SWARA – Kamu senang berolahraga sepeda? Kalau iya, kamu tentu tahu bahwa sepeda lipat kini sudah kian berkembang menjadi sebuah tren baru. Bukan hanya di kalangan orang dewasa saja, tren sepeda lipat ini juga cocok diterapkan untuk anak-anak. 

 

Panduan Memilih Sepeda Lipat untuk Anak

 

Memilih sepeda lipat untuk anak harus dilakukan dengan pertimbangan matang. Sebab, kenyamanan dan kualitas sepeda akan menentukan pengalaman anak ketika menggunakan sepeda tersebut. 

 

Jika sepeda yang dipilih memiliki kualitas buruk, maka akan berbahaya ketika digunakan oleh anakmu. Oleh karena itu, cobalah mengikuti panduan ini sebelum membeli sepeda lipat:

 

  • Material sepeda

 

Sepeda lipat biasanya memiliki bobot yang cukup ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Ringannya bobot sepeda ditentukan oleh material pembuatan sepedanya. 

 

Ada beberapa material yang umumnya digunakan untuk sepeda lipat. Salah satunya adalah steel, bahan yang memiliki harga paling terjangkau, tapi bobotnya paling berat di antara bahan lainnya. 

 

Kemudian, ada juga alloy, berupa aluminum campuran yang harga dan beratnya tergolong sedang. Terakhir ada carbon fiber yang bahannya sangat kuat dan ringan, namun harganya cenderung cukup mahal. 

 

  • Kemampuan lipat

 

Kemampuan lipat juga harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Sebab, sepeda lipat yang kurang berkualitas akan lebih sulit untuk dilipat, sehingga lebih sulit juga untuk dibawa-bawa.

 

Pertimbangkan ukuran sepeda ketika dalam kondisi terlipat. Semakin kecil ukurannya, tentu semakin baik. 

 

Selain itu, perhatikan juga kecepatan untuk melipat. Sepeda lipat yang kurang baik akan memakan waktu sampai dengan 5 menit untuk dilipat. Hal ini tentunya akan menyulitkan anak ketika bersepeda. 

 

  • Ukuran sepeda

 

Perbedaan ukuran sepeda lipat untuk anak ditentukan oleh besarnya roda sepeda. Ukuran sepeda juga perlu disesuaikan dengan usia anakmu. 

 

Misalnya, anak usia 4-6 tahun dianjurkan untuk menggunakan sepeda dengan ketinggian 100-120 cm. Sementara, anak usia 7-10 tahun dianjurkan memakai sepeda dengan tinggi 115-135 cm. Untuk anak usia 10 tahun ke atas, kamu bisa memberikan sepeda berukuran 145 cm ke atas.

 

Rekomendasi Sepeda Lipat untuk Anak

 

Supaya anak bisa bersepeda dengan nyaman dan mudah, kamu bisa memberikan sepeda lipat dengan beberapa alternatif di bawah ini:

 

  • Kouan

 

Sepeda lipat yang satu ini didesain khusus untuk anak perempuan. Warnanya didominasi warna cerah, dilengkapi dengan hiasan lampu yang bisa menyala di bagian roda. 

 

Oleh karena ukurannya cukup kecil, Kouan cocok untuk disimpan di bagasi mobil. Bukan hanya sepedanya saja yang bisa dilipat, rodanya juga bisa dibongkar pasang. Kamu bisa mendapatkan sepeda ini dengan harga mulai dari Rp700 ribu. 

 

  • Pacific 2990 HT-V Sepeda Lipat 16 Inci

 

Jenis sepeda lipat yang satu ini sebenarnya bisa juga digunakan oleh orang dewasa. Namun, karena ukurannya yang kecil, hanya 16 inci, sepeda ini juga cocok dihadiahkan untuk anak-anak.

 

Dibandingkan beberapa jenis sepeda lipat lainnya, Pacific 2990 HT-V memiliki harga yang tergolong cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp1,5 juta. 

 

  • Exotic

 

Exotic merupakan salah satu merek sepeda lipat, dengan desain sepeda yang cocok untuk anak perempuan maupun anak laki-laki. Material sepedanya terbuat dari bahan hi ten steel, sehingga membuat sepeda ini sangat kokoh.

 

Ketika membeli sepeda ini, kamu juga bisa mendapatkan ekstra roda kecil tambahan. Roda ini bisa dipasang apabila anak belum mahir dalam mengendarai sepeda roda dua. Sepeda ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp600 ribu.

 

  • United Stylo 16

 

United Stylo 16 merupakan salah satu sepeda lipat terjangkau yang cocok untuk anak usia sekolah dasar. Bannya berukuran 16 inci, sesuai untuk ketinggian anak-anak, namun tetap bisa dikendarai juga oleh orang dewasa.

 

Desain sepeda ini tampak berbeda dengan sepeda anak pada umumnya. Terdapat batang frame tengah yang menyerupai huruf ‘S’. United Stylo 16 bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp1,3 juta. 

 

  • United Genio Click Sepeda Lipat Anak 16 Inci

 

Sepeda United Genio Click memang dirancang untuk anak-anak usia sekolah. Rangka besinya kuat dan tahan banting, sehingga sepeda ini cocok dikendarai dengan kecepatan tinggi oleh anak-anak. 

 

Selain itu, sepeda ini juga dilengkapi dengan sistem rem yang sederhana. Jadi, tidak perlu takut anak kesulitan untuk mengerem ketika sedang berkendara. Harga sepeda ini cukup terjangkau, bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp950 ribu. 

 

Itulah beberapa rekomendasi sepeda lipat untuk anak yang bisa kamu jadikan pilihan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan bahan serta ukuran sepeda ketika akan membelinya, ya.