Beranda > Gaya Hidup > Nggak Harus Keluar Biaya Banyak untuk Pesta Pernikahan Berkesan, Lakukan 9 Cara Ini!

Nggak Harus Keluar Biaya Banyak untuk Pesta Pernikahan Berkesan, Lakukan 9 Cara Ini!

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Nggak Harus Keluar Biaya Banyak untuk Pesta Pernikahan Berkesan, Lakukan 9 Cara Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Bukan hanya bagi mereka yang menjalani, pernikahan juga ditunggu-tunggu oleh pihak keluarga yang terlibat, hingga teman terdekat. Besar harapan mereka, momentum yang harusnya terjadi sekali seumur hidup ini berjalan megah dan mewah. Pokoknya, worth to remembered, lah.

 

Masalahnya, ekspektasi tinggi kerap kali bikin pusing sendiri. Ingin membuat pernikahan yang megah, mewah, dan layak dikenang, tetapi bujet terbatas.

 

Nah, daripada pusing pinjam sana-sini, atau justru sakit hati lantaran jumlah amplop nggak sesuai perkiraan, ada baiknya kamu pikir-pikir ulang, deh. Nah, sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa cara membuat pesta pernikahan yang berkesan, tetapi juga ramah kantong.

 

Artikel Terkait: Cara Mengatur Keuangan untuk Pasangan

  1. Pentingkah Punya Tabungan Bersama Sebelum Menikah? Perhatikan 7 Hal Ini!
  2. Hindari 5 Kesalahan Mengatur Keuangan yang Bisa Memicu Masalah Rumah Tangga Ini
  3. Biaya Menikah di Gedung dan Kebun, Mana yang Lebih Murah?

 

1. Tamu secukupnya

Nggak perlu terlalu heboh mengundang tamu, ya. Cukup yang benar-benar dekat dalam hidup kamu, seperti keluarga, sahabat, atau rekan kantor. Selain efektif memangkas biaya, cara ini juga bisa membuat pernikahanmu jadi lebih intim dan sakral.

 

2. Garden party

Selain harga sewa yang mahal, beberapa pesta pernikahan di gedung juga terkesan biasa saja. Makanya, kalau kamu ingin membuat acara yang berkesan, hindari pesta pernikahan di gedung, ya. Sebagai gantinya, manfaatkan halaman atau taman milik kamu, keluarga, atau mungkin orang terdekat.

 

3. Pilih yang paketan

Seandainya kamu tetap ingin menikah di gedung, ada baiknya pilih paket pernikahan yang all in one. Biasanya, kamu sudah bisa mendapatkan katering, dekorasi, foto, pakaian pengantin, dan tata rias dalam satu paket.

 

4. Satu tempat untuk resepsi dan akad nikah

Beberapa orang cenderung melakukan akad di tempat ibadah, lalu menyelenggarakan pesta di tempat lain. Nah, jika ada dari kamu yang nggak masalah dengan hal itu, ada baiknya lokasi resepsi dan akad dilangsungkan di satu tempat saja.

 

5. Satu hari untuk resepsi dan akad nikah

Selain di satu tempat yang sama, kamu bisa, lho, melangsungkan akad nikah dan resepsi secara berurutan. Tujuannya, untuk menghindari biaya yang nggak terduga. Apalagi, langsung menyelenggarakan akad dan resepsi di hari yang sama juga bisa meminimalkan terjadinya miss.

 

6. Membeli bahan pakaian antara bulan Maret dan Juni

Konon, di bulan-bulan tersebut, harga bahan sedang turun-turunnya. Sebaliknya, hindari membeli bahan menjelang hari raya besar, sebab biasanya–pada saat itu harganya jadi naik.

 

7. Jangan “memanjakan” tamu

Umumnya, kehadiran pelayan dalam pesta pernikahan jadi satu hal yang nggak bisa dipisahkan. Jasa pelayan kerap digunakan untuk melayani tamu undangan. Nah, saat pernikahanmu nanti, nggak ada salahnya kamu membiarkan tamu undangan untuk “melayani” dirinya sendiri. Selain memangkas biaya yang nggak perlu-perlu amat, self service bisa membuat suasana jadi lebih hidup.

 

Artikel Terkait: Seluk beluk Dunia Pernikahan

  1. Pinjam Uang untuk Menikah, Menyelesaikan atau Menambah Masalah?
  2. Realistis, Cinta Juga Butuh Materi, Hindari 5 Kesalahan Ini!
  3. Haruskah Pernikahan di Indonesia Memakan Biaya yang Fantastis?

 

8. Menu Hidangan yang Pasti Dimakan

Kadang, saking ingin memuaskan tamu–pasangan suka sekali memesan makanan yang nggak biasa. Nah, kebiasaan ini harus dihindari. Soalnya, kamu sudah membuang bujet untuk sesuatu yang belum pasti disukai orang. Itu pun kalau habis dimakan!

 

Cukup pilih jenis makanan yang umumnya disukai banyak orang. Cara lain, kamu bisa menghidangkan beberapa jenis makanan umum dan biarkan para tamu berkreasi sendiri.

 

9. Berkreasilah

Ajak pasangan atau orang terdekat untuk membuat undangan yang manis dari hasil karya tangan. Nah, ingin lebih hemat? Cukup gunakan media sosial untuk menyebarkan undangan. Toh, setelah mengetahui detail undangan–lokasi dan waktu pesta–undangan nggak akan digubris lagi oleh para tamu. Satu lagi, kalau kamu punya waktu lebih, nggak ada salahnya bikin suvenir sendiri. Makin hemat, kan?

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat bujet pernikahan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett