Beranda > Gaya Hidup > Mendingan Beli Rumah di Kompleks Perumahan atau Cluster?

Mendingan Beli Rumah di Kompleks Perumahan atau Cluster?

Mendingan Beli Rumah di Kompleks Perumahan atau Cluster?watermark

TUNAIKU.COM – Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi. Kesesuaian dengan kebutuhan, kecocokan harga, lingkungan dan keamanan tentu menjadi faktor utama dalam menentukan hunian baru. Tinggal di jenis hunian apapun pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kompleks perumahan terdiri dari banyak rumah hunian dengan tipe rumah tertentu yang kadang berbeda satu sama lain.

Sedangkan pada rumah cluster hanya terdiri dari sejumlah rumah serupa yang tidak ada pagar penghalang antara satu rumah dengan lainnya, namun lingkungan tersebut dibatasi oleh pagar tinggi dengan sistem pengamanan yang baik. Jumlah unit rumah di dalam cluster biasanya lebih sedikit dibanding unit yang dibangun di kompleks. Bagi kamu yang memiliki target untuk membeli rumah dalam waktu dekatkali ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan tinggal di kompleks perumahan dan cluster.

 

1.  Lokasi

Kompleks perumahan memerlukan lahan yang luas untuk pembangunannya, sehingga digunakanlah lahan yang benar-benar baru dan belum banyak akses atau angkutan umum yang melalui kompleks tersebut. Selain itu jarak rumah dengan pintu masuk cukup jauh. Namun demikian biasanya kompleks perumahan telah memiliki nama besar sehingga mudah dicari dan ditemukan dalam peta serta memudahkan saat akan dikunjungi dengan kendaraan pribadi tentunya.

Berbeda dengan pembangunan cluster yang biasanya memanfaatkan lahan sempit di pinggir kota yang telah banyak dilewati angkutan umum. Cluster yang tidak seterkenal perumahan besar, posisinya akan lebih sulit ditemukan di peta. Hal ini bisa saja menyulitkan petugas pos atau pengantar makanan untuk mengantarkan barang kiriman kepada kamu.

 

2. Keamanan lingkungan

Kompleks perumahan yang memiliki beberapa akses jalan masuk membuat tingkat keamanannya rendah. Ada atau tidaknya petugas keamanan di suatu kompleks perumahan sangat tergantung pada inisiatif para warga kompleks perumahan. Berbeda dengan cluster yang hanya memiliki satu jalur masuk dan keluar, serta CCTV yang beroperasi 24 jam, sehingga memudahkan penjaga untuk memantau aktivitas di dalam cluster.

Selain itu, di beberapa cluster telah memberlakukan sistem ID Card, jadi hanya orang-orang tertentu saja yang diperbolehkan untuk memasuki cluster tersebut. Tapi bukan berarti orang luar tidak bisa masuk ke dalam cluster kalau ingin berkunjung. Hanya saja kemungkinan untuk meninggalkan KTP atau tanda pengenal lain, serta ditanya dengan detail oleh petugas keamanan itu pasti ada. Maklum, perumahan tipe cluster ini memang menjunjung tinggi tingkat keamanannya.

 

3. Keamanan bagi anak-anak

Luasnya lahan dan banyaknya fasilitas yang disediakan membuat orang tua sulit mengawasi anaknya di kompleks perumahan. Pada hunian cluster orang tua akan dengan mudah mengawasi anaknya karena arealnya yang tidak terlalu luas, anak-anakpun bisa lebih bebas menikmati waktunya di halaman yang terbuka karena akses masuk tamu terbatas dan tidak banyak kendaraan yang lalu lalang. Selain itu, sebagai orang tua juga lebih leluasa membiarkan anak bermain bebas di luar rumah karena sudah mengenal siapa saja tetangganya dan dengan siapa saja anaknya bermain.

 

4. Fasilitas

Lingkungan kompleks yang luas memungkinkan tersedianya beragam fasilitas seperti sekolah, tempat belanja, pusat kebugaran, lapangan tenis, kolam renang, dan taman. Sedangkan pada cluster yang memiliki lahan terbatas biasanya fasilitas umum ikut ke perumahan atau perkampungan yang sudah ada. Tapi karena cluster memiliki fasilitas yang terbatas, biasanya mereka menawarkan hal-hal lain yang bisa ditonjolkan, misalnya dari segi keamanan, privacy, atau akses angkutan umum.

 

5. Sosialisasi antarwarga

Banyaknya unit rumah, serta warga membatasi kamu untuk mengenal mereka semua. Namun adanya berbagai fasilitas di dalam kompleks akan menjembatani kamu untuk menjalin interaksi dengan penghuni lain. Di sisi lain, dengan jumlah warga yang terbatas dan tidak adanya pagar pembatas antar rumah yang menghalangi membuat suasana cluster terasa lebih akrab. Kamu bisa dengan mudah bertegur sapa dengan tetangga di sekitar.

 

Semoga artikel tentang lebih baik membeli rumah di kompleks perumahan atau cluster yang kamu baca hari ini bermanfaat! Oh iya, ada satu manfaat lagi yang nggak boleh kamu lewatkan. Solusi keuangan bagi kebutuhan-kebutuhanmu sekarang hadir lebih dekat, lebih mudah, dan lebih cepat.

Kamu dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kredit di Tunaiku. Info lebih lanjut bisa dilihat di link berikut: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett