SWARA – Nggak bisa dimungkiri kalau harga kebutuhan makin tahun makin meningkat. Nggak hanya harga kebutuhan pokok. Harga properti seperti rumah juga terus mengalami kenaikan yang signifikan. Sedangkan gaji dari kantor yang cuma segitu saja. Kalaupun mengalami naik nggak yang signifikan.

 

Saat ini, bagaimana pengeluaranmu setiap bulan? Bagaimana dengan besaran gaji bulananmu? Banyak yang mengeluhkan dengan gaji sebesar Rp5 juta akan kesusahan dalam memiliki rumah. Padahal, sebenarnya kamu bisa memiliki rumah dalam satu tahun walau hanya bergaji Rp5 juta.

 

Tentunya kamu penasaran, bagaimana bisa? Yuk, ikuti cara di bawah ini!

 

1. Cari KPR dan promo

KPR merupakan solusi buat kamu pasangan muda yang ingin segera memiliki hunian sendiri. Kalau jeli mencari informasi, kamu bisa mendapatkan promo yang pastinya bisa menekan biaya cukup signifikan. 

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar KPR

  1. Ini 3 Pentingnya Asuransi Jiwa yang Menyertai KPR
  2. Umur 25 Tahun Ingin Cicil KPR, Perhatikan Hal Ini!
  3. KPR Rumah Baru dan KPR Rumah Bekas, Mana Lebih Untung?

 

2. Tabung 60% untuk DP

Saat mengajukan KPR, tentu saja kamu membutuhkan DP. Adapun jika kamu menyisihkan 60% dari gaji, akan mendapatkan uang sebesar 3juta setiap bulan. Dalam satu tahun, sudah terkumpul kurang lebih Rp36 juta. DP sebesar itu sudah bisa kamu gunakan untuk membayar rumah yang seharga seratusan juta.

 

3. Sisihkan 40% untuk cicilan

Setelah pembayaran DP, yang harus kamu pikirkan adalah membayar cicilannya. Setelah menabung 60% untuk DP, yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan 40% untuk pembayaran angsuran. Ada pun kamu harus mencari rumah yang besaran cicilannya Rp2 jutaan.

 

4. Hitung kemampuan bayar

Well, sebenarnya sebelum menentukan 40% gaji untuk membayar cicilan, terlebih dahulu kamu harus tahu seberapa besar kemampuan bayarmu. Kalau ternyata kemampuan bayarmu lebih dari Rp2 juta, ya sebaiknya dimaksimalkan. Ingat, semakin cepat pembayaran angsuran, bunga yang kamu setor ke bank akan semakin sedikit. Pastinya kamu lebih cepat tenang karena nggak harus memikirkan angsuran lagi.

 

5. Jangan memiliki kriteria yang muluk-muluk

Dengan gaji Rp5 juta, sejatinya kita nggak bisa memiliki kriteria rumah yang muluk-muluk. Kita nggak bisa mengharapkan rumah yang lokasinya benar-benar strategis, dekat dari kantor dan berada di pusat kota. Tinggal di wilayah pinggiran menurut saya nggak masalah. Sepanjang lokasi itu masih mudah buat kamu mengakses fasilitas kesehatan, pendidikan, pasar, dan lain sebagainya.

 

6. Punya pekerjaan sampingan

Ada baiknya kamu mulai memiliki pendapatan tambahan. Kamu bisa memiliki pekerjaan sampingan atau freelance dari hobimu. Sebagai contoh kamu suka menulis. Nah, kamu bisa menjadi content contributor di perusahaan startup. Gaji yang didapatkan tentu saja lumayan dan sangat menolong kamu dalam membayar angsuran.

 

Artikel Terkait: Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Geluti

  1. 5 Ide Freelance Sambil Kuliah, Jangan Sampai Kuliahmu Keteteran
  2. Butuh Dana Tambahan? 7 Pekerjaan Freelance Ini Bisa Menambah Keuanganmu
  3. 5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Kamu Lakoni Sambil Nunggu Panggilan Kerja

 

Itu dia 6 tips buat kamu yang bergaji Rp5 juta tapi pengin memiliki rumah dalam satu tahun.