Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Self reward adalah segala kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memberikan apresiasi kepada diri sendiri atas usaha, kerja keras, atau pencapaian yang sudah dilakukan. Bentuk penghargaan kepada diri sendiri ini penting untuk dilakukan apalagi bagi kamu yang statusnya sebagai pekerja kantoran.

 

Salah satu aktivitas yang baik untuk self reward adalah traveling. Amankan budget travelingmu dengan menghitungnya lewat Kalkulator Finansial dari Swara Tunaiku di sini.

 

Pentingnya self reward bagi pekerja kantoran

 

self reward

 

Ada beberapa alasan mengapa self reward sangat penting dilakukan apalagi bagi pekerja kantoran.

 

1. Self reward mencegah burnout dan stres

 

Salah satu manfaat dari self reward adalah menghindari kamu dari rasa burnout dan stres berlebihan. Pada dasarnya, pekerjaan yang tiada habisnya cenderung membuat pikiran dan mental menjadi lelah dan akhirnya berujung stres.

 

Dengan memberikan self reward, pikiran akan sedikit teralihkan dari rutinitas pekerjaan sehingga pikiran akan kembali normal.

 

Baca juga: Waspada Burnout, Kenali Ciri-ciri dan Cara Mencegahnya!

 

2. Tanda menghargai diri sendiri

 

Ada petuah yang mengatakan bahwa bekerjalah untuk hidup, jangan hidup untuk bekerja. Artinya, kamu harus memberikan ruang untuk dirimu keluar dari rutinitas pekerjaan yang tiada habisnya.

 

Self reward adalah bagian dari tanda bahwa kamu menghargai hidupmu sendiri. Fisik dan mental butuh timbal balik dari rutinitas pekerjaan yang ada. Ingat! Tak ada yang bisa membahagiakan diri selain yang empunya.

 

3. Memulihkan energi

 

Bekerja secara terus-menerus tanpa memberikan jeda pada diri pastinya akan berefek dengan pekerjaan. Ada sebuah kesalahpahaman yang menganggap bahwa semakin keras seseorang bekerja maka semakin produktif hasilnya.

 

Nyatanya, tubuh memiliki keterbatasan untuk bekerja, bila tubuh semakin dipaksa tanpa diberikan jeda maka bukan produktivitas “hasil” yang bertambah, melainkan rasa burnout dan stres. Pada akhirnya, pekerjaan akanĀ  menjadi berantakan dan tidak maksimal.

 

Memberikan hadiah kepada diri sendiri akan menciptakan nuansa baru bagi otak. Kondisi rileks yang dialami oleh otak akan memberikan efek pulih dan siap untuk menghasilkan ide-ide kreatif nantinya.

 

Self reward juga butuh dana. Yuk, gunakan fitur Celengan Senyumku untuk tabung dana persiapan self rewardmu agar gak mengganggu cashflow bulananmu. Coba di sini.

 

Pilihan self reward agar tabungan aman

 

Kita sudah ketahui bersama bahwa self rewards memiliki peranan penting untuk diri dan memiliki dampak yang baik terhadap kinerja.

 

Namun, yang menjadi dilema adalah bagaimana cara melakukan self reward yang aman agar tidak menghabiskan uang terlalu banyak.

 

Seringkali, masalah pegawai kantoran adalaj mengambil kesempatan untuk menghamburkan uang dengan alibi ingin self reward. Pertanyaannya, apakah memberi hadiah kepada diri sendiri harus dengan yang mahal?

 

Nah, di sini kami akan memberikan bagaimana sih tips agar self reward kita aman untuk keuangan?. Simak artikelnya, ya!

 

1. Traveling bersama teman

 

self reward

 

Traveling adalah salah satu kegiatan yang cukup memberikan ruang kepada pikiran dan mental untuk beristirahat.

 

Percayalah, self reward yang terbaik adalah keluar dari hiruk-pikuk rutinitas dan pergi melihat alam sekitar.

 

Kunjungilah tempat-tempat tertentu, maka kamu akan mendapat pengalaman-pengalaman unik yang akan merefresh ulang pikiran dan energimu.

 

Baca juga: Hati-hati, Self Reward yang Salah Bisa Bikin Boros!

 

Namun, terkadang traveling akan memakan biaya yang banyak jika dilakukan sendirian. Sebab, kamu perlu membayar semuanya sendiri. Berbeda jika kamu traveling mengajak teman yang satu frekuensi, tentunya kamu akan berbagi ongkos dan semuanya akan terasa lebih ringan.

 

Tentu saja, kamu harus menahan nafsumu untuk membeli barang-barang yang sejatinya tidak menambah value dalam hidupmu. Sebab, musuh terberat dari menghemat uang saat traveling adalah tak terkendalinya nafsu untuk membeli barang seperti cenderamata atau oleh-oleh.

 

2. Self reward dengan menonton di rumah

 

Jika kamu tipikal introvert yang harus mengisi energi sendirian, maka tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu menonton di rumah. Kamu cukup mengeluarkan beberapa rupiah untuk berlangganan film favoritmu.

 

Dengan melakukan self reward di rumah, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lainnya lagi. Cukup menghemaat, bukan?

 

3. Quality time dengan orang rumah

 

 

Bagi seorang pekerja yang rutinitasnya pergi pagi pulang malam, maka alternatif untuk merehatkan pikiran dari kerjaan adalah melakukan quality time dengan orang rumah.

 

Kamu bisa memilih cara quality time yang murah. Misalnya, masak bareng dengan orang rumah, makan malam bareng di pinggiran kota, atau sekedar jalan-jalan di taman pada malam hari.

 

Terkadang, menghabiskan waktu dengan keluarga akan membuat kamu lebih bersemangat lagi menghadapi hari-hari berikutnya. Bukan kah keluarga adalah hal penting dalam hidup?

 

Baca juga: Pentingnya Self Care untuk Kesehatan Mental dan Fisik

 

4. Sef reward dengan melakukan hobi

 

atur finansial

 

Jika kamu adalah seorang perantau dan tak bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, tenang saja. Kamu juga bisa self reward dengan mengerjakan hobi-hobi lama yang kini sudah jarang kamu sentuh.

 

Kamu juga bisa mengeksplor hobi baru, barangkali kamu bisa mendapatkan banyak inspirasi dengan hobi-hobi baru tersebut.

 

Pepatah mengatakan, jika sebuah hobi sudah menjadi pekerjaan, maka sudah seharusnya kamu mencari hobi baru. Jika kamu pada awalnya hobi menulis dan pekerjaan utamamu adalah memang penulis, kamu bisa mengulik hobi lain seperti bersepeda, memancing, melukis, dan lainnya.

 

Demikianlah pilihan yang dapat kami berikan. Namun, di luar dari hal tersebut, jangan pernah pelit terhadap diri sendiri. Kamu bekerja pastinya untuk membahagiakan diri sendiri dan keluarga, bukan? Maka dari itu, jangan sungkan untuk mengeluarkan uang demi menyenangkan diri dan keluarga, ya!

 

Tunggu apa lagi? Cobain fitur Celengen Senyumku agar keinginan self rewardmu segera terwujud. Coba di sini.