Beranda > Gaya Hidup > Ini 5 Hobi yang Bikin Kesuksesanmu Tertunda, Nomor 4 Kamu Banget!

Ini 5 Hobi yang Bikin Kesuksesanmu Tertunda, Nomor 4 Kamu Banget!

Ini 5 Hobi yang Bikin Kesuksesanmu Tertunda, Nomor 4 Kamu Banget!watermark

TUNAIKU. COM – Setiap orang pasti punya hobi yang menarik baginya untuk ditekuni. Contohnya, saya gemar jalan-jalan dan main perang-perangan dengan airsoft gun. Melakukan hobi bermanfaat sebagai menjadi penyeimbang hidupmu, bikin pikiran lebih rileks dan bisa memperluas pergaulan. Sebagian orang bahkan sukses menghasilkan rupiah tambahan dari hobinya.

 

Hobi juga kerap menjadi motivasi seseorang untuk berusaha lebih keras. Tapi, ternyata nggak semuanya berdampak baik buat kamu. Ada juga “hobi” yang justru membuat kesuksesanmu tertunda.

 

Nah, ini 5 hobi yang bikin kesuksesanmu tertunda. Nomor 4 kamu banget! Tentunya ini bukan sesuatu yang harus kita banggakan tapi wajib untuk kita tinggalkan.

 

1. Hobi Mengeluh

“Gaji saya kok rasanya macam receh, sih? Baru gajian udah habis.”

“Kerjaan saya membosankan banget!”

Kamu mungkin pernah melontarkan keluhan semacam ini. Ya, mengeluh memang manusiawi. Kadang, kamu cukup simpan keluhanmu dalam hati dan ungkapkan sesekali. Kalau kamu hobinya mengeluh sepanjang waktu kepada orang-orang di sekitarmu, mereka lama-lama bakal risi.

Mengeluh adalah tanda bahwa kamu masih kurang bersyukur. Lagipula, apa masalahmu akan selesai dengan menyalahkan keadaan atau terus-terusan mengeluh? Jika kerjaan kamu terasa membosankan, berusahalah untuk mencari tantangan baru atau tambah kompetensimu. Dengan begitu, kesuksesan akan lebih mudah menghampirimu.

Kadang kita perlu ingat bahwa hal yang kamu keluhkan bisa jadi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan atau diidamkan orang lain. Misalnya, masih banyak pengangguran yang berusaha mati-matian untuk mendapatkan pekerjaan seperti yang kamu miliki sekarang. Alih-alih menghabis waktu untuk menggerutu, perbanyak bersyukur dan berusaha sepertinya lebih oke dan solutif, kan.

 

Artikel terkait: Menghasilkan uang dari hobi

  1. 5 Hobi Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Uang Sekaligus Membantu Orang!
  2. Tahukah Kamu 5 Hobi Receh ini Bisa Menghasilkan Uang Banyak!
  3. Kamu Ibu yang Hobi Fotografi? Yuk Lakukan 5 Hal Kreatif Ini!

 

2. Hobi mencari-cari alasan

Saya teringat akan sebuah kutipan:

“Jika kamu ingin melakukan sesuatu, carilah jalan. Jika kamu nggak ingin melakukan sesuatu, carilah dalih.”

Berdalih alias mencari-cari alasan memang biasa dilakukan saat enggan melakoni suatu hal.

Suka berdalih cuma membuatmu jalan di tempat. Nggak ada pencapaian yang akan kamu dapat jika melakukan hal setengah-setengah. Kalau kamu memang berniat melakukan sesuatu, lakukan dengan tegas tanpa banyak alasan. Tetunnya orang yang banyak alasan juga sering bikin kesal orang-orang di sekitarnya. Baik itu pacar, teman atau rekan kerja. Hal ini bisa bikin kamu jadi nggak dipercaya lagi oleh mereka.

 

3. Hobi ngomongin keburukan orang

Saya kerap heran dengan orang-orang yang hobinya ngomongin keburukan orang. Bukannya mau sok suci ya, tapi hal ini sering bikin saya berpikir, memang sebegitu nggak ada pekerjaan lainnya kah? Soalnya mereka sampai sempat-sempatnya mengamati kejelekan seseorang cuma untuk digunakan sebagai bahan obrolan.

Lagi-lagi di benak saya terngiang kata-kata bijak dari Eleanor Roosevelt:

“Orang ‘hebat’ membicarakan ide. Orang ‘biasa’ membicarakan kejadian-kejadian. Orang ‘kecil’ membicarakan orang lain.”  

Saya percaya, ada banyak manfaat yang bisa kamu petik jika kamu berhenti bergunjing dan mulai mendiskusikan ide. Misalnya, mendiskusikan bisnis sampingan yang bisa kamu lakukan di luar jam kerja. Siapa tahu, dari sana muncul ide usaha brilian yang bisa kamu lakukan bersama rekan sekantormu!

 

4. Hobi mantengin media sosial

Selain untuk ajang silaturahmi, medsos juga menjadi tempat untuk meng-update kabar terbaru. Tapi, sering kali terlalu intens mantengin medsos juga nggak sehat buat produktivitasmu, lho. Nggak terasa, kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam dcuma buat scrolling timeline medsos.

Hal ini jelas bikin kamu membuang waktu yang berharga. Lagipula, jujur deh, sebagian besar informasi yang kamu baca di medsos pasti juga nggak penting-penting amat. Lebih oke rasanya kalau kamu bisa memanfaatkan medsos buat sesuatu yang produktif. Misalnya berjualan online, share tulisan yang informatif dan valid dari blog kamu atau postingan orang lain. Tapi ingat, jangan yang hoax ya.

 

Artikel terkait: Kebiasaan yang bikin boros

  1. Hindari 5 Hobi Ini Jika Penghasilanmu Pas-pasan!
  2. Kenali 5 Tanda Gaya Pacaran yang Bikin Boros Berikut!
  3. Rajin Main di Medsos Bisa Bikin Boros? Ini Buktinya!

 

5. Hobi menunda pekerjaan

“Kerjain entar aja, deh. Deadline masih lama.”

Saya akui, saya juga masih sering melakukan hal ini. Menunda pekerjaan memang enak. Enak di depan, tapi nggak enak di belakang. Gara-gara ditunda, kamu bisa kelupaan hingga akhirnya nggak mengumpulkan deadline. Atau kadang karena ngerjainnya mepet deadline, hasinya jadi nggak maksimal. Nggak jarang, pekerjaan satu tim bisa molor gara-gara ada satu orang yang menunda-nunda sampai mepet waktunya. Ujung-ujungnya, dimarahin bos, deh.

Kerjaan yang telat diselesaikan tentu bikin kinerjamu tampak buruk di mata rekan-rekanmu. Jadi, jika menerima suatu kerjaan, mendingan lekas dituntaskan, deh!

 

Nah, itu dia 5 hobi yang bikin kesuksesanmu tertunda. Pasti seenggak ada satu atau dua deh yang kamu miliki. Jadi, mari sama-sama introspeksi diri dan berusaha menjadi lebih baik lagi!

 

Bagaimana dengan artikel hari ini, Kawan Tunaiku? Semoga bisa bermanfaat buat kamu dan jangan lupa, kamu juga bisa merasakan mudahnya melakukan pengajuan pinjaman di Tunaiku dengan klik di sini!

 

________________________________________________________________________________________________

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett