SWARATraveling memang menjadi kegemaran siapa saja termasuk mahasiswa. Berjalan-jalan untuk melepas penat setelah berbulan-bulan kuliah menjadi sebuah bentuk untuk me-refresh diri agar otak kembali segar. 

 

Namun salah satu hal yang menghambat mahasiswa untuk bisa traveling adalah masalah biaya. Bagaimana nggak? Biaya untuk kebutuhan sehari-hari saja sudah harus dihemat, apa masih bisa menyisihkan uang untuk traveling saat liburan nanti? Jawabannya, mahasiswa bisa kok traveling. Ini 10 tips traveling hemat ala mahasiswa.

 

1. Susun rencana terlebih dahulu

Selama kuliah masih berlangsung, kamu bisa merencanakan dengan matang agenda traveling, mulai dari tanggal, tujuan, transportasi, hingga penginapan. Setelah membuat rencana, maka kamu bisa memperkirakan masing-masing biaya yang akan dihabiskan dalam traveling nanti. Biaya itu bisa mulai kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum tanggal traveling tiba.

 

2. Disiplin dalam mengeluarkan uang

Sebaiknya di hari-hari biasa sebelum merencanakan liburan kamu harus bisa mengatur pengeluaran sehemat mungkin. Caranya adalah dengan membatasi pengeluaran per harinya. Kamu bisa coba untuk hanya mengeluarkan uang sebesar Rp50 ribu saja setiap hari, nggak boleh lebih. Sehingga nanti sisa uang jajan yang diberikan orangtua akan cepat terkumpul dan bisa digunakan untuk traveling.

 

Kamu bisa berhemat dengan berjalan kaki menuju kampus jika nggak terlalu jauh, mencuci baju sendiri tanpa ke jasa laundry, dan mencari makanan yang harganya lebih murah.

 

Artikel terkait: Wajib dibaca mahasiswa!
1. Hai Anak Kampus, Ini 5 Tips Menabung untuk Modal Traveling
2. Ingin Mendapatkan Uang Tambahan Saat Kuliah? 6 Pekerjaan Paruh Waktu Ini Bisa Kamu Coba!
3. Masih Libur Kuliah? Lakukan 7 Kegiatan Ini Agar Produktif!

 

3. Cari kesempatan untuk mengurangi biaya selama traveling

Jika kamu memiliki keluarga atau saudara di kota tempat tujuan traveling, jangan ragu untuk menumpang tinggal di sana agar kamu bisa lebih hemat biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Selain itu, kamu juga bisa mencari info tempat-tempat wisata yang masih memberikan promo tiket masuknya agar makin hemat.

 

4. Jangan bawa-bawa kartu ATM

Kartu ATM yang dibawa ke mana-mana bisa membuat kamu jadi kebablasan mengambil uang yang sudah susah payah kamu kumpulkan. Agar tabunganmu nggak berkurang, jangan bawa kartu ATM saat bepergian.

 

Sebaiknya simpan di tempat yang aman, atau kamu bisa memisahkan rekening tabungan dengan rekening uang yang sehari-hari kamu gunakan, lalu titipkan kartu ATM rekening tabungan ke orangtua agar kamu nggak tergoda untuk mengambil uangnya.

 

5. Cari teman yang nggak bikin boros

Ada saja teman yang selalu mengajak untuk boros, misalnya dengan mengajak menonton bioskop atau nongkrong di kafe, padahal kamu punya misi untuk melakukan penghematan besar-besaran.

 

Cobalah untuk sementara menghindari teman yang sering mengajak boros, dan carilah teman yang juga punya misi untuk berhemat agar uang yang sedang kamu kumpulkan nggak mudah terpakai karena ajakan teman. Beri pengertian kepada teman kalau kamu sedang berhemat untuk liburan. Teman yang baik, pastinya akan mendukungmu, kan?

 

6. Meminjam peralatan traveling

Traveling, terutama ke tempat yang cukup jauh tentu akan membutuhkan perlengkapan banyak. Jika kamu belum punya perlengkapan misalnya koper, tas besar, power bank, atau jaket tebal, sebaiknya jangan beli. Melainkan carilah pinjaman kepada teman atau saudara.

 

Dengan meminjam kamu akan jauh lebih hemat karena nggak mengeluarkan uang. Teman atau saudara yang kamu pinjami juga akan maklum karena mereka juga paham bahwa kamu mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri untuk membeli perlengkapan tersebut. Namun kamu tetap harus bertanggung jawab dengan setiap barang yang dipinjam, ya.

 

7. Bawa bekal makanan dari rumah

Daripada kamu harus mengeluarkan uang untuk beli makanan di perjalanan atau tempat wisata, ada baiknya kamu membawa bekal dari rumah sebelum mulai perjalanan. Kamu bisa membawa lauk dalam bentuk kemasan yang tahan lama, sehingga menghemat pengeliaranmu. Tentunya, harganya juga akan jauh lebih murah daripada kamu membeli di perjalanan atau tempat wisata.

 

Artikel terkait: Liburan ke sini, yuk!
1. 12 Destinasi Liburan yang Bisa Kamu Pilih untuk Libur Akhir Tahun
2. Wisata Balon Jadi Bucket List? Ini 5 Destinasinya yang Bisa Kamu Kunjungi!
3. 7 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi Jika Hobi Diving

 

8. Bergabung dengan komunitas backpacker

Coba cari info tentang komunitas backpacker di tempat kamu tinggal. Ikuti media sosial mereka dan datang saat mereka mengadakan pertemuan. Di sana kamu akan bertemu dengan orang-orang yang sudah ahli traveling dengan budget terbatas. Kamu bisa mendapat ilmu baru sekaligus menambah relasi.

 

9. Cari pekerjaan paruh waktu

Jika kamu sangat kesulitan untuk mengurangi jatah uang harianmu, maka kamu hbisaarus mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan setelah kuliah selesai atau di weekend. Gaji yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk traveling lho. Namun jangan sampai karena kelelahan bekerja, tugas-tugas kuliahmu jadi terbengkalai.

 

10. Konsisten dengan apa yang sudah direncanakan

Semua ini nggak akan berhasil jika kamu nggak konsisten menjalaninya dengan baik. Selalu ingat tujuan kamu untuk bisa traveling di musim liburan nanti agar kamu selalu termotivasi untuk tetap berhemat dan uangnya cukup untuk liburan. Tonton video-video tentang liburan agar keinginan untuk berlibur selalu ada hingga saatnya tiba nanti.

 

Itulah 10 tips agar kamu bisa traveling dengan hemat bagi mahasiswa. Nggak ada yang nggak mungkin untuk mahasiswa agar bisa traveling. Karena traveling menjadi hak siapa saja yang untuk me-refresh pikiran agar kembali segar.