SWARA – Seiring berjalannya waktu, orangtuamu tak lagi seproduktif dulu. Masa pensiun mereka sudah ada di depan mata. Tapi itu tak berarti tanggung jawab mereka usai begitu saja. Beberapa kewajiban masih harus mereka penuhi, dengan kondisi keuangan yang semakin hari semakin kecil. Lantas, sebagai anak yang sudah bekerja, apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu mereka?

  1. Kamu punya adik yang masih sekolah? Ambil sebagian tanggung jawab orangtuamu untuk membiayai pendidikannya.

 

Seiring berjalannya waktu, orang tuamu nggak akan seproduktif dulu. Mereka akan memasuki masa pensiun. Penghasilan pun akan menurun drastis, sementara tanggungan mereka untuk kebutuhan adik-adikmu masih banyak. Nah, inilah saatnya kamu turun tangan. Kamu, sebagai seorang muda yang produktif, masih belum berkeluarga, sudah selayaknya membantu orangtuamu dengan mengambil sebagian tanggung jawab mereka untuk mengentaskan adik-adikmu, terutama dalam hal pendidikan.

 

  1. Membantu memenuhi keinginan orang tua, sah-sah saja ‘kan?

Pernahkah kamu berpikir, keinginan apa saja yang mungkin dikesampingkan orangtuamu demi memenuhi kebutuhanmu, terutama biaya pendidikan yang selangit? Ibumu mungkin punya keinginan untuk pergi traveling ke lokasi tertentu bersama ayahmu untuk menikmati bulan madu atau membeli rumah yang cukup layak untuk masa tua mereka, tapi semua itu harus tertunda karena kebutuhan sekolahmu lebih utama. Nah, inilah saatnya kamu membahagiakan mereka. Sisihkan sebagian penghasilanmu untuk uang muka KPR yang diidamkan orangtuamu. Atau, belikan mereka tiket liburan ke lokasi yang mereka idamkan. Tidak ada yang lebih memuaskan selain bisa membalas kebaikan orangtuamu, ‘kan?

 

  1. Sediakan sebagian kecil penghasilanmu untuk dikirim ke orangtua, apalagi kalau mereka hanya mengandalkan uang pensiunan saja.

Jika orangtua hanya mengandalkan uang pensiun untuk memenuhi kebutuhannya di masa tua ini, nggak ada salahnya kamu mengirimkan sedikit penghasilanmu. Mungkin sekiar 20% dari penghasilanmu tiap bulan. Paling tidak, itu membantu melonggarkan anggaran orangtuamu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

 

  1. Utang orangtuamu menumpuk? Nggak ada salahnya menyisihkan gaji untuk membantu melunasi. Toh, mereka hutang juga untuk biaya sekolahmu.

Mentang-mentang kamu sudah kerja dan tak butuh uang orangtua, bukan berarti kamu lepas tanggung jawab begitu saja. Kamu perlu tahu riwayat keuangan orang tuamu, termasuk hutang-hutang mereka. Ingat, hutang mereka salah satunya juga untuk kepentinganmu sekolah atau kebutuhanmu yang lain. So, sudah jadi tanggungjawabmu untuk ikut ambil bagian menyelesaikan permasalahan tersebut. Kamu pasti tak ingin ‘kan, orangtuamu menghabiskan masa tua dengan dikejar-kejar utang, sementara kamu nggak berbuat apa-apa?

 

Adakah keempat hal di atas yang masih jadi beban orangtuamu? Jika ya, sudah selayaknya kamu membantu untuk menyelesaikannya. Masalah mereka, adalah masalahmu juga. Karena seberapa suksesnya kamu, seberapa kayanya kamu saat ini, tak lepas dari peran mereka.

Punya pengalaman atau opini terkait hal ini? Yuk bagi di kolom komentar.