Beranda > Gaya Hidup > Masih Pacaran Sudah Punya Rekening Bersama? Penting Nggak, Sih?

Masih Pacaran Sudah Punya Rekening Bersama? Penting Nggak, Sih?

Masih Pacaran Sudah Punya Rekening Bersama? Penting Nggak, Sih?watermark

TUNAIKU.COM – Sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, banyak pasangan yang memilih terlebih dahulu menjalani masa pacaran. Biasanya, masa pacaran ini diisi dengan fase saling mengenal sifat, karakter, kebiasaan, hingga rencana-rencana di masa depan.

 

Kamu dan pasangan pastilah ingin menjadi pasangan yang kompak saat menjalani kehidupan rumah tangga nantinya. Alhasil, semenjak pacaran kamu pun sudah mulai menyamakan persepsi tentang rencana untuk masa depan nanti. Salah satunya adalah soal membuat rekening bersama.

 

Namun, sebenarnya apakah perlu membuat rekening bersama dengan pasangan? Apa saja sih dampak positif dan negatif dari keputusan untuk membuat rekening bersama ini?

 

Artikel Terkait: Tips pacaran hemat dan bahagia

  1. Kenali 5 Tanda Gaya Pacaran yang Bikin Boros Berikut!
  2. Agar Pengeluaran Bulananmu Tetap Terjaga, Ini 5 Tips Kencan Hemat Bareng Pasangan
  3. QUIZ: Cari Tahu Jenis Kencan Hemat yang Tepat Buat Kamu!

 

Positif

1. Kalian akan saling mengenal kebiasaan mengelola uang

Kamu dan dia perlu untuk saling tahu tentang bagaimana masing-masing dari kalian mengelola keuangan. Apakah kamu tipikal orang yang boros di awal bulan lalu berhemat di akhir bulan? Apakah pasanganmu sangat royal pada keluarga atau hobi yang disukainya?

Pemahaman seperti ini bisa diketahui saat kalian mengelola rekening bersama dan bisa jadi bekal saat nanti membina rumah tangga.

 

2. Bisa saling berkomitmen untuk masa depan

Kemauan untuk memiliki rekening bersama adalah bukti bahwa kamu dan pasangan ingin serius menjalani hubungan. Ketika kalian sudah memikirkan untuk mengatur keuangan berdua, tandanya ada komitmen yang kuat dalam hubungan.

Komitmen ini secara otomatis mendorong kalian untuk memiliki komitmen juga dalam mengatur keuangan. Selain menjadi lebih mantap untuk berhemat, segala hal terkait masalah keuangan akan dibicarakan berdua.

 

3. Semangat menabung lebih tinggi

Punya rekening bersama berarti kalian sudah serius menyiapkan masa depan bersama. Termasuk menikah dan berkeluarga. Keinginan ini pastinya membuat kamu dan dia lebih semangat dalam menabung.

Pastinya dalam rencana masa depan ini, kalian sudah tahu bahwa banyak sekali biaya yang dibutuhkan untuk pernikahan, membeli rumah hingga kendaraan. Ketika sudah punya rekening berdua, menabung di rekening bersama ini bisa jadi prioritas kalian.

 

Negatif

1. Rentan terjadi masalah keuangan

Nggak bisa dipungkiri bahwa pacaran adalah proses untuk menyesuaikan diri yang kadang menimbulkan pertengkaran. Termasuk dalam mengelola keuangan melalui rekening bersama. Maklum saja, masalah uang sering kali jadi masalah yang sensitif dalam hubungan. Saat masalah kecil terkait keuangan nggak bisa diselesaikan dengan baik, hubungan kalian bisa jadi taruhannya.

 

2. Dipandang kurang baik oleh beberapa pihak

Sebut saja orang tuamu, orang tua pasangan, atau teman-teman terdekat kalian yang tahu akan hal ini. Umumnya akan muncul anggapan miring dari orang lain ketika kalian yang masih pacaran sudah membuat rekening bersama. Misalnya, kecurigaan akan ada salah satu pihak yang memanfaatkan dan mencari keuntungan. Atau anggapan dari pihak luar bahwa mempunyai rekening bersama ini berarti kamu dan pasangan sudah melangkah terlalu jauh.

 

Artikel Terkait: Tips untuk kamu yang ingin segera menikah

  1. 7 Tips Kejar Target Nikah dalam Waktu 6 Bulan! Berani Buktikan?
  2. 4 Hal Ini Sering Luput Ketika Bahas Perjanjian Pra-Nikah
  3. 5 Keluhan yang Umum Dialami Oleh Pasangan yang Baru Menikah

 

3. Masalah saat akhirnya putus

Nggak ada yang bisa menjamin bahwa hubungan kalian akan bertahan selamanya. Seiring berjalannya waktu, kamu atau dia mungkin merasakan ketidakcocokan sehingga satu-satunya jalan adalah memilih untuk putus.

Ketika hal ini terjadi dan kalian memiliki rekening bersama, tentu butuh kedewasaan untuk menyelesaikannya. Apakah kamu dan dia bersedia membagi tabungan tersebut dengan adil dan damai? Ataukah salah satu dari kalian memilih merelakan uang tabungannya diambil salah satu pihak saja? Nah, bisa jadi konflik yang bikin repot, kan?

 

Nah, bagaimana dengan artikel hari ini, Kawan Tunaiku? Semoga bisa bermanfaat buat kamu dan jangan lupa, kamu juga bisa merasakan mudahnya melakukan pengajuan pinjaman di Tunaiku dengan klik di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett