Jadi pengusaha dan memiliki keluarga itu memang memiliki beragam masalah. Salah satunya adalah dalamĀ cara atur waktu antara keluarga dan usaha. Nah, kesulitan ini pada akhirnya bisa saya atasi dengan metode berusia 100 tahun yang bernama Ivy Lee. Dilansir dari Moneysmart, metode ini bisa bantu kamuĀ atur waktu lebih baik. Seperti apa?

 

Apa Itu Metode Ivy Lee
Ivy Lee Metode Manajemen Waktu Ini Buat Buatmu Atur Waktu Antara Keluarga dan Usaha

Metode Ivy Lee dikatakan sebagai metode productivy hack yang telah berusia lebih dari 100 tahun yang bisa bantu kamu dalam memanajemen waktu antara keluarga dan usaha.

 

Metode ini pertama kali ditemukan oleh Rampton yang juga seorang CEO startup Due. Ia menerapkan metode ini dengan cara tak lebih melakukan 6 kegiatan dalam satu harisnya.

 

Sebelumnya, di malam hari ia telah mengurutkan daftar prioritas pekerjaan yang harus dilakukan keesokan harinya. Untuk membuat daftar ini, tak butuh waktu lama. Cukup 15 menit saja setiap harinya karena kalau kelamaan juga bisa menggangu waktu tidurmu. Dengan daftar yang kamu buat, kamu bisa lebih optimal dalam menjalani hari esok.

 

Ketika pagi datang, kamu bisa fokus dengan menyelesainkan daftar yang kamu buat satu persatu. Cara ini juga bisa mengurangi keletihanmu akibat banyaknya pekerjaan yang harus kamu lakukan setiap harinya. Dengan begitu, energi kamu juga bisa lebih terjaga.

 

Metode yang Telah Berusia 100 Tahun

 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, metode ini telah ada sejak 100 tahun yang lalu. Metode ini diyakini bisa menghilangkan keraguan dan meminimalisir kemungkinan kamu buang-buang waktu di pagi hari sehingga bisa jadi lebih efektif. Metode ini pertama kali diterapkan pada 1918 M dengan hasil yang sangat memuaskan.

 

Bagaimana Cara Menerapkannya?

1. Buat Skala Prioritas

Untuk bisa menerapkan metode yang satu ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat skala prioritas, Saya sendiri setidaknya meluangkan waktu 15 menit setiap malamnya untuk membuat skala prioritas ini dari yang paling penting hingga tak penting-penting amat. Jadi, besoknya saya bisa bekerja dengan lebih fokus.

2. Bangun Lebih Pagi

Agar skala prioritas tersebut bisa diterapkan dengan baik, hal lain yang harus kamu lakukan adalah bangun pagi dan pergilah ke tempat usahamu secepatnya. Kalau bisa, datanglah sebelum karyawanmu tiba dan mulai semuanya secepat mungkin. Selain pekerjaan lebih cepat, kamu juga bisa lebih sehat dengan cara ini karena bisa hirup udara segar setiap hari.

 

3. Prioritaskan dan Beri Waktu untuk Pekerjaanmu

Setelah itu, mulailah kerjakan semua hal yang ada dalam daftar prioritasmu. Jangan lupa untuk memberi target kapan waktu selesai untuk setiap pekerjaan yang ada di daftar tersebut. Jangan lupa untuk ambil jeda istirahat juga agar kamu tak stres dan lebih fresh dalam menyambut pekerjaan berikutnya.

 

4. Sinkron Pekerjaan Kamu dengan Rutinitas Keluarga

Jangan lupa untuk menyesuaikan pekerjaan yang kamu lakukan dengan aktivitas keluarga. Memang agak susah untuk menerapkannya. Harus hadir di acara keluarga dan ada waktu untuk anggota keluarga lainnya. Tapi, bagaimana pun susahnya, kamu tetap harus sediakan waktu untuk keluarga di tengah kesibukanmu berbisnis.

 

Nah, bagaimana? Bisakah kamu menerapkan metode manajemen waktu yang bagus ini untuk menyeimbangkan antara waktu bersama keluarga dan bisnis? Cobalah. Tak ada salahnya. Malah, akan sangat menguntungkan untukmu. Kalau kamu butuh modal tambahan untuk usaha, tak ada salahnya pinjam di Tunaiku saja. Kamu bisa pinjam hingga 20 juta di sini.

 


Audrey GabriellaAudrey Gabriella