SWARA – Memiliki hewan peliharaan di rumah saat ini sudah menjadi salah satu tren di seluruh dunia, khususnya bagi orang-orang yang tinggal seorang diri di daerah perkotaan. Di antara banyaknya pilihan hewan peliharaan, salah satu yang paling banyak disukai adalah kucing.

 

Ada banyak sekali jenis kucing yang bisa kamu pelihara. Akan tetapi, jika kamu seorang pemula dalam memelihara kucing, kamu mungkin harus berhati-hati dalam memilih jenis kucing. Hal ini karena beberapa jenis kucing memerlukan perawatan yang agak berbeda dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. 

 

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Memelihara Kucing

 

Bagi pemula, kamu mungkin bingung menentukan apa yang harus dipersiapkan saat akan memelihara kucing. Tentunya, persiapan harus kamu buat dengan matang supaya kucingmu nantinya merasa nyaman dan betah di tempat tinggal barunya. 

 

Berikut ini beberapa persiapan yang perlu dilakukan saat akan memelihara kucing untuk pertama kalinya.

 

  • Siapkan ruang pribadi kucing

 

Kucing sulit merasa nyaman saat tinggal di tempat yang baru. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan ruangan pribadi bagi sang kucing. Biarkan mereka berdiam diri di ruangan tersebut selama beberapa hari, sampai mereka merasa nyaman. 

 

Pastikan ruangan yang telah kamu siapkan memiliki tembok dan atap yang tidak terlalu sempit tapi juga tidak terlalu luas untuk kucing. Jaga keheningan supaya mereka tidak merasa terganggu.

 

  • Siapkan tempat makan yang jauh dari tempat sampah

 

Saat akan makan dan minum, arahkan kucing barumu ke sudut khusus yang telah kamu persiapkan sebagai tempat makan mereka. Pastikan agar tempat makan tersebut jauh dari tempat sampah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan kucing makan dari tempat sampah di rumahmu.

 

Selama 2-4 hari pertama, kucing mungkin mengalami stres karena tidak familiar dengan rumahmu. Jika hal itu terjadi, berilah mereka makan dan minum secukupnya di ruangan pribadi yang telah kamu siapkan. 

 

  • Buat tempat persembunyian kucing

 

Pada beberapa hari pertama, kucing mungkin merasa takut atau tidak nyaman denganmu. Hal ini terjadi karena mereka belum mengenalmu dan merasa asing berada di rumahmu. Saat ini terjadi, kucing biasanya senang bersembunyi di balik benda-benda besar. 

 

Dengan adanya tempat persembunyian, kucing akan merasa lebih nyaman dan aman. Kamu bisa mempersiapkan tempat persembunyian khusus yang bisa dipakai oleh sang kucing nantinya untuk bersembunyi.

 

  • Siapkan mainan kucing

 

Kucing senang bermain dengan cakarnya. Belilah beberapa mainan kucing yang bisa mereka gunakan untuk mencakar. Letakkan mainan tersebut di ruang pribadi yang telah disiapkan untuk sang kucing.

 

Jika kamu tidak memberikan mainan, kucing bisa saja bermain dengan cakarnya di benda-benda yang ada di rumah, seperti ranjang dan sofa. Tentunya, jika hal ini terjadi, ranjang dan sofamu akan mudah rusak. Karena itu, jangan lupa untuk persiapkan mainan sebelum membawa kucing pulang ke rumahmu.

 

Memilih Jenis Kucing untuk Pemula

 

Ketika memelihara kucing, kamu akan tinggal bersama kucing tersebut setiap hari. Karena itu, kamu harus memastikan untuk memilih jenis kucing yang kira-kira sesuai dengan seleramu. Berikut ini beberapa jenis kucing yang bisa dipelihara untuk pemula. 

 

  • Kucing persia

 

 

Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing yang cukup banyak dipelihara. Secara fisik, wujud dari kucing persia serupa dengan boneka kucing. Selain itu, kucing jenis ini juga terkenal memiliki karakter yang baik, sehingga tidak akan merepotkan untuk dipelihara oleh seorang pemula.

 

  • Kucing ragdolls

 

 

Kucing yang satu ini termasuk cukup jinak. Nama ragdolls diambil dari karakter kucing yang lucu dan manis seperti boneka. Salah satu keunikan kucing ini adalah kebiasaan mereka untuk terus mengikuti sang majikan sepanjang hari di rumah. Bagi banyak orang, kucing jenis ragdolls adalah teman yang tepat untuk dijadikan sahabat di rumah. 

 

  • Kucing siam

 

 

Banyak orang menyukai kucing siam karena tampilan fisiknya yang sangat menarik, dengan mata biru cerah, tubuh ramping, ekor panjang, dan bulu yang pendek. Kucing siam juga dikenal memiliki kepribadian yang sangat santai. Mereka tidak banyak beraktivitas dan lebih suka duduk diam di pangkuan sang majikan. Karena itu, kucing jenis ini cocok dipelihara oleh kamu yang masih pemula.  

 

  • Kucing sphynx

 

 

Secara fisik, kucing sphynx memang terlihat kurang menarik. Mereka memiliki bulu yang sangat pendek, nyaris tampak tak berbulu. Dibandingkan dengan jenis kucing yang telah disebutkan sebelumnya, kucing ini lebih suka mencari perhatian sang majikan. Akan tetapi, kucing jenis ini tidak akan berbuat onar dan menimbulkan masalah. 

 

  • Kucing maine coon

 

 

Kucing maine coon terkenal memiliki ukuran yang cukup besar. Salah satu keuntungan memelihara kucing jenis ini adalah kepribadian mereka yang sangat ramah, bahkan bisa ditempatkan di satu ruang yang sama dengan anjing. Bahkan, kucing ini memiliki sifat yang sangat serupa dengan anjing, sehingga bisa diajak bermain bersama. 

 

Memelihara kucing bukanlah hal yang sulit. Sebagai pemula, selama kamu bisa membuat persiapan yang baik, kamu akan mudah membuat kucing baru merasa nyaman tinggal di rumahmu.