Beranda > Gaya Hidup > Ingin Membangun Rumah Murah? Perhatikan 8 Hal Ini!

Ingin Membangun Rumah Murah? Perhatikan 8 Hal Ini!

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Ingin Membangun Rumah Murah? Perhatikan 8 Hal Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Bagi sebagian orang, membangun rumah sendiri memang lebih menarik ketimbang membeli jadi. Selain bisa membuat sesuai selera, hal ini juga akan menciptakan kesan tertentu bagi si pemilik.

 

Masalahnya, terlalu semangat membuat rumah sesuai selera ada kalanya membuatmu jadi boros dan banyak mengeluarkan uang. Padahal, barang-barang yang kamu beli sebetulnya nggak perlu-perlu banget.

 

Berikut adalah 8 tips bagi kamu yang ingin atau sedang membangun rumah sendiri. Simak, yuk, agar bujet yang harus kamu keluarkan nggak membengkak.

 

Artikel Terkait: Serba serbi Membangun Rumah

  1. Ingin Merenovasi Rumah Tua? Ini Beberapa Hal yang Harus Kamu Perhatikan!
  2. Rincian Biaya Renovasi Rumah yang Tunaiku Bisa Bantu
  3. 7 Kiat Jitu Menghemat Bujet Renovasi Rumah

 

1. Buat perencanaan yang matang

Perencanaan yang matang akan benar-benar membantu, terlebih kalau kamu sedang berurusan dengan sesuatu yang melibatkan banyak uang. Dengan begitu, kamu bisa “fokus” sesuai rencana awal, dan menghindari hal-hal yang nggak perlu sepanjang perjalanan.

 

Buat perhitungan rinci tentang bahan-bahan yang dibutuhkan, ukuran, sampai target waktu pembangunan. Ingat, semakin lama waktu membangun semakin mahal juga kamu harus mengeluarkan bujet untuk membayar tukang.

 

2. Cek harga bahan bangunan

Nggak sedikit orang yang menunda pembangunan lantaran terbentur mahalnya harga material bangunan. Biasanya, kebanyakan dari mereka hanya memiliki sumber 1 atau 2 toko.

 

Jelas, ini adalah sesuatu yang kurang bijak. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah, cek dan survei harga barang juga bisa menambah pengetahuanmu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan rencana baru yang lebih menghemat biaya.

 

3. Sewa tenaga profesional

Semakin lama waktu pembangunan, semakin mahal juga biaya yang akan kamu keluarkan. Nah, untuk mencegah bertambahnya bujet lantaran pembangunan nggak kunjung selesai, kamu harus menggunakan tenaga profesional. Ya, walaupun sedikit mahal, seluruh pekerjaan mereka bisa dipertanggungjawabkan.

 

Adapun selain dari segi pengerjaan, tenaga profesional juga bisa membantumu menentukan desain yang menarik namun tetap berkualitas.

 

4. Menghindari keinginan sesaat

Sering kali, ketika pembangunan sedang berlangsung, ada saja godaan-godaan yang datang menghampiri. Misalnya, keinginan untuk membeli keramik yang lebih bagus atau hiasan tembok yang lebih artsy. Nah, selain dapat mengubah anggaran awal, hal seperti ini juga bisa mengubah seluruh desain yang sudah ada.

 

5. Pertimbangkan tipe minimalis

Rumah dengan desain minimalis memang sedang menjadi tren dalam pengembangan perumahan rakyat atau rumah sendiri. Selain dianggap modern dan mewah, desain ini juga dinilai lebih efisien–terutama soal penggunaan bahan bagunan dan lahan. Tanpa perlu menyewa jasa arsitek, kamu pun bisa mencari desain yang diinginkan di internet.

 

6. Pertimbangkan desain yang nggak biasa

Tahukah kamu abaton arquitectura? Abaton Arquitectura adalah bahasa Spanyol yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti arsitektur beton. Sesuai dengan namanya, konsep abaton arquitectura ini fokus pada penggunaan beton.

 

Konsep ini menggabungkan beton-beton untuk membuat dinding dan atap runcing rumah, juga pintu kaca untuk memastikan masuknya udara dan cahaya. Desain ini ideal untuk pembangunan rumah liburan atau akhir pekan, karena selain nggak memakan biaya yang besar, kamu juga nggak perlu pusing memikirkan perawatannya.

 

7. Buat ruangan multifungsi

Semakin banyak ruangan yang kamu miliki di rumah, semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan. Ketimbang membangun banyak ruangan, ada baiknya kamu membuat ruangan multifungsi.

 

Misalnya, ruang tamu yang bisa dijadikan ruang keluarga; atau dapur yang juga berfungsi sebagai ruang makan. Selain menghemat biaya, cara ini juga membuat rumahmu jadi lebih berisi dan hidup.

 

Artikel Terkait: Properti Itu Investasi

  1. Membeli Rumah di Pinggiran Kota Itu Menguntungkan, Lho!
  2. Berani Berbisnis Properti Tanpa Modal Lewat 5 Tips Ini!
  3. Sebelum Harganya Kian Selangit, Yuk Lakukan Investasi Properti di Tahun Ini!

 

8. Membangun secara bertahap

Sebetulnya, kamu nggak punya keharusan membangun rumah langsung jadi dalam sekali tahap. Sebagai gantinya, kamu bisa mencicilnya, kok. Mulai dari pembuatan fondasi, dinding, hingga pemasangan atap bisa kamu lakukan secara terpisah sesuai bujet.

 

Memang, hal ini akan memakan waktu lebih lama. Namun, membangun secara bertahap akan membuatmu lebih longgar soal dana. Jadi, kamu bisa lebih fokus di setiap tahap tanpa perlu menurunkan kualitas.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membangun rumah dengan murah. Selamat dicoba ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

3

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett

Butuh Pinjaman Cepat dan Mudah?

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett