Beranda > Gaya Hidup > Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerjawatermark

TUNAIKU.COM –  Men sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Adagium ini akrab di telinga, tapi apakah kamu mengamalkannya?

Kesibukan di kantor memang terasa sangat menyita waktu. Mulai dari harus duduk berjam-jam, bolak-balik membuat laporan dan membalas e-mail, hingga harus berpindah kesana-kemari untuk meeting. Gara-gara ritme kerja yang seperti ini, bukan hanya pola makan yang terbengkalai, kamu bahkan lupa menggerakkan tubuh alias berolahraga! Akibatnya, enggak hanya tubuh yang kurang berstamina, tapi mental juga, lho.

Coba kamu ingat-ingat sebentar, deh. Setelah kamu work-out di gym selepas jam kantor, yang tadinya lemes gara-gara kecapekan di depan komputer, tanpa sadar kamu jadi lebih semangat dan mood membaik kan? Ini karena saat berolahraga, tubuh melepaskan hormon Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) dan endorfin yang bertugas memerangi stres.

So, supaya kamu  makin sadar akan pentingnya olahraga walau sibuk kerja, ini dia 4 alasan utamanya.

 

Pertama, olahraga membantumu mengatasi stres di selama berada di kantor

Menghabiskan waktu selama 30 menit untuk jalan-jalan (bukan ke mall, ya!) di pertengahan hari, memberikanmu waktu untuk bernapas lebih dalam dan melepas penat. Hal inilah yang dirasakan oleh para partisipan di studi oleh Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports. Jadi, saat harus menghadapi meeting yang cukup berat, alih-alih makan siang sambil ngegosip, mending melangkahkan kaki kesana-kemari seenggaknya setengah jam aja.  

 

Artikel terkait: Sehat jiwa, sehat raga

  1. Yuk, Tingkatkan Mutu Kesehatanmu dan Keluarga dengan KTA!
  2. 5 Cara Sederhana Untuk Hidup Sehat
  3. Deteksi Kesehatan Lebih Dini: Biaya Berat di Awal, Ringan di Akhir

 

Kedua, stresnya ditinggal di kantor, nggak ikut dibawa ke rumah

Berargumen dengan klien sepanjang sore sebelum jam pulang, tentunya enggak enak banget kan? Alih-alih langsung mengarahkan motor ke rumah, lebih baik tanggalkan dulu stres ini. Caranya? Kamu bisa mampir dulu ke kolam renang atau sekadar lari sore di taman dekat kantor. Dengan begini, orang rumah nggak kecipratan tekanan yang kamu rasakan. Hal ini sudah terbukti kok oleh penelitian dari Journal of Applied Physiology.

 

Ketiga, olahraga bikin mulutmu berhenti ngunyah

Lagi sedih gara-gara dimarahin bos, tanpa sadar kita jadii pengen ngemil. Nah, studi dari Kennesaw State University di Georgia, mereka yang rutin olahraga ringan terbukti lebih mampu mengendalikan mood dan menahan keinginan untuk ngemil. Wah, bisa sekaligus bantu program turun berat badanmu, dong?

 

Keempat, olahraga meningkatkan rasa puas akan hidup

Depresi akibat tekanan pekerjaan dan hidup, bisa menghantui siapa saja. Salah satu penyebab depresi adalah karena adanya ketidakpuasan atas hidup, baik itu perkara karir, keuangan, atau hal-hal lainnya. Itulah kenapa menjaga kesehatan fisik dan mental itu penting.

Kalaupun kamu nggak punya kemewahan waktu dan uang untuk nge-gym atau ikut kelas pilates, ada cara yang lebih murah dan sederhana, kok. Yaitu, perkecil porsi tapi tingkatkan frekuensimu bergerak dengan melakukan gerakan-gerakan ringan. Konsistensi seperti ini terbukti meningkatkan kepuasan akan hidup dari 10 ribu peserta riset terbaru di University of Cambridge. 

 

Artikel terkait: Tips tetap fit selama di kantor

  1. 10 Hal Ini Tanpa Disadari Bisa Bangkitkan Mood Kerjamu di Tengah Minggu
  2. Ragam Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Bekerja
  3. Biar Makin Sehat, Ganti Keripik Kentangmu dengan 10 Jenis Camilan Ini!

 

Kawan Tunaiku, yang namanya olahraga itu enggak harus pergi ke gym atau lari keliling lapangan Gelora Bung Karno, kok. Di sela-sela padatnya pekerjaan, luangkan waktu barang 5 – 10 menit untuk melakukan gerakan ringan seperti naik-turun tangga daripada lift, angkat beban dengan botol air minum, atau manfaatkan kursi kerja untuk melatih otot kaki.

 

Gimana? Maukah kamu menjaga kesehatanmu dan orang-orang yang kamu sayangi? Jika iya, yuk saling mengingatkan ya!

 

Semoga artikel yang kamu baca hari ini bermanfaat! Oh iya, ada satu manfaat lagi yang nggak boleh kamu lewatkan. Solusi keuangan bagi kebutuhan-kebutuhanmu sekarang hadir lebih dekat, lebih mudah, dan lebih cepat.

Kamu dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kredit di Tunaiku. Info lebih lanjut bisa dilihat di link berikut: Tunaiku.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett