Beranda > Gaya Hidup > Inilah Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Penikahan Adat Jawa

Inilah Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Penikahan Adat Jawa

Inilah Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Penikahan Adat Jawawatermark

TUNAIKU.COM–Hai, saya ada pengalaman seru nih. Beberapa hari yang lalu akhirnya saya resmi memiliki suami. Rupanya biaya pernikahan menggunakan adat Jawa itu tidaklah serumit dan semahal yang dibayangkan. Di artikel ini, saya mau berbagi pengalaman soal takaran biaya mulai dari awal prosesi hingga selesai. Biar kamu yang lagi siap-siap nikah langsung punya bayangan.

 

Pernikahan dengan adat Jawa itu sekarang sudah bisa diatur dengan menggunakan perhitungan event organizer. Mengapa harus memakai event organizer? Jujur, saya orangnya tidak suka yang ribet-ribet. Jadi semua kebutuhan biar orang yang mengurus. Saya tinggal fokus mempersiapkan diri menuju pelaminan biru.

Berapa Biaya Pernikahan Sederhana dan Apa Saja Fasilitasnya?

 

Sebetulnya saya ditawari 2 harga sekaligus. Ada paket lengkap seharga 100 juta Rupiah. Namun saya lebih suka yang sederhana dan bisa dicapai dengan biaya yang minim. Bagi saya, makna pernikahan itu yang penting. Jadi saya mengambil yang bujetnya Rp13 juta. Dengan bujet sebesar itu, apa saja fasilitas yang bisa didapatkan?

 

Barangkali kalau kamu berada tinggal di kampung pelosok tentu biayanya bisa lebih mahal. Soalnya akses menuju lokasi tergolong sulit. Namun untuk kamu yang berada di kawasan pinggiran kota, bujet Rp13 juta sudah terasa kelengkapannya. Inilah fasilitas yang bisa kamu dapatkan.

 

1.Tata Rias dan Busana

 

Tata rias ini tidak hanya untuk calon pengantin saja, tetapi juga untuk orang tua, besan, 4 penerima tamu, dan 2 saudara kandung. Kamu juga tidak perlu lagi menyewa busana pengantin. Semuanya sudah tersedia dan tinggal pakai. Jadi begitu acara dimulai, semuanya sudah bisa menyesuaikan (termasuk salinannya).

 

2.Pelaminan

 

Pelaminan itu ibarat singgasana. Dengan biaya pernikahan adat Jawa semurah itu kamu sudah difasilitasi dengan Paragola atau pelaminan khas Jawa. Tidak hanya itu, tetapi juga dekorasi berupa full bunga sekaligus bunga hidupnya. Pemandangan yang didapatkan pun lebih asri, walaupun berada jauh dari pegunungan.

 

3. Peralatan untuk Kebutuhan Kamar

 

Dengan bujet Rp13 juta, kamu sudah bisa menikmati kamar pengantin yang cukup mewah. Semuanya sudah dikover dengan bagus. Dinding kamar juga mendapat sentuhan dari event organizer. Semuanya betul-betul di-setting biar kamu dan pasanganmu layaknya ratu dan raja sehari.

 

4.Peralatan untuk Kebutuhan Acara

 

Seringkali ketika orang tua sudah membahas peralatan untuk kebutuhan acara itu timbul ribut. Kalau kamu pakai event organizer seperti saya, tidak ada keributan semacam itu. Semuanya sudah disediakan oleh pihak event organizer. Muai dari 4 tenda, 100 kursi, 3 meja prasmanan lengkap, 100 piring & sendok (plus tempa saji), dan 2 meja penerima tamu.

 

Pihak event organizer juga menyediakan 3 lampu neon dengan daya 40 Watt. Biar pernikahanmu lebih profesional, nanti sudah termasuk 2 buku tamu, 2 tempat suvenir, dan 2 kota uang. Seringkali dalam adat Jawa itu ada acara sumbang-menyumbang. Tempat yang disediakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, kok.

 

5. Foto dan Video

 

Untuk membuat pernikahanmu lebih memorable, pihak event organizer juga menyediakan foto digital dan video shooting (gratis VCD satu album eksklusif). Kalau kamu tidak punya VCD Player, langsung ke warnet saja. Masukkan VCD ke CD-Room. Kemudian konversi ke dalam format .mp4/.mkv/3gp menggunakan bantuan tool yang tersebar di Google.

Perlu dicatat pula, bahwa fasilitas dengan bujet Rp13 juta itu tidak termasuk biaya untuk catering. Soal itu kembali padamu. Jumlah tamu undangan bukan ranah event organizer. Sesuaikan bujet tambahan berdasarkan tamu undangan dan juga hari yang dihabiskan untuk resepsi pernikahan.

 

Prosesi pernikahan adat Jawa itu setidaknya harus ada srah-srahan, peningsetan, asok tukon, gathok dina, sedhahan, kumbakarnan, jenggolan, pasang tratag, kembar mayang, pasang tuwuhan, siraman, adol dhawet, midodareni, ijab qobul, upacara panggih, dan sungkeman. Urutannya tidak boleh dibalik satu sama lain.

 

Jadwal pernikahan juga bukan termasuk dalam fasilitas yang disediakan oleh event organizer. Saya juga mengatur sisanya bersama suami. Saya rasa biaya pernikahan Rp13 juta  sudah lebih dari harapan saya. Semuanya tinggal menyesuaikan. Dengan adanya simulasi biaya tersebut, saya dan suami jadi sangat terbantu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

2

 

 

 

 


SWARA TUNAIKU

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett