Dulu, pemeriksaan kesehatan atau medical check up mungkin hanya dapat dilakukan oleh golongan masyarakat kelas atas. Tapi, sekarang tidak lagi. 

 

Masyarakat kelas menengah dan kelas bawah pun dapat menikmati pemeriksaan kesehatan dengan kualitas yang baik, karena biayanya semakin murah dan layanannya tersebar semakin luas hingga ke wilayah pelosok. 

 

Perkiraan Biaya Medical Check Up Berdasarkan Paketnya

 

Tahukah kamu kalau ada banyak sekali paket-paket pemeriksaan kesehatan dengan layanan pemeriksaan yang beragam? Biayanya juga bervariasi, tergantung tempat, fasilitas, dan cakupan pemeriksaan.

 

Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan di rumah sakit maupun laboratorium. Kedua tempat tentu menyediakan paket-paket medical check up yang bervariasi. 

 

1. Pemeriksaan kesehatan umum

 

Jenis pemeriksaan yang paling sering dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan umum. Tindakan ini meliputi pemeriksaan secara menyeluruh terhadap semua fungsi tubuh. 

 

Pemeriksaan ini sangat komprehensif, meliputi pemeriksaan darah lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, asam urat, gula darah, jantung, paru-paru, dan ditambah USG abdomen.

 

Berbagai skrining juga dapat disediakan dengan pemeriksaan kesehatan umum yang meliputi skrining kanker, tumor, hingga hepatitis C. 

 

Untuk paket pemeriksaan kesehatan lengkap di rumah sakit maupun laboratorium ternama di Indonesia berkisar antara Rp1,5 juta hingga mencapai Rp7 juta.

 

2. Premarital check up

 

Premarital check up merupakan pemeriksaan kesehatan untuk calon suami istri. Pemeriksaan ini diperlukan untuk mengetahui kesiapan fisik pasangan sebelum menikah.

 

Pemeriksaan premarital check up umumnya meliputi cek golongan darah dan rhesus, analisa hematologi lengkap, tes urin untuk mengetahui kondisi ginjal, hingga pengecekan lain mengenai apakah ada virus atau penyakit yang dapat ditularkan ke pasangan.

 

Selain itu, ada pemeriksaan lain yang dibedakan antara pasangan pria dan pasangan wanita. Biasanya, pasangan pria juga akan melakukan pemeriksaan prostat. 

 

Sementara, wanita melakukan pemeriksaan pap smear untuk memantau kondisi serviks. Biaya premarital check up ini rata-rata berkisar antara Rp3 juta hingga Rp5 juta. 

 

3. Check up untuk calon karyawan

 

Paket medical check up ini disediakan khusus untuk karyawan yang akan masuk ke suatu pekerjaan. Ini sering dijadikan sebagai syarat penerimaan kerja di industri tertentu. 

 

Memang ada industri yang pekerjanya harus memiliki kualitas kesehatan baik. Sebut saja pilot, tentara, dan sebagainya.

 

Pemeriksaan kesehatan untuk karyawan meliputi pengecekan thorax, tes buta warna dan penglihatan, pengecekan kolesterol, hingga tes kejiwaan dan saat ini berlaku tes Covid-19.

 

Biaya paket ini biasanya sudah ditanggung oleh perusahaan, jadi sebagai calon karyawan kamu tidak perlu lagi mempersiapkan dana untuk pemeriksaan ini.

 

Dari mana mendapatkan dana untuk medical check up?

 

Pinjaman Uang Online Aman Terdaftar di OJK

 

Meskipun pemeriksaan kesehatan bukan merupakan kebutuhan medis mendesak, kegiatan ini tetap perlu dilakukan untuk mengetahui kesehatan diri sendiri.

 

Karena tidak bersifat mendesak, medical check up jarang ditanggung oleh asuransi maupun BPJS. Karena itu, kamu harus mempersiapkan dana pemeriksaan kesehatan secara mandiri.

 

1. Tabungan atau penghasilan sendiri

 

Dibandingkan perawatan medis lain, biaya pemeriksaan kesehatan cenderung tidak terlalu mahal. Sehingga, biaya tersebut bisa ditanggung sendiri dengan lebih mudah.

 

Untuk general check up rutin, kebutuhannya paling hanya dua kali saja dalam setahun. Tentu keperluan ini dapat dengan mudah dibayar dengan penghasilan atau dana tabungan pribadi. 

 

Artikel Terkait: Dana untuk Pemeriksaan Kesehatan

  1. Pengertian dan Manfaat Asuransi Kesehatan
  2. Membiayai Pengobatan Anak dengan BPJS

 

2. Menabung secara rutin

 

Jika diperlukan, kamu juga dapat menyiapkan jadwal pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahun. Karena sudah ada jadwal, maka kamu bisa mempersiapkan dananya dari jauh-jauh hari.

 

Dana tabungan untuk medical check up dapat ditabung setiap bulan lewat instrumen investasi seperti reksa dana pasar uang, dimana potensi kerugiannya sangat kecil. 

 

Selain itu, di era sekarang, ada pilihan lain untuk mengembangkan dana secara aman dan juga menguntungkan, seperti menabung di bank digital.

 

Dana tabungan ini juga dapat disiapkan melalui tabungan bank digital yang tentu akan memberikan return yang baik dengan tingkat keamanan tinggi. 

 

3. Biaya ditanggung pihak ketiga

 

Apabila pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk keperluan tertentu, seperti keperluan masuk universitas dan pekerjaan, biasanya akan ditanggung oleh kampus atau perusahaan. 

 

Biasanya, perusahaan atau universitas sudah bekerja sama dengan lab yang akan memeriksa calon pekerjanya secara gratis. Jadi, kamu bisa mengandalkan bantuan dari pihak ketiga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan yang menyeluruh.

 

Dalam menyiapkan dana untuk medical check up,yang perlu diperhatikan tentu adalah keamanan dari dana. 

 

Usahakan jangan sampai dana tabungan menurun. Itulah sebabnya, usakana hanya pilih instrumen investasi yang aman untuk mempersiapkan dana pemeriksaan kesehatan kamu.