SWARA – Ya, namanya juga ibu hamil. Pasti punya banyak kehawatiran seputar kehamilan. Maka nggak heran, kalau berseliweran mitos-mitos kehamilan yang menjadi momok bagi bumil.

 

Padahal, mitos-mitos tersebut nggak seharusnya dikhawatirkan. Daripada menambah pikiran yang bisa berujung stress, lebih baik pahami penjelasan bahwa mitos tersebut nggak benar alias nggak perlu dipermasalahkan.

 

Artikel terkait: Hal-hal yang harus diketahui ibu hamil

  1. Lakukan 7 Hal Ini Agar Tidak Stres Memikirkan Keuangan Ketika Hamil
  2. Cari Tahu Perubahan yang Dialami Tubuh Tergantung Usia Kehamilan
  3. Hamil Anak Pertama, Ini 10 Rekomendasi Buku Tentang Kehamilan yang Wajib Dibaca

 

Beberapa mitos seputar kehamilan yang nggak seharusnya dipercaya antara lain:

 

1. Pemeriksaan ultrasonografi menyakitkan bagi bayi

Banyak yang bilang kalau pemeriksaan ini menyakitkan untuk bayi. Padahal, sinar yang digunakan dalam pemeriksaan ini adalah sinar yang aman dan berada di bawah pengawasan dokter. Adapun pemeriksaan ini bertujuan untuk mencegah ancaman-ancaman yang terjadi pada ibu dan bayi, seperti kehamilan ektopik.

 

2. Bumil selalu ingin makanan asin

Nggak selalu kok, bumil menginginkan makanan yang asin. Nggak hanya asin-asinan, mereka bahkan menginginkan makanan asam dan manis. Keinginan ini dipengaruhi oleh hormon yang nggak stabil sehingga bumil menginginkan makanan yang belum pernah dimakan sebelumnya.

 

3. Seks selama kehamilan berbahaya bagi janin

Katanya, berhubungan badan saat hamil akan membahayakan bayi. Padahal nggak juga kok. Saat hamil, perempuan memang memiliki kemungkinan ketidaknyamanan saat berhubungan. Namun, ada juga yang tetap nyaman dan nggak masalah. Justru melaksanakan seks saat hamil akan memperkuat otot panggul.

 

4. Harus melahirkan sebelum usia 30

Banyak mitos tersebar kalau melahirkan sebelum usia 30 tahun akan menyebabkan bayi nggak sehat dan si ibu nggak kuat saat melahirkan. Padahal, patokannya bukanlah usia, melainkan kesehatan. Kalau bisa menjaga kesehatan dengan gaya hidup sehat, bumil pun akan kuat melahirkan di atas usia 30 tahun.

 

Artikel terkait: Persiapan bumil sebelum melahirkan

  1. Pahami 4 Layanan BPJS Untuk Ibu Hamil Ini
  2. Melahirkan Pakai BPJS, Begini Prosedur yang Harus Dilakukan
  3. 9 Kiat Sukses Menyiapkan Biaya Persalinan Normal Tanpa Pusing dan Ribet

 

5. Bumil makan untuk dua orang

Sebenarnya nggak harus banyak, tapi sehat. Itulah prinsipnya. Asal makanan yang dikonsumsi banyak mengandung protein, zat besi, seperti susu dan kacang-kacangan, itu sudah cukup.

 

6. Konsumsi ikan memengaruhi kecerdasan otak

Pada dasarnya, konsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan fisik anak karena mengandung yodium yang baik untuk tiroid. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian bahwa konsumsi ikan bisa memengaruhi kecerdasan anak.

 

7. Nggak boleh olahraga saat hamil

Olahraga sangat bermanfaat bagi perkembangan janin dan mempermudah proses persalinan nantinya. Jika memang nggak memiliki masalah kehamilan, olahraga rutin setiap hari nggak ada salahnya.

 

8. Stress berbahaya bagi kehamilan

Stress memang berbahaya, tapi jika stress tersebut sifatnya terus menerus. Jika stress yang dialami bersifat spontan, ya wajar-wajar saja. Asalkan hanya di saat itu dan nggak keterusan.

 

9. Nggak boleh mengecat rambut

Katanya, kalau creambath atau mengecat rambut itu berbahaya bagi janin. Begitu juga ber-make-up. Ya sebenarnya kalau produknya nggak mengandung bahan berbahaya ya boleh-boleh saja. Beda cerita kalau produk tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya. Pasalnya, produk kecantikan saat ini mengandung bahan kimia yang nggak baik bagi ibu hamil atau pun bukan.

 

10. Minum air kelapa bikin bayi bersih

Sebenarnya, warna kulit bayi itu dipengaruhi oleh gen. Jadi ya, nggak ada kaitannya antara minum air kelapa dengan warna kulit bayi saat lahir.

 

Nah, itu dia mitos yang nggak seharusnya dipercaya ibu hamil. Sekarang kamu jadi tahu, kan, ternyata hal-hal di atas nggak perlu dikhawatirkan dan dipercaya lagi.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI