SWARA – Menikah di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah. Banyak orang terpaksa menunda rencana pernikahan demi meminimalisir penyebaran wabah yang semakin meluas. Namun, di tengah situasi ini, muncul tren baru untuk mengadakan pesta pernikahan secara live streaming

 

Sama seperti aktivitas bekerja dan belajar mengajar, live streaming pernikahan dijalankan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Bahkan, saat ini telah banyak platform khusus yang menyediakan layanan live streaming khusus pesta pernikahan. 

 

Bagi kamu yang ingin menikah di tengah pandemi, metode live streaming bisa kamu jadikan alternatif pesta pernikahanmu.  Ikuti tips berikut untuk live streaming pesta pernikahanmu.

 

Mengenal Tren Micro Wedding dan Live Streaming Pernikahan

Sebagai upaya mengatasi penyebaran virus corona, banyak orang melakukan pesta pernikahan berskala kecil. Hal inilah yang disebut dengan micro wedding, di mana kapasitas tamu undangan berjumlah kecil dan bersifat lebih intim. 

 

Sebetulnya, micro wedding telah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Hanya saja, tren ini semakin memuncak saat situasi pandemi tak kunjung selesai. 

 

Bila kamu tetap ingin mengundang lebih banyak tamu di pesta pernikahanmu, kamu bisa mengombinasikan micro wedding dengan live streaming. Tamu yang tidak dapat hadir secara langsung tetap bisa merayakan hari bahagiamu melalui acara pernikahan yang disiarkan secara online

 

Sebelum pandemi, merayakan pesta pernikahan di rumah masing-masing mungkin terasa aneh. Tapi, saat ini hal tersebut justru menjadi tren yang sangat umum. Selain aman, live streaming pernikahan juga memungkinkan kamu untuk merayakan pernikahan dengan lebih intim dan sederhana.

 

Kelebihan Mengadakan Pesta Pernikahan dengan Live Streaming

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah live streaming pernikahan adalah pilihan yang tepat? Selama ini, kita terbiasa untuk menghadiri pesta pernikahan konvensional. 

 

Tentunya, wajar jika kita merasa asing dengan pernikahan secara live streaming

 

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan melaksanakan pesta pernikahan secara live streaming, seperti:

 

  • Biaya yang lebih murah

Biaya pernikahan yang perlu kamu siapkan akan jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan pernikahan konvensional. Tidak banyak tamu yang akan datang secara langsung, sehingga kamu tidak perlu menyewa tempat dengan kapasitas yang terlalu besar. Biasanya, pernikahan konvensional yang sederhana memiliki kisaran biaya Rp50-100 juta. Namun, dengan pernikahan live streaming, kamu hanya akan memerlukan biaya antara Rp20-30 juta.

  • Suasana lebih intim

Kebanyakan pasangan yang melakukan live streaming pernikahan akan merasakan suasana pesta yang lebih intim. Tidak ada tekanan untuk memuaskan terlalu banyak tamu, sehingga kamu dan pasangan bisa merencanakan pesta sesuai keinginan. Selain itu, tempat pesta hanya akan dihadiri secara langsung oleh teman dan keluarga terdekat. 

 

  • Tidak perlu menunda pernikahan

Salah satu kekhawatiran di tengah pandemi adalah dorongan untuk menunda pernikahan. Akan tetapi, hal ini tidak akan terjadi kalau kamu memilih untuk mengadakan pesta secara live streaming. Situasi pandemi tidak akan menghambat waktu pernikahanmu dan kamu tetap bisa merayakannya bersama dengan keluarga di manapun mereka berada.

 

Tips Menyelenggarakan Pesta Pernikahan dengan Live Streaming

Kalau kamu sudah yakin untuk mengadakan pesta secara live streaming, kini saatnya merencanakan langkah-langkah untuk mewujudkannya. Ikuti tips berikut ini untuk melaksanakan pesta pernikahan melalui live streaming:

 

  • Memilih layanan streaming 

Saat ini, ada banyak penyedia layanan live streaming yang bisa diakses di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, layanan yang umumnya digunakan adalah Zoom. Artis Indonesia Vebby Palwinta juga telah menggunakan layanan ini untuk live streaming pernikahannya.

 

Cobalah untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan dari setiap layanan, lalu pilih layanan yang paling sesuai denganmu. Kalau kamu punya anggaran yang mencukupi, kamu bisa juga memanfaatkan lebih dari satu layanan live streaming. 

 

  • Kirimkan undangan secara online

Setelah memutuskan layanan live streaming yang akan digunakan, kini saatnya kamu menyebarkan undangan ke teman-teman dan keluarga. Karena keterbatasan jarak, manfaatkan teknologi dengan menyebarkan undangan secara online, baik melalui email, media sosial, dan lain sebagainya. Jangan lupa, catat tanggal, waktu, serta link pernikahan live streaming di dalam undanganmu. Atau, kamu juga bisa mengikuti tren undangan saat ini dengan menggunakan QR code. 

 

  • Siapkan peralatan live streaming

Sama seperti pesta pernikahan konvensional, live streaming pernikahanmu juga memerlukan persiapan yang matang. Aspek terpenting yang harus dipersiapkan adalah peralatan live streaming seperti kamera, drone, tripod, lighting, dan lain sebagainya. Agar lebih mudah, kamu juga bisa menyewa jasa videographer khusus untuk membantu menyiarkan acara pernikahanmu.

 

  • Latihan

Sebelum live streaming dimulai, berlatihlah terlebih dahulu di depan kamera. Latihan akan membantumu dan pasangan mempersiapkan diri. Selain itu, kamu juga bisa memastikan kelancaran koneksi internet serta kamera yang digunakan sebelum live streaming dimulai. 

 

Oleh karena masih dalam situasi pandemi, live streaming pernikahan menjadi tren baru. Tren ini juga bisa kamu ikuti sebagai alternatif pernikahan konvensional.