Beranda > Gaya Hidup > Menjadi Perempuan Karier Sambil Memberikan ASI Eksklusif ke Buah Hati? Bisa dong!

Menjadi Perempuan Karier Sambil Memberikan ASI Eksklusif ke Buah Hati? Bisa dong!

Menjadi Perempuan Karier Sambil Memberikan ASI Eksklusif ke Buah Hati? Bisa dong!watermark

TUNAIKU.COM – Kehadiran si buah hati merupakan hal paling membahagiakan bagi Anda dan pasangan. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya bisa berkembang dan bertumbuh dengan baik. Oleh karena itu, banyak bayi yang mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya hingga usia minimal 6 bulan. Lalu bagaimana jika Anda seorang perempuan karier? Mungkin izin cuti dari kantor telah habis, sehingga Anda pun harus kembali ke kantor. Alhasil pemberian ASI eksklusif pun jadi terhambat.

Padahal ASI merupakan pilihan yang terbaik jika dibandingkan susu formula karena kandungan gizinya sangat sempurna. ASI bermanfaat untuk membangun kecerdasan anak. Selain itu, anak juga akan lebih kebal dalam menghadapi serangan penyakit. Anda bisa memberikan ASI kepada si buah hati setiap hari dengan cara memerahnya kemudian menyimpannya menjadi ASI Perah (ASIP). Ada beberapa tips bagi Anda yang merupakan perempuan karier dalam memberikan ASI eksklusif bagi buah hati. Yuk simak tips di bawah ini!

 

  • Metode ASI segar

Metode pertama yang bisa Anda lakukan ialah ASI segar. Cara ini bisa bertahan mulai empat hingga 24 jam dalam suhu ruang tertentu. Jika Anda menyimpan dalam suhu ruang 15 derajat Celcius, maka ASI ini akan aman dikonsumsi dalam 24 jam. Sedangkan jika disimpan dalam suhu ruang sebesar 19 hingga 22 derajat Celcius, akan mampu bertahan selama 10 jam. Kemudian  suhu ruang 25 derajat Celcius akan mampu bertahan empat hingga delapan jam. Apabila bayi Anda belum bisa menyusu, Anda bisa tetap memerah ASI agar bayi tetap bisa mendapat asupan kolostrum, cairan berwarna bening hingga jingga kental dan lengket yang keluar selama beberapa hari paska persalinan. Setelah melewati masa produksi kolostrum, payudara ibu akan memproduksi ASI yang matang.

 

  • Metode ASIP beku

Apabila ASIP telah disimpan pada jangka waktu tertentu di freezer, maka ASIP akan menjadi beku. Sebelum dikonsumsi, Anda harus mencairkannya secara perlahan dalam lemari es. Anda bisa menyimpan ASIP beku di dalam lemari es hingga 24 jam, kemudian baru diberikan kepada bayi. Namun batas maksimal penyimpanan ASIP beku di dalam suhu ruangan hanya selama empat jam saja.

  • Metode ASIP yang telah dicairkan dengan air hangat

ASIP yang sudah dicairkan dengan air hangat sebaiknya segera diminum oleh bayi. Anda bisa menyimpannya ke dalam botol atau wadah di lemari es selama kurang lebih empat jam atau hingga jadwal minum ASIP berikutnya berlangsung. Namun jangan memasukkan ASIP tersebut ke dalam freezer lagi.

  • Metode ASIP adalah sekali minum saja!

Metode keempat ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya menyimpan ASIP sesuai dengan takaran pemakaian. Apabila Anda menyimpan dalam wadah yang melebihi takaran penggunaan, kemudian tersisa, maka ASIP tersebut harus dibuang. Jangan menyimpan ASIP tersisa yang telah diminum bayi dari botol yang sama di dalam lemari es maupun freezer.

Itu tadi beberapa cara untuk memberikan ASI kepada bayi Anda, walaupun Anda sibuk bekerja di kantor. Dengan memberikan ASI, anak Anda akan tumbuh menjadi lebih cerdas dan sehat. Selain itu, dengan memberikan ASI eksklusif maka Anda akan lebih berhemat karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli susu formula.

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett