Beranda > Gaya Hidup > Merasa Nggak Punya Hobi? Waspada, Inilah 5 Dampak Buruknya!

Merasa Nggak Punya Hobi? Waspada, Inilah 5 Dampak Buruknya!

Merasa Nggak Punya Hobi? Waspada, Inilah 5 Dampak Buruknya!watermark

TUNAIKU.COM  – Saya memiliki beberapa teman dan kenalan yang ketika ditanya hobi mereka apa, jawabannya adalah “tidak ada” atau sekadar “menonton televisi”. Kalau sudah seperti itu, terkadang saya mati kutu. Soalnya, saya suka membaca, dan kadang-kadang berharap kenalan baru memiliki hobi yang sama, hehe. Menemukan orang yang hobinya sama itu menyenangkan. Wawasan bisa bertambah luas dan ada kebahagiaan sendiri ketika membicarakan hal yang kamu suka dengan orang lain.

 

Ya, di kota besar seperti Jakarta, bagi saya memiliki hobi itu wajib. Hobi, apa pun itu, bisa menyegarkan pikiran dan mengalihkan kebosanan. Apalagi jika sudah bekerja. Hobi itu bisa mengusir penat dan bikin kamu satu tingkat lebih bahagia.

 

Usut punya usut, ternyata memiliki hobi itu secara umum cukup penting untuk kehidupan seseorang, lho. Misalnya, teman saya yang hobi menulis. Dia bisa menghasilkan penghasilan tambahan dengan menjadi penulis lepas di beberapa media alternatif. Ada juga teman saya menyukai kegiatan bersepeda setiap akhir pekan.

 

Selain menjalani gaya hidup sehat, dia juga memiliki teman baru dari komunitas sepedanya.

 

Artikel Terkait: Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Hobi

  1. Food Blogger: Dari Hobi Foto Makanan Jadi Pekerjaan
  2. Ubah Hobi Main Game-mu Jadi Sumber Penghasilan
  3. Untuk Kamu yang Hobi Pergi ke Salon, Ini Etika dan Jumlah Ideal Memberi Tip

 

Meski begitu, tetap saja ada orang yang tidak memiliki hobi. Lalu, kalau tidak punya hobi, kira-kira seperti apa ya dampaknya? Simak, yuk lima poin berikut.

 

1. Lebih gampang stres

Tahu nggak, sih, terlalu fokus pada hal serius dan menyita tenaga bisa memicu stres, lho? Banyak penelitian mengungkapkan, memiliki hobi berkaitan erat dengan tingkat depresi dan kesehatan fisik seseorang. Misalnya, penelitian dari Positively Present menyatakan, seseorang yang terlibat dalam aktivitas menyenangkan cenderung punya tekanan darah, jumlah kortisol, lingkar pinggang, dan indeks massa yang lebih rendah. Tingkat depresinya pun lebih kecil. Sebaliknya, kalau terus menerus terpaku pada must-to-do  list yang begitu-begitu saja, lama-lama kamu bisa tertekan.

 

2. Social network tidak berkembang

Memiliki hobi tertentu bisa meningkatkan relasi sosial seseorang di komunitasnya. Dengan hobi, kamu bisa memiliki teman baru. Bahkan, terkadang hobi juga melancarkan karier atau bisnis seseorang. Orang-orang bisa bertemu rekan bisnis di padang golf, misalnya. Di situasi lain, dua orang yang bercita-cita menjadi penulis bisa sama-sama saling memotivasi. Bisa jadi kalau tidak punya hobi bikin kamu stuck di posisi kamu sekarang.

 

Artikel Terkait: Manfaat Pinjaman Tanpa Agunan  

  1. Ini Rincian Renovasi Kamar Tidur, Pinjaman Tanpa Agunan Bisa Bantu Wujudkan!
  2. Wahai Perempuan, Pinjaman Tanpa Agunan Tunaiku Bisa Bantu kamu Menjalani Pemeriksaan Kesehatan!
  3. Apa Kata Mereka Tentang Pinjaman Tanpa Agunan dari Tunaiku?

 

3. Kehilangan kesempatan menghasilkan uang tambahan

Hobi itu bisa juga berarti peluang. Seseorang yang memiliki hobi memasak, misalnya, bisa membuka bisnis katering. Walaupun tidak selalu menjadi peluang bisnis, tetapi tidak memiliki hobi berarti kamu ‘kehilangan’ berbagai kesempatan untuk meningkatkan kondisi finansial sendiri.

 

4. Pikiran suka mumet

Memiliki hobi ternyata bikin pikiran lebih kreatif, lho. Bergelut dengan hal-hal yang kamu sukai, seperti menulis, membaca, memasak, atau berkebun, akan bikin kamu selalu mencari cara agar menjadi lebih baik di bidang yang kamu sukai. Dengan begini, kamu akan terdorong untuk berpikir kreatif.

 

5. Pribadi yang membosankan

Tidak ada orang yang dituntut untuk selalu menjadi pribadi yang menyenangkan. Namun, yakin, deh, kalau memiliki hobi, kamu bakal lebih menarik dan bersemangat. Kalau suka membaca buku, kamu bakal menjadi orang yang berpengetahuan luas. Suka menonton MotoGP juga sah-sah saja. Bayangkan, waktu yang seru dan aliran adrenalin ketika menonton bareng teman-teman kamu. Memiliki hobi itu bebas, asal positif dan membawa kesenangan di dalam hidup. Tapi kalau nggak punya hobi, bisa jadi kamu menjalani hidup yang membosankan.

 

Sekali lagi, ternyata memiliki hobi itu cukup penting, ya! Hidup bisa lebih berwarna dan menyenangkan. Tidak melulu mengurus kerjaan atau hal-hal serius dan bikin kening berkerut. Buat kamu yang belum punya hobi, segera cari tahu hal yang bikin kamu tertarik. Hidup ini singkat. Sayang kalau dilewatkan tanpa melakukan hal menarik. Setuju, nggak?

 

Pinjaman Tunaiku

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett