Beranda > Gaya Hidup > Ketahui Hal-hal Berikut Sebelum Membeli Sepatu Olahraga

Ketahui Hal-hal Berikut Sebelum Membeli Sepatu Olahraga

Ketahui Hal-hal Berikut Sebelum Membeli Sepatu Olahragawatermark

TUNAIKU.COM – Sekitar pertengahan 2013, saya mulai rutin joging. Pada saat itu, saya masih menggunakan sneaker dari zaman kuliah. Nah, karena baru mulai bekerja, saya cenderung masih ingin berhemat. Nggak heran, kalau saya mengabaikan keamanan kaki saya sendiri.

 

Alih-alih menyenangkan, terbiasa lari dengan sneaker justru membuat saya semakin tidak nyaman. Masalah bukan di olahraganya, melainkan efek panas dan bau tidak sedap pada kaki, sehabis berlari. Saat sedang berlari pun, kulit kaki sering bergesek dengan bagian dalam sepatu. Wajar saja, sih, karena sepatu kasual memang dirancang untuk santai. Fungsinya jadi kurang maksimal, ketika dijadikan sepatu lari.

 

Setelah beberapa kali keseleo, saya memutuskan untuk membeli sepatu khusus lari. Bagaimanapun, saya sadar, kenyamanan berlari sangat penting. Sayangnya, begitu tiba di toko, saya dihadapkan pada banyak pilihan. Dari situ saya tahu, ada beragam tipe dan kebutuhan running shoes, seperti untuk trail running, lari di permukaan off road, maraton, hingga lari di bidang datar semisal aspal.

 

Informasi lain yang saya dapatkan, sepatu juga dirancang berdasarkan fungsi. Misalnya,running shoes didesain untuk bergerak ke satu arah, sehingga bahannya lebih lentur. Biasanya, running shoes punya daya tahan yang lebih kuat, karena menitikberatkan pada lapisan luar.

 

Duh, pusing juga ya memilih sepatu. Untung saat itu, penjaga toko sabar menjelaskan. Nah, dengan pengalaman ini juga saya jadi sadar, penting banget paham, atau setidaknya tahu, beberapa hal umum seputar sepatu olahraga. Dari situ juga, saya kapok pakai casual shoes untuk olahraga.

 

Buat kamu yang hobi olahraga dan berencana beli sepatu yang benar, berikut adalah hal-hal yang wajib kamu pertimbangkan. Baca baik-baik, ya, daripada salah beli lalu rugi.

 

Artikel Terkait: Punya Rencana Bisnis? Baca Artikel Berikut!

  1. Yuk, Iseng-iseng Pilih Ide Bisnis Terbaik Berdasarkan Tanggal Lahir!
  2. Bolehkah Rumah Tinggal Dijadikan Tempat Usaha?
  3. 5 Inspirasi Bisnis Limbah, Modal Kecil Banyak Untung

 

1. Ukuran nomor satu!

Ukuran adalah hal penting. Kurang atau lebih satu sentimeter saja bisa berpengaruh pada pergerakan kaki dan tubuh kamu. Karena itu, lebih baik kamu tahu betul panjang dan lebar kaki, juga standar ukuran merek sepatu yang kamu incar. Apalagi ketika kamu berbelanja secara online.

 

Bila membeli langsung ke toko, berbelanjalah di sore hari. Pada waktu ini, kakimu cenderung lebih ‘melar’. Dengan begitu, peredaran pun lebih lancar.

 

2. Sesuaikan sepatu dengan olahraga kesukaan kamu

Kamu wajib mengetahui jenis sepatu yang sesuai dengan olahraga yang digeluti. Hal ini sangat penting baik untuk kenyamanan maupun keamanan saat beraktivitas. Masing-masing sepatu dirancang sesuai dengan kegunaan dan jenis olahraga. Nah, kalau sampai salah beli, bisa berakibat cedera. Sepatu basket, misalnya, dirancang lebih ringan dan menyerap keringat karena aktivitas olahraga itu melibatkan banyak gerakan melompat dan lari.

 

3. Perhatikan bahan dan komponen sepatu

Ingat, sepatu olahraga itu utamanya adalah kenyamanan dan mampu menghindari kaki dari cedera. Maka, ketika hendak membeli, jangan memilih berdasarkan warna dan modelnya, ya!

 

Meski nggak berlaku mutlak, memilih sepatu hanya karena pertimbangan warna dan model, cuma bisa bikin risiko cederamu makin tinggi. Sebaliknya, hal-hal penting yang harus kamu perhatikan, seperti bagian sol, bantalan, maupun bahan sepatu.

 

Misalnya, jika kamu doyan zumba, maka penting banget pilih sepatu dengan bantalan yang fleksibel. Selain itu, jangan lupa soal bagian atas sepatu. Mulai dari yang sifatnya lentur, tipis, hingga sangat tebal. Nah, lagi-lagi, semuanya bergantung pada jenis olahraga yang akan kamu lakukan.

 

4. Bertanyalah pada penjaga toko

Malu bertanya, sesat di jalan. Hal ini juga berlaku saat ingin membeli sepatu olahraga. Bagaimanapun, penjual lebih tahu produk ketimbang si pembeli. Itu sebabnya, nggak ada salahnya bertanya dan kritis tentang produk. Asalkan, tidak rewel…

 

Artikel Terkait: Agar Kerja Semakin Lancar

  1. 5 Aplikasi yang Bisa Bikin Pekerjaanmu Semakin Terkoordinir
  2. Miliki 3 Karakter Teman Kerja Seperti ini, Dijamin Tim Kerjamu Jadi Paling Sukses
  3. Untuk Personal atau Brand, Ini 10 Strategi Marketing di Instagram yang Sering Dilupakan

 

Itu beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan ketika hendak membeli sepatu olahraga. Hal ini sangat penting agar aktivitas lebih maksimal dan dampak olahraga pun positif terhadap tubuh (bukan malah menghasilkan cedera). Ingat juga, hindari pemakaian sepatu kasual untuk olahraga. Toh, bukankah lebih baik mengeluarkan uang untuk sehat, daripada mengobati cedera?

 

Pinjaman Tunaiku

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett