Beranda > Gaya Hidup > Resepsi Pernikahan dengan Budget 30 Jutaan? Ini 5 Trik Khusus yang Bisa Kamu Coba!

Resepsi Pernikahan dengan Budget 30 Jutaan? Ini 5 Trik Khusus yang Bisa Kamu Coba!

Resepsi Pernikahan dengan Budget 30 Jutaan? Ini 5 Trik Khusus yang Bisa Kamu Coba!watermark

TUNAIKU.COM – Menikah umumnya jadi harapan setiap pasangan. Sayangnya, mewujudkan niat yang satu ini memang nggak bisa dibilang gampang. Selain memantapkan niat, kecocokan dengan pasangan dan restu dari keluarga besar adalah modal utama. Tentu saja, kesiapan finansial untuk menggelar resepsi pernikahan juga nggak kalah pentingnya.

 

Nah, perkara dana resepsi inilah yang kerap jadi kendala. Banyak pasangan percaya bahwa menikah dan menggelar resepsi pernikahan bakal menyita biaya yang besar. Padahal, menikah juga dapat dibuat murah, lho. Misalnya hanya bermodal Rp 30 jutaan saja, kamu dan pasangan sudah bisa menggelar pesta. Gimana caranya? Yuk, simak trik-trik khusus berikut ini!

 

Daripada bayar gedung mewah, mending nikah di rumah

Untuk menyewa gedung pernikahan, kamu butuh budget puluhan juta. Tentu dengan memilih menggelar resepsi pernikahan di rumah, kamu jadi bisa melakukan penghematan. Biaya gedung justru dapat dialokasikan untuk kebutuhan yang lain. Toh menikah di gedung atau rumah nggak akan mengurangi kesakralan pernikahanmu, ‘kan?

 

(Artikel terkait: Pernikahan di Luar Negeri Ternyata Enggak Semahal yang Kita Kira, Lho!)

 

Bikin dekorasi DIY sederhana, tapi tetap berkesan dan nggak biasa

Keuntungan menikah di rumah adalah kamu bisa menyiapkan dekorasinya sendiri. Sejak jauh-jauh hari, DIY dekorasi pernikahan sudah bisa dipersiapkan atau dicicil. Kamu boleh meminta bantuan keluarga atau teman yang memang punya keahlian di bidang ini. Selain lebih murah, kamu bakal puas karena merancang dekorasi nikahanmu sendiri.

 

Gunakan make-up minimalis, nggak perlu glamor

Selain biaya gedung yang terbilang besar, biaya make-up dan sewa baju juga nggak kalah mahal. Itulah mengapa lebih baik kamu mempersiapkan baju pernikahan dan make-up sendiri. Nggak harus pakai make-up tardisional yang ribet, cukup pilih gaya minimalis saja. Kamu juga bisa mengkreasikan dress lawasmu atau mengenakan flower crown lucu supaya nggak perlu ribet dengan sanggul.

 

Perhiasan emas lama bisa dilebur jadi cincin kawin

Siapa bilang beli cincin kawin dan mahar itu mahal? Asalkan mau sedikit memutar otak, kamu dan pasangan bisa menyiapkan cincin kawin dan mahar dengan bugdet pas-pasan. Gampang saja, salah satunya dengan menggunakan perhiasan emas lama yang dilebur kemudian dibuat cincin kawin dengan model baru. Begitu juga untuk maharnya, bisa banget pakai trik yang satu ini.

 

Pilih undangan yang murah asal desainnya unik

Soal memilih undangan juga nggak perlu berlebihan. Pilih saja undangan dengan harga murah meriah, toh asal desainnya unik, undanganmu akan terlihat keren. Selain itu sebaiknya kamu dan pasangan lebih selektif dalam membagikan undangan. Jangan asal mengundang, utamakan keluarga dan teman-teman terdekat biar jumlah tamumu nggak membengkak.

 

(Artikel terkait: Berani Tanggalkan Gengsi dan Menikah Gratis di KUA? Yuk, Intip Caranya!)

 

Souvenir nikahan nggak harus mahal, cari yang murah tapi berguna

Perhatikan juga saat memilih souvenir pernikahan. Sayang ‘kan kalau memilih souvenir yang mewah dan mahal tapi nggak bermanfaat. Nah, lebih baik kamu memilih souvenir yang sederhana tapi tetap berkesan dan berguna. Misalnya saja bibit tanaman atau bibit bunga. Tamu-tamu yang datang ke resepsimu pasti bakal terkesan dan semangat buat menanamnya.

 

Kerahkan tetangga dan keluarga buat mengurus hidangan

Biaya yang nggak kalah besar biasanya adalah katering. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengurus sendiri hidangan di pernikahanmu. Caranya dengan mengerahkan keluarga dan tetangga-tetangga terdekat untuk membantu. Keuntungan memasak makanan sendiri pastilah lebih hemat, selain itu kamu nggak perlu khawatir soal rasa dan kebersihannya.

Tapi perlu diingat, biaya konsumsi dipengaruhi pula oleh banyaknya tamu undangan. Maka, ada baiknya batasi jumlah orang yang kamu undang ke resepsimu. Tidak lebih dari 100 orang misalnya.

 

Cukup sewa kamera, biarkan teman atau keluarga yang jadi juru fotonya

Nggak perlu buang-buang uang dengan menyewa jasa foto pernikahan. Kalau hasilnya bisa sama, kenapa nggak menyewa kamera saja? Kamu hanya perlu meminta tolong pada teman atau keluarga yang memang punya kemampuan fotografi. Dengan begitu, kamu nggak perlu keluar biaya ekstra untuk membayar juru foto dan krunya.

 

(Artikel terkait: 7 Kesalahan Pengaturan Uang Rumah Tangga yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Juga)

 

Supaya lebih yakin kalau kamu dan pasangan bisa bikin resepsi nikahan dengan biaya 30 jutaan, berikut ini estimasi dana yang dapat kalian jadikan pertimbangan:

Sewa tenda buat di rumah Rp 4.000.000,00

Dekorasi Rp 4.000.000,00

Make-up & sewa baju Rp 3.000.000,00

Cincin kawin Rp 3.000.000,00

Undangan @ Rp 4000 x 100 Rp    400.000,00

Souvenir @ Rp 2000 x 100 Rp    200.000,00

Hidangan Rp 13.000.000,00

Sewa kamera Rp      500.000,00

Total Rp 28. 100.000,00

 

Menggelar resepsi pernikahan sebenarnya bisa murah asal kamu tahu trik-triknya. Selain itu, hindari untuk mengutamakan gengsi. Fokuslah pada makna dari pernikahan dan kesakralan pernikahan itu sendiri. Buktikan dengan budget sekitar Rp 30 jutaan saja kamu sudah bisa menggelar resepsi yang nggak terlupakan.

 

Eits… Jangan kelewatan juga informasi pinjaman online cepat mudah dari Tunaiku. Tunaiku adalah solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu.

Pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Yuk, langsung aja kita buka link berikut ini: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett

Butuh Pinjaman Cepat dan Mudah?

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett