SWARA – Mengadakan pesta pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, biaya nikah bisa jadi jauh lebih hemat. 

 

Di masa pandemi, banyak orang melangsungkan pernikahan di rumah. Selain itu, mereka juga hanya mengundang keluarga yang paling dekat saja. Hal ini memberi dampak besar pada menurunnya pengeluaran yang diperlukan untuk menikah. 

 

Cara Hemat Biaya Nikah di Tengah Pandemi

 

Meskipun menghemat, bukan berarti acara pernikahanmu akan berlangsung buruk. Selama kamu tahu apa saja pos pengeluaran yang perlu dibatasi, kamu bisa melangsungkan pernikahan yang menyenangkan dengan biaya minim. 

 

Jika ingin menghemat biaya nikah, berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan: 

 

  • Memilih lokasi yang gratis

 

Lokasi pesta seringkali menjadi pos pengeluaran yang paling besar dalam anggaran pernikahan. Di masa pandemi, kamu bisa memilih lokasi yang gratis, seperti di rumah atau di KUA saja. 

 

Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk melangsungkan pemberkatan atau akad nikah tanpa pesta. Acara pemberkatan atau akad nikah bisa dilangsungkan di gedung ibadah, jadi kamu tidak perlu membayar biaya lokasi yang mahal. 

 

  • Mengadakan resepsi virtual

 

Saat ini, menikah secara virtual juga sedang tren. Kamu bisa menyewa sebuah lokasi kecil, mungkin di aula atau restoran, dan hanya mengundang keluarga dekat saja.

 

Sementara, tamu undangan lainnya bisa mengikuti resepsi secara virtual melalui live di media sosial, aplikasi Zoom, dan lain sebagainya. Hal ini juga akan mengurangi banyak biaya, karena kamu tidak perlu menyediakan katering untuk tamu undangan dalam jumlah besar. 

 

  • Undangan digital

 

Kalau sebelumnya banyak orang membagikan undangan fisik, sekarang kamu bisa memberikan undangan secara digital. Kamu akan menghemat biaya untuk mencetak dan mengirimkan undangan. 

 

Karena keterbatasan jarak dan waktu, undangan digital bisa menjadi solusi terbaik jika ingin mengumumkan acara pernikahanmu kepada orang lain. Manfaatkan media sosial untuk membagikan undangan digital tersebut. 

 

  • Dekorasi sederhana

 

Penentuan dekorasi sebenarnya bisa disesuaikan dengan lokasi resepsi yang kamu pilih. Kalau kamu memilih menikah di KUA, tentunya kamu tidak perlu pusing memikirkan dekorasi yang mewah. Dengan begitu, biaya nikah akan jadi jauh lebih hemat. 

 

Jika kamu menikah di rumah, kamu bisa memilih dekorasi yang sederhana. Dekorasi yang terlalu mewah juga akan jadi sia-sia, karena tidak banyak tamu undangan yang diperbolehkan untuk hadir. 

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menikah di Tengah Pandemi

 

Selain cara-cara yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan supaya bisa menikah dengan hemat. Pertimbangkan ini sebelum merencanakan anggaran pernikahanmu:

 

  • Tidak menggunakan utang

 

Sebaiknya, jangan menggunakan utang untuk mendapatkan biaya pernikahan. Utang lebih baik digunakan untuk keperluan yang produktif dan menghasilkan, misalnya sebagai modal usaha atau sebagai biaya pendidikan.

 

Acara pernikahan hanya berlangsung sekali seumur hidup. Setelah acara selesai, uang yang sudah kamu keluarkan tidak bisa memberikan keuntungan. Jadi, hindari menggunakan utang untuk membiayai acara pernikahanmu. 

 

  • Jasa WO tidak lebih dari 10 persen pengeluaran

 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, acara pernikahan cenderung lebih sederhana. Jadi, kamu juga tidak perlu menggunakan jasa wedding organizer (WO) yang terlalu mewah. Pastikan biaya WO yang kamu pilih tidak melebihi 10 persen anggaran biaya nikah.

 

Kamu bisa memilih WO yang sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan resepsi pernikahan virtual. Jika ingin berhemat, kamu bisa meminta bantuan keluarga atau teman sendiri untuk mengurus acara pernikahan.

 

  • Jangan gunakan dana darurat

 

Dana darurat harus dibedakan dengan tabungan. Dana darurat hanya boleh dipakai ketika terjadi situasi mendesak, misalnya saat memerlukan biaya untuk pengobatan. 

 

Sebaiknya, sejak awal kamu dan pasangan sudah mempersiapkan tabungan khusus untuk menikah. Tabungan itu nantinya dialokasikan untuk mengadakan acara pernikahan dan juga untuk kebutuhan rumah tangga jangka panjang. 

 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menghemat biaya nikah. Kamu bisa memanfaatkan situasi pandemi ini untuk mengurangi pengeluaran dalam jumlah besar di acara pernikahan.