Sudah masuk musim liburan, nih. Eits, liburan enggak berarti harus pergi ke luar kota, lho. Kamu tetap bisa bersenang-senang sekaligus healing sekalipun hanya liburan di rumah. Ada banyak banget kegiatan seru yang bisa kamu lakukan meski cuma di rumah aja, lho.

 

Keuntungan menikmati liburan di rumah

Walaupun enggak ke mana-mana, liburan di rumah aja tetap bisa menyenangkan, lho. Berikut beberapa keuntungan yang kamu dapat kalau liburan di tempat nyaman sendiri.

 

1. Anti stres

Karena di rumah aja, kamu enggak perlu stres karena macet, antre panjang di bandara, atau berdesak-desakan di tempat wisata. Kadang, niat untuk bersenang-senang saat liburan jadi berubah karena faktor eksternal seperti ini. Karena di rumah aja, kamu bisa mencari cara yang paling cocok untuk bersenang-senang.

 

2. Lebih hemat

Liburan memang menyenangkan, tapi seringkali merusak kondisi keuangan setelah pulang lebaran. Nah, kalau kamu ingin lebih hemat tapi tetap bersenang-senang saat liburan, yuk coba liburan di rumah aja.

 

3. Lebih dekat dengan anggota keluarga

Kesibukan sekolah, kuliah, dan bekerja seringkali membuat waktu bersama keluarga jadi minim. Nah, dengan menyiapkan kegiatan seru untuk mengisi liburan, bisa mempererat hubungan dengan anggota keluarga lainnya, lho.

 

4. Membuat lebih kreatif

Liburan di rumah memang memiliki keterbatasan. Nah, inilah yang membuat liburan jadi makin seru karena menantangmu untuk lebih kreatif mencari kegiatan seru biar enggak bosan meski liburan di rumah aja.

 

Baca juga:

Tabungan Keluarga: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengalokasikannya

Kamu Memilih Ngontrak Rumah? Ini Cara Hemat Hidup Mengontrak

7 Kegiatan Keluarga yang Seru dan Dapat Menambah Keharmonisan

Jangan Sampai Terlewat, Ini Dia Deretan Festival Musik Tahun 2022 Termegah!

 

7 ide kegiatan liburan di rumah aja

Pengin merayakan liburan kali ini dengan di rumah aja? Yuk, cobain kegiatan seru ini.

 

1. Backyard camping

Kamu dan keluarga bisa merasakan camping layaknya di alam tanpa harus keluar rumah, lho. Yuk, pasang tenda di halaman rumah.

 

Biar makin seru, kamu bisa melengkapi dengan keperluan kemah pada umumnya. Misalnya membuat marshmallow bakar, jagung bakar, dan menyiapkan minuman hangat.

 

Kamu dan keluarga bisa bersantai semalaman sembari menikmati taburan bintang. Isi juga momen ini dengan saling berbagi cerita. Jadi, makin dekat deh dengan keluarga.

 

2. Liburan di rumah dengan wisata kuliner

Kamu juga bisa berwisata kuliner, lho. Tapi enggak perlu beranjak dari dapur di rumah. Kegiatan ini juga bisa menjadi cara untuk mengedukasi anak agar lebih mengenal soal makanan khas daerah.

 

Biar makin seru, kamu bisa membuat tema khusus. Misalnya wisata kuliner khas Sunda, Korean food, atau western food. Ajak anak untuk berbelanja bahan masakan agar mereka makin bersemangat.

 

Selanjutnya, kamu dan keluarga bisa menyiapkan makanan sesuai tema. Setelah matang, bisa disantap bareng-bareng, deh.

 

3. Liburan di rumah dengan wisata virtual

Sesekali, jadi coach traveler juga seru, lho. Kamu bisa jalan-jalan bahkan ke belahan dunia lain tanpa harus beranjak dari sofa.

 

Kamu bisa memilih tema khusus dan membuat program yang cocok. Misalnya tema Seven Wonders, yang bisa diisi dengan menonton video pendakian gunung tertinggi di dunia

 

Contoh lainnya misalkan terinspirasi dari drama Korea favorit, kamu bisa mengunjunginya lewat video.

 

Selain membuat program sendiri, ada banyak program liburan virtual dari travel agent yang bisa kamu ikuti. Plus, dilengkapi dengan guide yang akan membimbingku saat jalan-jalan. Seru banget, deh.

 

4. Walking down memory lane

Yuk, kembali ke masa kecil. Selama satu hari, kamu bisa berubah menjadi anak berumur lima tahun, he-he. Siapkan permainan seru yang dulu sering kamu mainkan,

 

Misalnya dengan membuat gelembung sabun dan menghabiskan pagi di halaman rumah sambil bermain gelembung sabun. Lalu dilanjutkan dengan menyusun puzzle. Simple yet entertaining.

 

5. Liburan di rumah dengan Jalan-jalan ke kebun

Menghirup udara segar bisa membuat tubuh jadi rileks, lho. Kamu enggak perlu pergi ke taman, di halaman rumah juga bisa.

 

Liburan kali ini bisa diisi dengan berkebun. Ajak keluarga lain untuk menanam sesuatu di halaman rumah. Enggak hanya membuat rumah jadi asri, tapi juga membuatmu menikmati waktu menyenangkan bersama anggota keluarga.

 

Kamu juga bisa menjadikan kegiatan ini untuk mengedukasi anak agar mereka mengenal aneka jenis tanaman. Belajar pun jadi lebih menyenangkan deh.

 

6. Membuat DIY

Mumpung di rumah aja, kamu bisa mengembangkan sisi kreatif. Misalnya dengan membuat kerajinan tangan yang nantinya bisa dipakai untuk menghias rumah.

 

Kamu bisa mengajak anak untuk membuat kerajinan tangan seru. Misalnya membuat scrapbook, bunga plastik, hiasan dinding, tempat pensil, dan lainnya. Ada banyak ide DIY seru yang bisa kamu contek dari YouTube atau TikTok.

 

7. Bermain game

Liburan di rumah enggak lengkap tanpa bermain game. Mumpung enggak ke mana-mana, kamu bisa mengadakan permainan yang melibatkan seluruh anggota keluarga.

 

Misalnya bermain twister atau board game seperti monopoli. Hitung-hitung mengajak anak untuk tahu permainan lain selain game online, nih.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan, walaupun enggak ke mana-mana. Yuk, bikin momen liburan di rumah jadi makin seru dengan ide-ide di atas. Happy holiday!