet dapat menyimpan berbagai penyebab alergi seperti debu, tungau, ataupun jamur. Bersihkan karpet menggunakan vacuum-cleaner dan jemur karpet di bawah sinar matahari secara berkala.

 

5. Saklar

 

 

Image result for lamp

 

 

Saklar sering disentuh oleh penghuni rumah dengan kondisi tangan yang kotor. Oleh karenanya, saklar menjadi media penyebaran virus penyakit. Bersihkan secara berkala menggunakan lap yang sudah dicelup ke sabun. Hati-hati ya, agar tidak terjadi konsleting,

 

6. Tombol kompor

 

 

Image result for stove

 

 

Benda kecil ini sering terlewat ketika kita membersihkan kompor karena kita hanya membersihkan permukaan kompor. Padahal di sela-sela tombol kompor banyak sekali jamur dan bakteri yang bersarang karena cipratan minyak atau tumpahan makanan yang tertinggal.

 

Untuk itu, bersihkan kompor secara rutin agar kesehatanmu tetap terjaga.

 

7. Keyboard komputer

 

 

Image result for keyboard

 

 

Bukan sekali dua kali kamu memegang keyboard komputer, pasti sering. Apalagi di era digital seperti sekarang, kita semakin tidak terpisahkan dengan laptop. Pastikan kamu sudah membersihkan keyboard komputermu dengan teliti, ya. Pastikan kamu juga memakai keyboard dengan tangan dalam kondisi bersih.

 

Itulah tujuh tempat yang sering terlewat ketika kamu bersih-bersih rumah. Pasti masih banyak spot lain yang juga menjadi sarang kuman dan bakteri di rumahmu.

 

Apakah kamu sudah membersihkan tujuh tempat di atas?

 


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas